Sukses

Ciri Sepatu Nike Asli yang Perlu Dikenali, Jangan Sampai Tertipu

Kenali sepatu Nike yang asli, jangan sampai salah beli.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu merek sepatu olahraga yang mendunia adalah Nike. Siapa yang tidak kenal dengan produk terbesar di dunia ini. Seperti kita ketahui bahwa Nike merupakan salah satu merek sepatu olahraga terbaik saat ini.

Nike Inc. awalnya dikenal dengan nama Blue Ribbon Sports yang berkantor pusat di Oregon. Nike Inc. didirikan oleh Philip Knight yang merupakan seorang atlet lari bersama pelatihnya yang bernama Billy Bowerman pada 25 Januari tahun 1964. Kata Nike berasal dari bahasa Yunani yang berarti kemenangan.

Produk Nike kini sudah tersebar di beberapa negara di dunia seperti benua Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Middle East. Pada benua Asia terdiri dari negara Australia, Hong Kong, India, Malaysia, New Zealand, Filipina, Singapura, Thailand, Korea, Jepang, Taiwan, China, dan salah satunya adalah Indonesia.

Nike sendiri telah memproduksi berbagai macam produk olahraga seperti baju, sepatu, dan alat-alat olahraga. Nah, salah satu produk unggulan yang dipasarkan oleh Nike adalah sepatu. Banyak orang memilih mengenakan produk asal Amerika Serikat ini karena dikenal memiliki kualitas yang baik serta model sepatu yang trendy dan sporty.

Tingginya peminat sepatu Nike ini, kerap membuat beberapa produsen melakukan aksi curang alias memproduksi sepatu Nike palsu atau tidak asli dengan harga yang cukup murah. Memang, sepatu Nike asli dikenal memiliki harga yang cukup tinggi. Nah, China menjadi negara terbesar untuk memproduksi Nike original atau asli. Namun, mereka juga banyak sekali memproduksi sepatu Nike kelas replika atau KW yang dijual ke seluruh dunia.

Nah, agar kamu tak tertipu dengan sepatu Nike replika, maka kamu perlu banget mengenali dengan rinci ciri sepatu Nike asli. Hal ini sangat diperlukan agar kamu tetap mendapatkan kualitas yang baik dari sepatu Nike asli. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa ciri sepatu Nike asli yang wajib kamu ketahui sebelum membelinya, Selasa (9/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ciri Sepatu Nike Asli Grade Ori vs Replika

Nike memiliki hampir 30.000 outlet ritel internasional yang sudah tersebar di seluruh dunia. Sepatu Nike original memang dikhususkan bagi orang yang mendambakan kualitas, sehingga peminatnya biasanya memang orang menengah ke atas. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen juga mesti tahu bagaimana cara membedakan ciri sepatu Nike asli dan palsu dengan baik.

Pasalnya, hingga saat ini sudah cukup sulit membedakannya. Terlebih dengan banyaknya produksi kualitas premium yang hampir mendekati kualitas original dengan perbedaan harga tidak terlalu terpaut signifikan. Oleh karena itu, baiknya kamu memahami ciri sepatu Nike asli dengan replika.

3 dari 6 halaman

Ciri Sepatu Nike Asli: Grade Ori

Pada ciri sepatu Nike asli yang pertama, ada yang namanya sepatu Nike Grade Ori, yang berarti ini berada di bawah satu tingkat dari barang asli. Barang ini sebenarnya satu produksi dengan ciri sepatu Nike asli, namun ciri sepatu Nike Grade Ori ini memiliki kekurangan. Sehingga tidak bisa dikategorikan menjadi sepatu Nike asli.

Kadang barang ini juga berasal dari barang reject alias barang yang enggak memenuhi standar dan enggak lolos quality control. Tetapi enggak semua barang Grade Ori ini adalah barang reject, yang artinya, meskipun tidak “palsu” dalam arti yang sebenarnya.

Namun, kualitasnya sedikit lebih rendah dibandingkan sepatu yang benar-benar memenuhi standar. Jadi, kalau ada sepatu ciri sepatu Nike asli Grade ori ini berarti itu merupakan sepatu buatan Nike asli. Namun, kualitas dari ciri sepatu Nike asli Grade Ori berada satu tingkat di bawah aslinya dan tidak sesempurna sepatu Nike original.

4 dari 6 halaman

Ciri sepatu Nike: Replika

Kalau berbicara replika, mungkin hal pertama yang terbayang adalah China. China memang sudah terkenal dan ahli membuat barang replika atau barang tiruan. Untuk sepatu Nike sendiri, China merupakan basis produksi terbesar Nike. Selain memproduksi Nike original, mereka juga banyak sekali memproduksi sepatu Nike kelas replika (palsu).

Salah satu hal yang paling sulit untuk ditiru dalam pembuatan sepatu-sepatu replika adalah sol sepatunya. Biasanya, ciri sepatu Nike asli memilki sol atau jahitan yang berbeda setiap barangnya. Tidak hanya itu, sol atau cetakan ini memiliki tanggal kadaluarsa. Sehingga tidak dapat digunakan selamanya dan pada satu titik mereka akan rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Nah, para pembuat sepatu replika ini mungkin mendapatkan akses untuk membeli atau meminjam cetakan tersebut untuk mereka gunakan sendiri. Dengan membuat bagian yang paling penting dari sepatu agar mudah diakses dengan harga yang sangat rendah, maka sangatlah mungkin sepatu replika bisa memasuki pasar.

5 dari 6 halaman

Pahami Ciri sepatu Nike Asli

Memiliki Box atau Dus Khusus

Ciri sepatu Nike asli yang pertama adalah di import oleh PT. Nike dan pasti memiliki box (dus). Dus sepatu Nike yang asli dengan palsu pasti berbeda bahannya. Sepatu Nike asli memiliki dus yang terbuat dari bahan berkualitas dan kuat, serta cetakannya rapid an enggak mudah terhapus.

Di dalam dus sepatu Nike asli memiliki kode angka dan nama model sepatu, ukuran atau size sepatu, SKU, dank ode tempat sepatu tersebut diproduksi. Biasanya dus resmi Nike itu warnanya oranye. Tapi, untuk edisi tertentu warnanya bisa berbeda seperti seri Jordan, seri Kobe, dan seri-seri lainnya.

Sepatu Nike Asli Memiliki SKU

Kode SKU (Stock Keeping Unit) adalah rangkaian angka dan huruf yang mewakili brand, tipe, warna, dan ukuran tiap produk. Pastikan ciri sepatu Nike asli yang kamu beli memiliki kesamaan nomor SKU pada sepatu dan dus. Kalau ada perbedaan sedikit aja, atau bahkan enggak ada SKU sama sekali, udah bisa dipastikan kalau sepatu tersebut palsu.

6 dari 6 halaman

Pahami Ciri sepatu Nike Asli

Bahan Sepatu Asli Lebih Lembut

Sepatu Nike asli solnya terbuat dari karet berkualitas. Sepatu ori akan berbau seperti karet, namun sepatu palsu akan memiliki bau seperti lem dan keras seperti plastik. Ciri sepatu Nike asli tentu sudah menjalani sejumlah pemeriksaan yang ketat sepanjang proses produksinya. Karena itu, produk asli pasti memiliki jahitan serta bentuk yang presisi, dan juga bahan yang berkualitas dan lebih lembut.

Warna Sepatu Nike Asli Enggak Banyak

Nah, sebelum membeli sepatu, pastikan kamu tahu dulu warna yang ditawarkan sepatu Nike yang asli. Biasanya ciri sepatu Nike asli memiliki paduan warna enggak banyak. Jadi, bila kamu menemukan sepatu Nike dengan warna bahan yang enggak pernah ditawarkan, bisa dipastikan kalau itu adalah barang palsu. Apalagi kalau bahannya terasa kasar dan mudah pudar warnanya.

Itu tadi ciri sepatu Nike asli yang wajib banget kamu ketahui. Untuk mendapatkan barang dengan harga serta kualitas yang sebanding, maka enggak ada salahnya kan buat sedikit meluangkan waktu memeriksa keaslian produknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini