5 Wisata Nganjuk yang Memesona, Mulai Indahnya Alam hingga Peninggalan Sejarah

Oleh Nisa Mutia Sari pada 08 Jul 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 08 Jul 2019, 18:16 WIB
Wisata Nganjuk

Liputan6.com, Jakarta Nganjuk merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Nganjuk berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, Jombang, Ponorogo serta Kediri. Kota dari provinsi yang terkenal akan kebudayaannya ini ternyata menyimpan sejuta wisata alam yang memesona. Wisata Nganjuk tak kalah menarik dari destinasi di kota besar.

Memang, Nganjuk tak kalah populer dengan kota Lamongan untuk dijadikan tempat wisata. Namun tak ada salahnya bila kamu sedang berada di sekitar wilayah tersebut, mencoba meluangkan waktu sebentar untuk menikmati keindahan alam kota Nganjuk. Ada banyak wisata Nganjuk yang bisa kamu nikmati. Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Nah, untuk menambah referensi tempat wisata kamu selama berada di sekitar Nganjuk, berikut Liputan6.com, Senin (8/7/2019) telah merangkum beberapa tempat wisata Nganjuk yang tak kalah indah dengan kota lainnya.

2 of 6

Air Terjun Sumber Manik

Bila kamu sedang berada di sekitar Nganjuk, kamu bisa coba mengunjungi air terjun Sumber Manik. Wilayahnya yang  cukup strategis ini menjadikan wisata Nganjuk sebagian besarnya adalah wisata air terjun. Nah, salah satu destinasi wisata air terjun di Nganjuk yang wajib dikunjungi adalah air terjun Sumber Manik.

Air terjun ini merupakan wisata Nganjuk yang sering dikunjungi oleh wisatwan. Letak air terjun Sumber Manik ini berada di desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Air terjun ini cocok bagi kamu yang suka berpetualang mengunjungi beberapa spot wisata debfab medan yang cukup menantang.

Ya, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Tak hanya tinggi, di sini kamu bakal menikmati kesejukan air yang bisa kamu nikmati dengan berenang maupun bermain di sekitar air terjun. Selain itu, kamu juga bisa melihat jatuhnya air dari bukit Punjul gunung Wilis dari sini. Sehingga makin menambah suasana dan pemandangan yang sangat berbeda.

3 of 6

Agrowisata Perkebunan Mawar

Bila kamu ingin menghabiskan waktu liburan dengan menambah wawasan, wisata agrowisata adalah pilihannya. Ya, di wisata Nganjuk juga memiliki tempat andalan bagi banyak orang untuk menambah pengetahuan, yaitu Agrowisata Perkebunan Mawar. Tempat wisata ini terletak di desa Ngliman, tepatnya di kecamatan Sawahan.

Agrowisata ini merupakan perkebunan mawar yang menawarkan pemandangan berupa keindahan bunga mawar. Di sini kamu akan mendapatkan pengetahuan seputar bercocok tanam bunga mawar.

4 of 6

Candi Ngetos

Wisata Nganjuk
Candi Ngetos Makam Raja Hayam Wuruk. ©2015 Merdeka.com/Imam Mubarok

Selain menikmati indahnya air terjun dan mendapatkan pengetahuan di agrowisata, di Nganjuk kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata yang meninggalkan nilai sejarah kotanya. Ya, di Nganjuk juga memiliki tempat wisata yang kaya akan sejarah. Terletak di Jalan Ngetos-Berbek, kecamatan Ngetos, tempat wisata ini bernama Candi Ngetos.

Candi ini merupakan salah satu candi Hindu yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit. Candi ini masih berdiri dengan kokoh. Memiliki pahatan relief yang isinya menceritakan tentang peristiwa-peristiwa sejarah pada zaman dahulu. Candi Ngetos ini memiliki keterkaitan dengan raja Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit sebagai tempat makam beliau.

5 of 6

Museum Anjuk Ladang

Wisata Nganjuk
Museum Anjuk Ladang (Sumber: museum.eastjava.com)

Selain Candi Ngetos yang menawarkan pengetahun tentang peninggalan sejarah Hindu, Nganjuk juga memiliki tempat wisata lain yang juga menawarkan pengetahuan tentang kota Nganjuk. Kamu bisa berkunjung ke Museum Anjuk Ladang. Tempat wisata Nganjuk ini terletak di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Kauman Nganjuk.

Di museum ini kamu akan melihat peninggalan yang digunakan untuk mengenang sejarah bangsa Indonesia. Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai macam koneksi seperti arca dan patung.

6 of 6

Bukit Batu Songgong

Tak hanya menikmati indahnya alam Nganjuk dari tempat rendah saja. Buat kamu yang suka menikmati keindahan alam melalui ketinggian, wisata Nganjuk yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan. Wisata ini merupakan sebuah bukit yang diberi naman Batu Songgong.

Bukit Batu Songgong ini berada di desa Margopatut, kecamatan Sawahan. Disini kamu akan ditawarkan pemandangan yang menawan dari atas ketinggian. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke bukit Batu Songgong ini, harus berhati-hati. Pasalnya rute untuk menuju ke lokasi cukup menantang.

Bukit Batu Songgong ini merupakan jenis wisata Nganjuk yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, bukit ini menawarkan pemandangan berupa bebatuan endemik yang ditata dengan segala rupa, sehingga sangat indah untuk dilihat.

Mengunjungi tempat seluas 1 hektar ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang unik dan luar biasa dari sebuah bebatuan. Bebatuan ini memang menjadi salah satu tempat wisata buatan manusia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Lanjutkan Membaca ↓