6 Artis Tanah Air Ini Kuliah di Jurusan yang Anti-mainstream

Oleh Loudia Mahartika pada 10 Jul 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 12 Jul 2019, 18:13 WIB
Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream

Liputan6.com, Jakarta Menimba ilmu memang menjadi suatu kewajiban setiap orang. Bahkan melanjutkan hingga perguruan tinggi masih banyak diminati masyarakat. Tak terkecuali para artis Tanah Air. 

Meski sibuk dengan segudang kegiatan seperti menyanyi dan syuting, beberapa artis ini bahkan tetap memprioritaskan pendidikan. 

Bagi para artis yang masih aktif di dunia hiburan, membagi waktu antara jadwal kuliah dan jadwal di dunia hiburan tentunya menguras tenaga dan pikiran. Meskipun sibuk, deretan artis ini diketahui memilih jurusan kuliah yang anti-manistream.

Jika biasanya jurusan kuliah favorit adalah Hukum, Kedokteran, Bisnis dan Manajemen, berbeda dari 6 artis ini yang justru tak memilih jurusan tersebut. 

Dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com Rabu (10/7/2019) berikut ini 6 artis Tanah Air yang memilih jurusan anti-mainstrem yang bikin bangga. 

2 of 7

1. Sherina memilih jurusan Neuro Science

Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream
Tepat hari ini, Sinna Sherina Munaf atau kerap yang disapa Sherina Munaf menginjak usia 29 tahun. Sherina lahir pada 11 Juni 1990 (Liputan6.com/IG/sherinasinna)

Artis yang telah lama dikenal masyarakat Indonesia ini diketahui meraih Strata 1 atau S1 di jurusan yang tak biasa. Ia memilih jurusan Neuro Science di University of Sydney, Australia pada tahun 2014 lalu.

Sherina tertarik untuk mempelajari kinerja otak dan mendapatkan ilmu tentang bagaimana manusia bisa berpikir dan membedakannya dari makhluk lain. Padahal jurusan Neuro Science adalah salah satu jurusan yang memiliki mata kuliah cukup rumit. 

Tak hanya itu, Sherina juga pernah menimba ilmu Bahasa dan Budaya Jepang langsung di Negeri Matahari tersebut. Bahkan Sherina tak segan-segan vakum beberapa waktu untuk menimba ilmu. 

3 of 7

2. Andi Arsyil mengambil 3 jurusan sekaligus

Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream
Syukuran film Jodohku Yang Mana (Daniel Kampua/bintang.com)

Pemain sinetron yang memiliki jadwal syuting yang padat yaitu Andi Arsyil juga tak melupakan pendidikan. Ia bahkan mengambil 3 jurusan sekaligus untuk meraih gelar S1-nya.

Andi Arsyil mengambil jurusan Manajemen Ekonomi, Teknik Informatika dan jurusan yang tak baisa yaitu Fisika/Program Studi Geofisika. Jurusan Fisika/Program Studi Geofisika dikenal dengan jurusan yang cukup sulit. 

4 of 7

3. Dian Sastrowardoyo tekuni pendidikan di jurusan Filsafat, UI

Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream
(Instagram/therealdisastr)

Nama Dian Sastrowardoyo bahkan sempat disebut-sebut sebagai artis yang sangat mementingkan pendidikan. Tak heran jika mengincar gelar S1, Dian memilih jurusan yang anti-mainstream.

Ia mengambil jurusan Filsafat di Universitas Indonesia. Padahal, jurusan ini disebut-sebut tak populer karena tingkat kesulitan dan juga prospeknya yang kecil di dunia kerja.

5 of 7

4. Isyana Sarasvati kuliah di Inggris untuk jurusan Performance

Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream
Isyana Sarasvati mengunggah foto selfie pedana di usia 26 (Dok.Instagram/@https://www.instagram.com/p/Bw9jyFxHBiR/Komarudin)

Pada tahun 2015 lalu, penyanyi cantik dengan suara merdu, Isyana Sarasvati dengan sukses meraih gelar S1 jurusan Performance yang ternyata tidak ada di Indonesia.

Isyana menempuh pendidikannya di Royal College of Music, Inggris di jurusan tersebut dengan berhasil menyandang Cumlaude. Tak hanya Cum Laude, ia juga berhasil mendapatkan predikat best scholarship graduate

6 of 7

5. Rara Sekar pilih jurusan Antropologi

Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream
Artis yang pilih jurusan anti-manistream (Sumber: Instagram/@rarasekar)

Sama seperti adiknya Isyana, Rara Sekar juga sempat memilih jurusan yang kurang populer ketika kuliah dulu. Rara memilih jurusan Antropologi. Mantan vokalis Banda Neira ini bahkan rela menempuh kuliah S2-nya itu di Wellington, Selandia Baru.

Antropolgi adalah jurusan yang mempelajari tentang hubungan manusia satu dengan lainnya. Hal ini dirasa pas, karena Rara juga dikenal sebagai aktivis disamping kesibukkannya sebagai penyanyi. 

7 of 7

6. Duta Sheila On 7 masuk jurusan Mekanisme Pertanian lewat jalur ujian

Ini 6 Artis Tanah Air yang Kuliah dengan Jurusan Anti-mainstream
Ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016), Duta mengaku kesibukannya promosi album barunya ini bagaikan dilema. Selain dituntut album baru dari penggemarnya, masih banyak permintaan menghibur para penggemarnya. (Adrian Putra/Bintang.com)

Tahun 1997 lalu, vokalis dari Sheila On 7 yaitu Duta sempat menempuh pendidikan kuliah yang cukup unik, yakni jurusan Mekanisme Pertanian di Universitas Gadjah Mada. Sebelum mengambil jurusan tersebut, kabarnya Duta ingin mengambil jurusan Hubungan Internasional atau Sastra Inggris, namun keinginannya tersebut tak direstui oleh orang tuanya. 

Duta lolos masuk jurusan Mekanisasi Perkanian lewat Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMPTN). Walaupun lolos ujian, Duta tak sempat menyelesaikan pendidikannya karena bentrok dengan jadwal manggung Sheila On 7 kala itu. 

Lanjutkan Membaca ↓