Sukses

5 Fakta Kisah Thoriq Pendaki yang Hilang di Gunung Piramid, Kini Sudah Ditemukan

Thoriq Rizki Maulidan, pendaki yang telah hilang selama 12 hari di Gunung Piramid ini akhirnya ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Hilangnya pendaki di rimbanya gunung Indonesia memang bukanlah kejadian langka. Beberapa kali informasi hilangnya pendaki di berbagai gunung di Indonesia sudah sering terdengar.

Baru-baru ini, ada remaja bernama Thoriq Rizki Maulidan melakukan pendakian di Gunung Piramid Bondowoso, Jawa Timur. Pendaki yang dikabarkan baru lulus SMP ini hilang dalam rimbanya Gunung Piramid, sejak Minggu (23/6/2019). Sejak kabar hilangnya Thoriq, banyak sekali tim pencari yang turut andil dalam pencarian di Gunung Piramid tersebut.

Setelah dilakukan pencarian terus menerus, akhirnya membuahkan hasil meski sang pendaki sudah tak bernyawa. Jasad Thoriq pada Jumat (5/7/2019) telah ditemukan oleh sejumlah relawan dan tim pencari. Jasad Thoriq ditemukan di lokasi 'Punggung Naga' Gunung Piramid yang disebut sebagai lokasi yang sulit untuk dijangkau.

Berikut ulasan mengenai 5 fakta Thoriq pendaki yang hilang di Gunung Piramid, Bondowoso, Jawa Timur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Thoriq hilang selama 12 hari di Gunung Piramid

Thoriq Rizki Maulidan hilang sejak Minggu (23/6/2019) dan telah ditemukan pada, Jumat (5/7/2019) oleh tim dari Wanadri, Gema Mahapeta Univ. Bondowoso (GMPT), Relawan Brigadir Penolong, dan Tim SAR Gabungan, menurut rilis dari media sosial Instagram @humas_wanadri yaitu sebuah organisasi Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri.

Hilangnya Thoriq selama 12 hari ini pun selain dari tim yang menemukan, sebelumnya juga banyak dari relawan aparat kepolisian, Tentara Nasional Indonesia, dan BPBD yang ikut dalam proses pencarian Thoriq. Pencarian ini sempat terhenti dan dihentikan, namun dari para relawan dan Tim gabungan masih melanjutkannya hingga menemukan jasadnya pada, Jumat (5/7/2019).

3 dari 6 halaman

Pencarian Thoriq sempat terhenti

 

Mengutip dari pers rilis dari media sosial Instagram @humas_wanadri, Sabtu (6/7/2019), sebelumnya pencarian Thoriq Rizki Maulidan sudah dilakukan sejak tanggal 24 Juni 2019 dan ditutup pada 30 Juni 2019 secara resmi.

Namun, tim SAR gabungan dari Wanadri, , Relawan Brigadir Penolong, Gema Mahapeta Universitas Bondowoso (GMPT), memutuskan untuk meneruskan pencarian. Tim SAR Susulan Wanadri yang berangkat pada, Selasa (30/6/2019), dengan niat ingin melaksanakan misi bantuan dan masih memiliki harapan bahwa Thoriq masih dapat ditemukan.

Dengan segala upaya, Tim Wanadri bersama beberapa tim SAR Gabungan di lapangan melakukan pencarian setelah izin dari keluarga Thoriq. Setelah proses perizinan keluarga dan pemerintah, akhirnya tanggal 3 Juli 2019 pencarian kembali dilakukan dengan izin keluarga dan lembaga pemerintahan terkait. Sejak Kamis, (4/2019), tim SAR Gabungan mulai bergerak untuk mencari Thoriq kembali.

4 dari 6 halaman

Lokasi ditemukannya Thoriq adalah lokasi yang cukup sulit dijangkau

 

Kabar ditemukannya Thoriq datang dari anggota Wanadri Eko Wahyu Prasetyo, Jumat (5/72019). Thoriq telah ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa.

“Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga survivor terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon,” ujar Eko di Bidang Operasional Wanadri di Bandung lewat rilisan di akun Instagram @humas_wanadri.

Ada yang menyebut bahwa lokasi ditemukannya jasad Thoriq memiliki sebutan 'punggung naga' sebuah lokasi yang cukup sulit dijangkau.

“Melihat dari medan tempat ditemukannya Thoriq, Thoriq terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon,” ujar Eko pada Bidang Operasional Wanadri di Bandung mengutip dari pers rilisnya.

 

5 dari 6 halaman

Proses evakuasi jasad akan dilakukan mulai Sabtu

View this post on Instagram

RILIS PERS DITEMUKANNYA SURVIVOR THORIQ DI GUNUNG PIRAMID Survivor atas nama Thoriq Rizki Maulidan yang hilang di Gunung Piramid Bondowoso, sejak Minggu, 23 Juni 2019 telah ditemukan pada tanggal 5 Juli 2019 pukul 15.30 WIB oleh Tim SAR Wanadri, Gema Mahapeta Univ. Bondowoso (GMPT), Relawan Brigadir Penolong, dan Tim SAR Gabungan, dengan kondisi sudah tidak bernyawa saat ditemukan, inna lillahi wa inna ilaihi raj’iun. Sebelumnya pencarian survivor Thoriq sudah dilakukan sejak tanggal 24 Juni 2019 dan ditutup pada 30 Juni 2019 secara resmi. Tim SAR Susulan Wanadri yang berangkat pada 30 Juni 2019, dengan niat ingin melaksanakan misi kemanusiaan, masih memiliki harapan bahwa survivor masih dapat ditemukan. Dengan segala upaya dan pendekatan, Tim Wanadri bersama beberapa Tim SAR Gabungan di lapangan yang masih ingin melakukan pencarian meminta izin kepada keluarga survivor untuk kembali dilakukan pencarian. Setelah proses perizinan keluarga dan instansi pemerintah, akhirnya tanggal 3 Juli 2019 pencarian kembali dilakukan dengan izin keluarga survivor dan instansi pemerintahan terkait. Sejak Kamis, 4 Juli 2019, Tim SAR Gabungan mulai bergerak untuk melakukan pencarian survivor kembali. Kabar dari anggota Wanadri Eko Wahyu Prasetyo (5/7), survivor telah ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa. “Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga survivor terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon,” ujar Eko pada Bidang Operasional Wanadri di Bandung. “Selanjutnya survivor akan dievakuasi mulai Sabtu (6/7) pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi,” pungkasnya. Dengan ditemukannya survivor, kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari segala pihak yang telah membantu proses pencarian dari awal sampai akhir dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Mari kita doakan proses evakuasi berjalan dengan lancar dan semoga almarhum Thoriq Rizki Maulidan diterima di sisi Allah SWT, juga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Terima kasih. Jasamu abadi! Wanadri!

A post shared by WANADRI (@humas_wanadri) on

 

Sejak ditemukannya jasad Thoriq di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa, Jumat (5/7/2019), segala proses rencana evakuasi pun segera dilakukan. Proses evakuasi pun akan dilakukan pada Sabtu (6/7/2019).

"Selanjutnya survivor akan dievakuasi mulai Sabtu (6/7/2019) pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi," ungkap Eko.

Tak lupa dari Humas Wanadri pun meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia agar proses evakuasi berjalan lancar.

"Dengan ditemukannya selamat, kami meminta bantuan dari semua pihak yang telah membantu proses dari awal sampai akhir dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

6 dari 6 halaman

Diduga ditemukan saat hari ulang tahun Thoriq

 

Pada media sosial Instagram yang diduga milik Thoriq Rizki Maulidan ini terlihat banyak sekali netizen yang membanjiri ucapan selamat ulang tahun kepada Thoriq. 

Akun Instagram @thoriq_rizky33 pada foto unggahan terbarunya ini dibanjiri ucapan selamat ulang tahun. Namun belum dapat diketahui pasti kapan hari ulang tahun tepatnya Thoriq sebenarnya. Sempat ada netizen yang membantah kalau di hari ditemukannya Thoriq merupakan hari ulang tahunnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini