Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal dan Tahapannya, Kenali Sebelum Terlambat

Oleh Husnul Abdi pada 10 Jul 2019, 11:45 WIB
Kanker Payudara

Liputan6.com, Jakarta Ciri ciri kanker payudara perlu diwaspadai, terutama pada tahap stadium awal. Walaupun pada stadium nol belum bisa diketahui, setidaknya kamu sudah bisa mengenali sekaligus menanganinya saat kanker tersebut telah menjadi stadium satu atau pertama. 

Kanker payudara semakin menjadi momok menakutkan bagi wanita sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi. Padahal bila kamu telah mempelajari dan mengenali ciri-ciri kanker payudara pada stadium awal, maka hal berbahaya tersebut bsia dihindari.

Ciri ciri kanker payudara penting untuk disadari sejak dini. Hal ini disebabkan karena kanker tersebut bisa bertambah parah dan bertambah sulit untuk diatasi bila sudah stadium akhir. Kamu juga perlu mengetahui tahapan-tahapan kanker payudara agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2019) tentang Ciri ciri kanker payudara

2 of 3

Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal

Kanker Payudara
Kanker Payudara (sumber: iStockphoto)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin cepat ciri ciri kanker payudara dikenali, maka sel kanker tersebut akan lebih mudah pula untuk diatasi. Biasanya kamu sudah bisa melihat tanda dan ciri ciri kanker payudara pada stadium satu, walaupun pada stadium nol kamu belum bisa mengenalinya.

Ciri ciri kanker payudara yang paling sering terjadi adalah munculnya benjolan di payudara. Namun, kamu harus lebih memperhatikan salah satu ciri-ciri ini karena, bukan berarti setiap ada benjolan di payudara merupakan tanda kamu mengidap kanker payudara.

Ada berbagai gangguan kesehatan pada payudara lainnya yang juga dapat diketahui dari adanya benjolan.

Biasanya, benjolan yang menandakan kamu terkena kanker payudara ini memiliki permukaan yang tidak rata dan memiliki tekstur yang keras dengan batas tidak jelas.

Bila benjolan ini terletak di dekat puting susu, maka puting susu akan terlihat agak tertarik ke dalam dan lengket. Apalagi benjolan ini bisa bertahan lama setelah masa menstruasi.

Ciri-ciri kanker payudara stadium awal:

  1. Terdapat Benjolan pada payudara
  2. Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.
  3. Rasa sakit pada payudara yang tak kunjung hilang bahkan ketika kamu sudah masuk ke masa haid bulan berikutnya. Namun, beberapa wanita juga ada yang tidak mengalami rasa sakit atau nyeri pada payudaranya.
  4. Perubahan bentuk pada puting payudara.
  5. Puting mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat, atau kuning.
  6. Puting tiba-tiba memerah dan bengkak tanpa diketahui penyebabnya.
  7. Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.
  8. Pembuluh vena terlihat pada payudara, akibatnya urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.
  9. Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara, seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan, terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

Apabila kamu mengetahui bahwa salah satu ciri ciri kanker payudara tersebut kamu alami, maka sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter sebelum terlambat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penganan dan perawatan yang tepat dari professional yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, peluang untuk kesembuhan kanker payudara yang dialami akan semakin besar.  

3 of 3

Tahapan-Tahapan Kanker Payudara

Kanker Payudara
Kanker Payudara (Astock Productions/Shutterstock)

Kanker payudara stadium nol

Tahapan pertama dari kanker payudara adalah stadium nol. Pada tahap ini, sel kanker sudah ada dan berkembang di saluran payudara. Namun sel kanker tersebut belum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker payudara stadium satu

Tahapan selanjutnya adalah kanker payudara stadium satu. Ciri ciri kanker payudara stadium satu adalah sel kanker mulai membesar pada bagian payudara tempat tumbuhnya. Sel kanker sudah berkembang namun masih belum menyabar ke bagian tubuh lainnya. Kanker ini masih terhitung kanker payduara stadium awal.

Kanker payudara stadium dua

Selanjutnya, perkembangan kanker payudara akan berlanjut pada stadium dua. Kanker payudara stadium dua dibagi menjadi dua, yaitu kanker payudara stadium IIA serta kanker payudara stadium IIB.

Ciri ciri kanker payudara stadium IIA adalah sel kanker telah menyebar sampai ke kelenjar limfa yang ada di ketiak dengan ukuran massa kanker kurang dari 2 cm. Sedankan ciri ciri kanker payudara stadium IIB, sel kanker belum menyebar sampai ke kelenjar di bawah ketiak, namun massa kanker telah melebihi 5 cm.

Kanker payudara stadium tiga

Sama dengan kanker payudara stadium dua, kanker payudara stadium tiga memiliki dua pembagian pula. Pada tahap ini, sel kanker sudah dipastikan bisa menyebar. Pada kanker payudara stadium IIIA, sel kanker telah menyebar ke bagian jaringan tubuh yang lain. Sedangkan pada kanker payudara stadium IIIB, perkembangan sel kanker suda mencapai permukaan kulit dan kelenjar getah bening yang terdapat di dalam payudara.

Kanker payudara stadium empat 

Tahapan terakhir adalah kanker payudara stadium empat. Pada tahap ini, ciri ciri kanker payudara stadium empat adalah perkembangannya semakin cepat dan semakin melebar ke bagian organ lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by