Ciri Lovebird Jantan Dilihat dari Fisik dan Perilakunya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 09 Jul 2019, 15:30 WIB
lovebird

Liputan6.com, Jakarta Ciri lovebird jantan terkadang bisa membingungkan bagi pemula. Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang banyak diminati para pecinta burung. Burung satu ini begitu istimewa tak hanya pada kicauannya melainkan juga warna bulunya yang beragam. Harga lovebird pun tak main main, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. 

Lovebird dikenal sebagai burung dengan sifat sosial yang tinggi. Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum bahwa sepasang lovebird akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain.

Memelihara lovebird bisa menjadi hiburan tersendiri. Karena merupakan burung yang suka hidup berpasangan, alangkah lebih baik jika memeliharanya secara sepasang. Maka dari itu penting untuk mengetahui ciri lovebird jantan dan betina.

Ciri lovebird jantan dapat dilihat dari segi fisik atau secara kasat mata. Meski ada banyak jenis lovebird, ciri lovebird jantan dari segi fisik dapat diamati secara umum.

Ciri lovebird jantan juga bisa dilihat dari tingkah lakunya. Ciri lovebird jantan ini seperti caranya bertengger atau saat berada dekat pasangannya. Berikut ciri lovebird jantan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/7/2019).

2 of 5

Mengenal Lovebird

Lovebird
Lovebird (Sumber: Istockphoto)

Lovebird atau burung cinta dalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies "Lovebird kepala abu-abu" berasal dari Madagaskar.

Di alam bebas burung ini memiliki sifat monogami atau hanya setia pada satu pasangannya. Ini yang membuat burung ini dinamai lovebird atau burung cinta. Beberapa spesies love dipelihara sebagai hewan peliharaan, dan beberapa mutasi berwarna telah dibiakkan secara selektif dalam budidaya burung. Umur rata-rata lovebird adalah 10 hingga 15 tahun.

Lovebird sudah banyak dikembangkan di kalangan pecinta burung. Harga Lovebird juga bisa mencapai angka yang fantastis dilihat dari beberapa faktor. Ada banyak hal yang memengaruhi harga lovebird. Ini meliputi jenis dan warna, kicauan, kelangkaan, hingga keuturunannya. Satu ekor lovebird bisa dibanderol mulai dari Rp 300.000 hingga jutaan rupian.

3 of 5

Ciri lovebird jantan dilihat dari fisiknya

Lovebird (Sumber: Istockphoto)
Lovebird (Sumber: Istockphoto)

Ukuran Tubuh

Ciri Lovebird jantan dan betina bisa dibedakan dari ukuran tubuhnya. Tubuh lovebird jantan cenderung lebih kecil, sedangkan lovebird betina lebih besar. Selain itu, kepala lovebird jantan berbentuk cepak dan lovebird betina berbentuk melengkung.

Bentuk Sayap

Ciri Lovebird jantan selanjutnya adalah dengan melihat bentuk sayapnya. Ujung sayap lovebird jantan biasanya berbentuk menyilang, atau tumpang tindih satu sama lain. Sementara itu, lovebird betina memiliki ujung sayap yang sejajar dan tidak menyilang.

Bentuk Ekor

Jika sebelumnya melihat bentuk sayap, ciri Lovebird jantan juga bisa dilakukan dengan melihat bentuk ekornya. Ekor lovebird jantan cenderung berbentuk runcing, sedangkan ekor lovebird betina lebih rata dan lebar.

4 of 5

Ciri lovebird jantan dilihat dari fisiknya

Lovebird (Sumber: Istockphoto)
Lovebird (Sumber: Istockphoto)

Bentuk Paruh dan hidung

Ciri Lovebird jantan juga dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Bentuk paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dan cenderung kecil. Sementara itu, lovebird betina memiliki paruh yang tumpul, melebar dan besar.

Selain itu, lubang hidung lovebird bisa digunakan sebagai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Caranya, tiup bagian hidung lovebird untuk melihat bentuknya. Jika lubang hidung lovebird berbentuk lonjong, dapat dipastikan bahwa lovebird berjenis kelamin jantan. Sebaliknya, jika berbentuk bulat lebar, lovebird tersebut adalah betina.

Lingkar Klep Mata

Ciri Lovebird jantan lainnya bisa dilakukan dengan cara memeriksa lingkar klep kacamata alias bagian putih di sekitar mata. Meski kadang tidak terlihat, namun cara ini bisa dilakukan sebagai alternatif. Lovebird jantan akan memiliki lingkar klep kacamata berbentuk oval atau lonjong. Sedangkan lovebird betina memiliki lingkar klep yang bulat.

Bentuk Anus dan tulang pubis

Bentuk anus lovebird jantan umumnya berbentuk lebih kecil seolah-olah terlihat menonjol. Sedangkan lovebird betina memiliki anus yang lebih lebar dan terlihat rata. Sementara dua tulang pubis lovebird jantan terasa menyempit saat diraba. Lovebird betina memiliki tulang pubis yang elastis sehingga jarak antar keduanya lebih lebar.

5 of 5

Ciri Lovebird jantan dari tingkah lakunya

Budidaya Burung Lovebird
Anakan burung lovebird berusia satu bulan terlihat di dalam sangkar di tempat budidaya Perumahan Pondok Arum, Karawaci, Tangerang, Senin (4/2). Dalam sebulan burung ini mampu bertelur 10 hingga 60 telur tergantung kondisi cuaca. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Saat Birahi

Burung lovebird adalah spesies burung yang hanya memiliki satu pasangan sepanjang hidupnya. Mereka harus selalu hidup berdampingan. Jenis kelamin burung lovebird bisa dilihat dari tingkah laku mereka saat sedang birahi. Ciri khas tingkah laku lovebird jantan yaitu mendekati betinanya dan manggut-manggut. Selain itu, lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara berbunyi tek tek tek atau cit cit cit untuk menarik perhatian pasangannya.

Sementara itu, lovebird betina cenderung lebih suka menunduk dengan membentangkan sayapnya dengan lebar. Tingkah laku ini sering disebut dengan posisi “ngleper”. Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai tanda bahwa mereka sedang menarik perhatian lovebird jantan.

Cara Bertengger

Meski lovebird betina lebih besar daripada yang jantan, saat bertengger lovebird jantan terlihat lebih besar. Hal ini karena lovebird jantan bertengger dengan kaki agak merapat. Sedangkan kaki lovebird betina dilebarkan sehingga terlihat lebih pendek.

Lanjutkan Membaca ↓