5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet

Oleh Husnul Abdi pada 08 Jul 2019, 16:20 WIB
Manfaat Beras Hitam (Liliya Kandrashevich/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Beras merupakan makanan pokok yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Tak hanya beras putih, ada banyak macam beras yang siap mengenyangkan serta menyehatkan tubuh kamu. Mulai dari beras cokelat, beras merah, hingga beras hitam. 

Banyak yang tidak begitu mengenal beras hitam. Padahal beras hitam merupakan warisan nenek moyang Indonesia. Bahkan rasa nasi dari beras hitam dinilai lebih enak dan pulen daripada beras putih atau beras merah.

Walaupun tampilannya kurang menggugah selera, namun beras hitam memiliki manfat yang menyehatkan. Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/7/2019) tentang manfaat beras hitam

2 of 7

Menyehatkan jantung

Ilustrasi jantung
Mneyehatkan jantung (Foto: shutterstock)

Manfaat beras hitam yang pertama adalah menyehatkan jantung. Menurut penelitian, makan beras hitam efektif untuk mengurangi risiko penyumbatan darah di arteri.

Kandungan fitokimia di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Sehingga kedua kombinasi ini baik untuk mencegah penyakit jantung. Beras hitam terbukti berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. 

Makan nasi hitam dapat mengurangi risiko penyakit Atersklerosis, atau pengerasan dinding arteri. Selain itu, manfaat beras hitam juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total.

3 of 7

Detoksifikasi tubuh

beras hitam
beras hitam/copyright: unsplash/joanna kosinska

Manfaat beras hitam selanjutnya adalah dapat mendetoks tubuh. Penelitian menyimpulkan bahwa beras hitam baik dalam proses detoksifikasi tubuh. Hal ini disebabkan karena beras hitam dapat membersihkan hati dari racun serta kandungan fitonutrien di dalamnya ampuh untuk mengurangi peradangan.

Jadi manfaat beras hitam berperan sangat penting dalam menunjang kesehatan hati. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang terdapat pada beras hitam. Sebagai salah satu organ tubuh terbesar, hati berperan penting dalam proses detoksifikasi tubuh.

Dengan mengonsumsi beras hitam, maka hati akan terbantu dalalm menghilangkan zat-zat beracun dengan kandungan fitonutrien. Fitonutrien ini berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sekaligus pula membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.

4 of 7

Menyehatkan pencernaan

Menyehatkan pencernaan
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Manfaat beras hitam selanjutnya adalah dapat menyehatkan pencernaan. Beras hitam kaya akan kandungan serat yang membantu dalam mencegah sembelit, kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Beras hitam juga membantu dalam menurunkan kadar GI dalam darah.

Serat yang terkandung dalam beras hitam dapar membantu meningkatkan aktivitas gerak usus. Bahkan dengan dosis tinggi, serat dapat mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya kelaur dari dalam tubuh.

5 of 7

Mencegah diabetes

Diabetes
Mencegah diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Makan beras hitam secara teratur efektif untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebab, lagi-lagi karena manfaat beras hitam efektif untuk menekan kadar gula dalam darah.

Beras hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan. Oleh karena itu, manfaat beras hitam dalam diet juga membantu mengelola pra-diabetes, karena kandungan gulanya yang juga rendah.

Selain itu, indeks glikemik (GI) nasi hitam tergolong rendah jika dibandingkan dengan nasi putih. Maka dari itu, beras hitam dapat meningkatkan kontrol diabetes dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6 of 7

Mencegah obesitas

Mencegah obesitas (iStockphoto)
Mencegah obesitas (iStockphoto)

Selanjutnya, manfaat beras hitam adalah mencegah obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa makan beras hitam mampu mencegah resistensi insulin yang berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas. Bila kamu sedang diet dan bosa dengan beras merah, kamu bisa menggantinya dnegan konsumsi beras hitam.

Bahkan mengonsumsi beras hitam untuk menurunkan berat badan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada beras merah, karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat.

Apalagi beras hitam rendah kalori sehingga membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beras hitam membantu untuk mengontrol asupan kalori dan akibatnya melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.

7 of 7

Beras yang Istimewa

Beras hitam merupakan beras istimewa atau beras unggul yang dikonsumsi para raja dahulu kala. Selain itu, beras hitam mempunyai keistimewaan dari rasanya yang enak, pulen dan wangi. Tak heran, hanya petani pilihan yang bisa menanam beras hitam ini.

Beras hitam berbeda dengan ketan hitam. Jenis ini dibudidayakan di sawah, tidak bisa di ladang, serta memerlukan hawa yang sejuk semisal di lereng Gunung Merapi. Penanamannya pun harus dihindarkan dari lahan yang telah tercampuri pupuk anorganik.

Dengan berbagai keistimewaan dan manfaat yang terdapat pada beras hitam, rasanya tidak akan rugi bila kamu mengonsumsinya secara teratur. Apalagi bagi kamu yang sedang dalam program diet.

Mengonsumsi nasi hitam memang akan terasa aneh pada awalnya. Namun manfaat sehat dari sepiring nasi hitam akan membuat kamu berusaha untuk menikmatinya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by