Begini Cerita Asli Mulan, Berbeda dengan Versi Film Disney

Oleh Loudia Mahartika pada 09 Jul 2019, 21:40 WIB
Jadi Prajurit Selama 12 Tahun dan Tak Ada Sosok Pangeran, Ternyata Begini Cerita Asli dari Mulan

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar film Disney di seluruh dunia kembali dikejutkan dengan sosok baru yang akan melengkapi deretan putri Disney versi live-action. Setelah mengumumkan Halle Bailey yang akan menjadi putri Ariel 'Little Mermaid', Disney kembali merilis sosok baru putri Disney yaitu Mulan.  

Disney memilih aktris cantik Liu Yifei yang akan menjadi sosok Mulan versi live-action. Kabarnya film Mulan akan ditayangkan pada bulan Maret tahun 2020 mendatang.

Walaupun baru dirilis teaser-nya, para penggemar di seluruh telah heboh dan membicarakannya baik sosok dari Liu Yifei hingga kisah Mulan yang fenomenal. 

Namun kabarnya, cerita yang akan diunggah oleh Disney berbeda dari kisah asli dari Mulan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Mulai tak ada iringan-iringan musik, sosok pangeran dan sebagainya. 

2 of 3

Kisah Asli Mulan

Jadi Prajurit Selama 12 Tahun dan Tak Ada Sosok Pangeran, Ternyata Begini Cerita Asli dari Mulan
Mulan (Disney)

Banyak para penggemar yang mengatakan bahwa versi terbaik dari Mulan akan selamanya menjadi versi Disney pada tahun 1998. Namun kisah Mulan yang banyak diketahui oleh orang-orang ternyata sedikit berbeda dari versi aslinya, dikutip dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Selasa (9/7/2019). 

Kisah Mulan berasal dari sosok Hua Mulan yang terjadi sekitar 1.400 tahun yang lalu. Hua Mulan adalah seorang prajurit wanita Tiongkok dari zaman dinasti Utara dan Selatan.

Kisahnya terkuak hanya sebatas dari penemuan sebuah puisi yang ditulis pada abad ke-6 oleh seorang penyair yang tidak dikenal. Puisi itu berjudul The Ballad of Mulan atau Balada Mulan. 

Cerita yang ditulis dalam puisi tersebut sangat sederhana karena puisi tersebut hanya terdiri dari 360 kata. Tetapi inti dari pusis itu yaitu bahwa Mulan menggantikan ayahnya yang lemah dan tua ketika semua lelaki dari setiap keluarga dipanggil untuk bertugas sebagai prajurit untuk membela negara melawan penjajah.

Berbeda dengan cerita yang dibawa oleh Disney, Hua Mulan tak memiliki adik perempuan. Dia memiliki adik laki-laki yang pada waktu itu masih anak-anak. Sehingga adiknya tak mungkin dikirim menjadi prajurit. 

3 of 3

Kisah Mulan Ditulis Ulang

Jadi Prajurit Selama 12 Tahun dan Tak Ada Sosok Pangeran, Ternyata Begini Cerita Asli dari Mulan
Liu Yifei, pemeran Putri Disney Mulan versi live action (Baidu/ liuyifeibar)

Seribu tahun kemudian, penulis naskah Xu Wei menulis sebuah drama berjudul "Mulan Wanita Bertempur di Tempat Ayahnya" dengan penjabaran yang lebh rinci.

Dalam drama tersbut, Mulan menjadi sosok pemberani sejak usia 17 tahun. Ia menjadi seorang ahli seni bela diri, terampil dalam pertempuran pedang dan memanah karena ayahnya mengajarkan kepadanya semua keterampilan tempur sejak muda.

Dari drama yang situlis Xu Wei, ayah Mulan pergi menjadi prajurit untuk membela negaranya.  Namun Mulan memilih untuk menggantikan ayahnya karena  ingin berbakti. Menurut film animasi Disney, Mulan menjadi seoran prajurit untuk waktu yang sangat singkat tetapi menurut drama, ia menjadi prajurit selama hampir 12 tahun. 

Mulan juga menyembunyikan identitasnya sebagai wanita agar tetap bisa menjadi prajurit Tiongkok. Ketika Mulan mendapat posisi tinggi, ia menolak dan memilih pulang ke kampung halamannya. Ketika sampai di rumahnya, Mulan kemudian kembali berdandan dan berpakaian menjadi wanita yang membuat semua pengawalnya terkejut dan penuh kekaguman.

Sebagian besar kisah Mulan diceritakan dalam karya sastra, sehingga membuat sosok Mulan diperlakukan lebih sebagai seorang legenda daripada seorang pahlawan. 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by