Sukses

Selain Kang Ji Hwan, 5 Artis Korea Ini Pernah Tersandung Kasus Pelecehan

Tak hanya Kang Ji Hwan, ini deretan selebriti Korea yang pernah tersandung kasus pelecehan.

Liputan6.com, Jakarta Aktor yang cukup sering membintangi drama Korea, Kang Ji Hwan menjadi pembicaraan publik. Namanya disorot media lantaran mencuatnya kasus dirinya yang melakukan tindakan pelecehan seksual kepada wanita. 

Pada 9 Juli 2019, aktor Kang Ji Hwan ditangkap oleh pihak kepolisian di kediamannya di kawasan Gwangju pukul 10:50 malam KST, dilansir dari Soompi oleh Liputan6.com, Rabu (10/7/2019). Aktor yang kini berusia 42 tahun ini ditangkap atas tuduhan melakukan tindakan pelecehan dan pemerkosaan. 

Aktor yang dikenal setelah membintangi drama Coffee House dan Monster ini dilaporkan jika ia minum dengan dua kenalan wanita di agensinya dengan inisial A dan B pada 9 Juli. Setelah mereka tertidur, Kang Ji Hwan diduga memperkosa A dan B. Kang Ji Hwan telah menyatakan kepada polisi bahwa dia tidak ingat apa-apa karena dia sedang mabuk.

Setelah beberapa pertanyaan, Kang Ji Hwan yang masih mabuk kemudian ditahan. Polisi akan memeriksa Kang Ji Hwan lagi hari ini.

Kejadian ini bukanlah pertama kalinya yang dialami oleh artis-artis Korea Selatan. Sebelum Kang Ji Hwan, terdapat beberapa artis lainnya yang pernah terlibat skandal yang sama. Berikut ini 5 selebriti Korea Selatan yang juga tersandung kasus pelecehan seksual yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Park Shi Hoo

Aktor tampan Park Shi Hoo pernah terlibat kasus pelecehan seksual pada tahun 2013 silam. Dalam kasusnya menyebutkan bahwa dirinya telah melakukan pelecehan kepada seorang trainee. Dari kejadian tersebut Park Shi Hoo memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan selama 4 tahun. 

Setelah beberapa waktu tak muncul di publik, Park Shi Hoo kembali muncul melalui drama My Golden Life. Dalam konferensi pers drama tersebut, Park Shi Hoo bahkan sempat mengucapkan minta maaf lagi di depan awak media terkait kasus yang menimpanya pada tahun 2013 lalu. 

3 dari 6 halaman

2. Lee Seo Won

Aktor muda Lee Seo Won juga pernah terseret kasus pelecehan tahun 2018 lalu. Selain melakukan tindakan pelecahan, Lee Seo Won juga mengancam korbannya. 

Polisi mengungkapkan bawah Lee Seo Won minum alkohol bersama aktris tersebut dan mencoba untuk menciumnya tetapi gagal. Ia pun kemudian mencoba untuk melakukan kontak fisik namun sang aktris langsung menelepon pacarnya. Pihak manajemen yang menaungi Lee Seo Won pun menegaskan laporan atas artisnya memang benar.

Setelah diperiksa polisi, ia telah mengakui kesalahannya atas tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya pada seorang perempuan yang juga berprofesis sebagai artis tersebut. Atas kesalahannya tersebut, Lee Seo Won pun menerima tuntutan pidana yang dilayangkan padanya. 

4 dari 6 halaman

3. Park Yoo Chun

Park Yoo Chun, aktor sekaligus penyanyi ini dituduh melakukan kekerasan seksual di sebuah klub malam. Namun kemudian Park Yoo Chun dibebaskan dari tuduhan tersebut pada Januari 2017 lalu.

Namun pada tahun 2018, korban kembali mengajukan gugatan keduanya dan meminta ganti rugi. Namun kini Park Yoo Chun dijatuhi hukuman 7,5 tahun penjara atas tindakan penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba yang diungkapkan oleh pengacaranya, dikutip dari Allkpop. 

5 dari 6 halaman

4. Minwoo Shinhwa

Pada tanggal 3 Juli 2010, salah satu anggota grup K-Pop senior yaitu Minwoo dari grup Shinwa dilaporkan ke polisi atas tuduhan pelecehan seksual. Inisiden ini terjadi pada 29 Juni pagi di sebuah bar di Gangnam.

Kala itu, pelantun "Venus" ini tengah minum-minum bersama teman-teman selebnya, juga dua orang wanita berusia 20-an yang diduga sebagai korban.

Agensi Limeworks yang menaungi Shinhwa langsung mengeluarkan pernyataan resminya. Insiden antara Minwoo dan wanita tersebut, diklaim hanya salah paham belaka. Minwoo juga menyampaikan rasa malu dan minta maafnya melalui perwakilan dari agensinya. 

6 dari 6 halaman

5. Jung Joon Young

Kasus ini cukup menyita perhatian media tak hanya di Korea Selatan, tetapi beberapa di negara lain adalah kasus yang menimpa solois Jung Joon Young. Sebelum mencuat kasus yang menyeret namanya pada kasus Burning Sun, ia sebelumnya juga pernah tersandung pelecehan seksual. 

Kasus tersebut menyeret namanya dan mantan kekasihnya. Mantan kekasihnya, melaporkan Jung Joon Young pada tahun 2016 lalu.

Terkait kasus tersebut, Jung Joon Young kemudian meminta maaf secara terbuka dan diliput secara publik. Namun, permintaan maaf tersebut dikabarkan hanya pura-pura dilakukan oleh Jung Joon Young agar gugatan dari mantan kekasihnya segera dicabut, dikutip dari Koreaboo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini