Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Tidur Tanpa Bantal bagi Kesehatan

Oleh Husnul Abdi pada 10 Jul 2019, 09:35 WIB
Tidur Tanpa Bantal

Liputan6.com, Jakarta Tidur tanpa bantal merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Meski banyak orang merasa tidak nyaman tidur tanpa bantal. Padahal, ternyata tidur tanpa bantal cukup baik.  

Tidur dengan bantal mungkin perlu, bahkan sebuah kewajiban bagi banyak orang. Namun banyak juga orang-orang yang tidur menggunakan bantal malah merasakan sakit punggung maupun sakit leher setelah bangun pada pagi harinya.

Manfaat tidur tanpa bantal dengan terlentang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, posisi terlentang juga dipercaya membuat tidur lebih berkualitas dan nyaman. Sehingga tenaga dan stamina akan kembali saat akan beraktivitas pada keesokan paginya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2019) tentang manfaat tidur tanpa bantal

2 of 5

Mencegah Sakit Punggung

Sakit Punggung
Sakit Punggung / Sumber: iStockphoto

Tidur tanpa bantal sambil telentang akan memungkinkan kamu untuk beristirahat secara alami. Sedangkan tidur di atas bantal tebal justru akan menyebabkan sakit tulang belakang dan nyeri punggung.

Saat menggunakan bantal, hal ini malah akan menarik otot-otot leher dan bahkan menurunkan aliran darah ke kepala. Hal inilah yang bisa menyebabkan kamu bangun pagi hari badan bukannya makin segar, malah kepala yang terasa pusing atau sakit kepala.

Manfaat tidur tanpa bantal dianggap paling menyehatkan karena baik untuk tulang belakang. Tidur tidak menggunakan bantal memungkinkan tulang punggung sepenuhnya berada pada kurva alami dari tubuh.

Ketika tidur dengan bantal tebal, posisi tulang punggung akan berubah dan Anda mungkin mengalami nyeri punggung keesokan harinya. Jadi, tidur tanpa bantal adalah obat terbaik untuk sakit punggung.

3 of 5

Terlihat Awet Muda

Terlihat Awet Muda
Terlihat Awet Muda ©Shutterstock

Daripada tidur meringkuk, kamu lebih baik tidur telentang tanpa bantal. Hal ini akan mengurangi keriput di wajah.  Saat wajahmu menempel pada bantal, kulit wajahmu tidak bisa berkeringat dan bernapas. Debu serta kotoran pada bantal juga akan mudah masuk ke dalam pori-pori wajah, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Tidur tanpa bantal akhirnya dapat menyebabkan wajah tetap awet muda. hal ini dikarenakan saat tidur menggunakan bantal, kebanyakn orang sering lupa mengganti sarung bantal, sehingga tanpa disadari telah banyak kuman dan bakteri yang menempel di permukaan bantal yang membuat kulit menjadi tidak sehat.

4 of 5

Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur
Meningkatkan kualitas tidur (Sumber: Pixabay)

Seringkali, orang yang tidur dengan bantal yang besar cenderung lebih sering terbangun dan mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Dengan menyingkirkan bantal dan membiarkan sisa tubuh secara alami, kualitas tidur biasanya membaik.

Menurut berbagai penelitian medis, tidur tanpa bantal membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan rileks tanpa adanya beban. Keadaan ini akan menghindarkan kamu dari banyak hal buruk, seperti terbangun di tengah malam, mimpi buruk, insomnia, dan pegal-pegal ketika bangun tidur. Tubuh akan lebih segar dan fit ketika bangun pada pagi hari.

5 of 5

Mencegah Sakit Leher

sakit leher (Rido/Shutterstock)
sakit leher (Rido/Shutterstock)

Daripada menggunakan bantalan panas untuk mengatasi nyeri leher, coba tidur tanpa bantal. Rasa nyeri di leher ketika bangun tidur biasanya disebabkan oleh posisi tidur yang salah dan kerusakan saraf karena menggunakan bantal. Cobalah membiasakan diri untuk tidur tanpa bantal.

Ini akan membuat tubuh dan tulangmu berada pada posisi optimal sehingga mencegah rasa sakit pada leher.

Namun, bila kamu sudah terbiasa tidur dengan menggunakan bantal, maka kamu harus melakukan transisi dengan perlahan untuk tidur tanpa menggunakan bantal. Hal ini dikarenakan, bila belum terbiasa bisa menyebabkan masalah kesehatan pula. Kamu bisa mengurangi ketinggian bantal dari hari ke hari sesuai dengan kenyamanan.

Lanjutkan Membaca ↓