Kumpulan Kata Bijak Penuh Makna, Bikin Hidup Selalu Optimis

Oleh Nisa Mutia Sari pada 04 Jul 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:11 WIB
Kumpulan Kata Bijak

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjalani proses kehidupan, ada masanya di mana manusia mengalami ritme yang tidak stabil alias pasang surut. Ya, tak selamanya selalu merasa bahagia, penuh syukur, dan positif. Ada kalanya kerap merasakan keterpurukan, galau, dan menjadi malas-malasan. Apalagi ketika masalah berat menghampiri.

Nah, ketika dalam kondisi seperti ini, sepotong kata bijak kerap dijadikan obat untuk mengobati kesedihan hati. Perlu dipercaya atau tidak, kalau kata-kata itu merupakan salah satu sihir yang bisa memberikan pengaruh positif juga bisa menjadi kata-kata yang menyakitkan perasaan.

Tetapi, terlepas dari ritme hidup yang pelik ini, sebagain besar orang suka membaca kata-kata positif daripada kata-kata yang hanya memojokkan seorang individu. Contoh dari kata-kata positif ini adalah kata bijak.

Kini sudah banyak bertebaran kumpulan kata-kata bijak, apalagi di media sosial media. Kebanyakan kata-kata bijak yang ada ini tentang kehidupan sehari-hari karena dianggap seperti yang dialami.

Nah, untuk menambah motivasi, rasanya penting bila kamu belajar memahami kehidupan melalui kumpulan kata-kata bijak tentang kehidupan sehari-hari. Dengan kata-kata tersebut, bisikan-bisikan negatif akan enggan mampir ke kehidupanmu. Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan kumpulan kata bijak penuh makna tentang kehidupan sehari-hari yang diharapkan bisa membuat kamu selalu bersemangat, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2019).

2 of 4

Kumpulan Kata Bijak tentang Kehidupan

Kumpulan Kata Bijak
Kata-kata bijak tentang kehidupan / Sumber: iStockphoto

1. Belajar tenang, karena saya pernah menyesal terburu-buru. Belajar berhenti marah, karena saya sering melihat penyesalan karena marah. Belajar ikhlas, karena saya tahu Allah Maha Adil. Belajar memulai lagi, karena hidup terus berjalan.

2. Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.

3. Kesuksesan itu seperti menjalankan roda. Terasa berat pada awal mendorong roda, hanya saja menjadi ringan setelah roda tersebut berjalan.

4. Mulailah untuk melangkah, karena memulai melangkah itu bukan hal yang mudah. Langkah pertama tersebut sama artinya dengan sudah melangkah sampai setengah perjalanan dari target Anda.

5. Berusahalah untuk dapat berpikir positif, agar hal – hal yang tertarik di sekitarmu adalah hal yang positif juga.

6. Menjadi orang yang tangguh dan sukses tidak dapat diwujudkan dalam sehari semalam, seperti dongeng membangun Candi Prambanan. Ketangguhan dan kesuksesan datang dari banyak proses yang terkadang menyakitkan, tetapi terus menempa kita menjadi tangguh dan dipersiapkan untuk menjadi orang yang sukses.

7. Semua emosi atau perasaan selalu berawal dari pikiran. Bahkan yang memutuskan untuk dapat menjadi orang paling bahagia saat ini dan seterusnya adalah Anda sendiri dana pa yang ada dalam pikiran Anda.

8. Cukup sedikit hal saja yang akan membuatmu lebih bahagia. Semua ada dalam dirimu sendiri, dalam cara berpikirmu.

9. Suka tidak suka, luka lah yang mendewasakan kita. Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang kesungguhan.

10. Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan. Sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.

3 of 4

Kumpulan Kata Bijak untuk Menggapai Kesuksesan

Kumpulan Kata Bijak
Kumpulan Kata Bijak untuk Menggapai Kesuksesan / Sumber: iStockphoto

1. Proses Menuju Sukses

“Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas, dan kegigihan.” – Colin Powell

Pada kumpulan kata bijak di atas, dimaknakan bahwa hal instan dalam kesuksesan tidaklah berlaku. Untuk mencapai apa yang diinginkan, kamu perlu mengerahkan daya dan upaya yang kamu miliki.

Nikmatilah sebuah proses panjangnya. Melalui proses tersebut, kamu akan mendapatkan pelajaran yang berharga. Jadi, jangan pernah menyerah. Lakukan semua usaha terbaik yang kamu bisa.

2. Sikap dan Kemampuan Sama Pentingnya

“Untuk sukses, sikap sama pentingnya dengan kemampuan.” – Walter Scott

Melalui kumpulan kata bijak di atas, dijelaskan bahwa tak jarang beberapa orang terlalu percaya diri pada kemampuannya dan merasa dirinya adalah yang terhebat. Namun hal ini bisa menjadi boomerang jika tidak diimbangi dengan sikap yang baik.

Tanpa sikap yang baik, sehebat apapun kemampuan yang dimilikinya maka tidaklah ada artinya. Untuk itu, jika kamu ingin sukses, usahakan untuk menyeimbangkan kedua hal ini.

3. Usaha Lebih Penting daripada Hasil

“Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan. Usaha sering lebih penting daripada hasilnya.” – Arthur Ashe

Melalui kumpulan kata bijak tersebut, kamu semakin percaya kalau proses adalah bagian dari usaha yang lebih penting dibandingkan hasil. Ya, sukses bukan berarti kamu bisa mencapai apa yang menjadi tujuanmu. Melainkan bagaimana kamu melewati proses panjangnya. Jadi, sesulit apapun prosenya, nikmati.

4. Pentingnya Sebuah Persiapan

“Sebelum apapun, persiapan adalah kunci menuju kesuksesan.” – Alexander Graham Bell

Melalui kumpulan kata bijak di atas ini, dikatakan bahwa kunci untuk bisa mencapai apa yang menjadi tujuanmu hanya ada satu, yaitu persiapan. Tanpa adanya persiapan, kamu tak akan pernah bisa sampai ke tujuan.

Seperti lomba lari, di saat yang lain sudah bersiap-siap di belakang garis start, kamu malah duduk manis menontonnya. Saat yang lain berhasil sampai ke garis finish, kamu pun tak akan pernah bisa merasakannya.

5. Rahasia Sukses

“Rahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah”. Ilma Mankiller

Sesakit dan sekeras apapun usaha yang kamu lakukan untuk menjemput kesuksesan, jalani saja dan jangan pernah berpikiran untuk mengakhirinya. Ya, dari kata bijak tersebut mengatakan, kalau kamu menyerah, kamu tak akan pernah bisa maju dan menikmati kesuksesan.

Perlu diingat bahwa kalau kesempatan tak datang dua kali. Bisa saja dari kesempatan yang kamu sia-siakan tersebut, ternyata menjadi satu-satunya kesempatan yang kamu miliki.

4 of 4

Kumpulan Kata Bijak Penuh Semangat

Kumpulan Kata Bijak
Kumpulan Kata Bijak Penuh Semangat (sumber: Pixabay)

1. Merubah dunia merupakan cita–cita yang besar dan sangat sulit untuk mewujudkannya. Hal yang paling mudah untuk dilakukan yaitu merubah diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang ada di sekitar.

2. Pikiran akan sangat menentukan kesuksesan dari diri kita masing-masing. Jadi berpikirlah untuk menjaid orang yang sukses dan selalu melakukan tindakan dari banyak orang-orang yang telah sukses.

3. Tidak ada kata mustahil dalam hidup ini, jika Anda mau berusaha dengan sekuat tenaga.

4. Tekunilah satu bidang yang menjadi bidangmu. Tidak akan ada orang yang pandai melakukan semua hal. Justru dengan menekuni banyak hal, maka hal itu membuat Anda menjadi tidak ahli dalam satu bidang pun.

5. Perubahan diri adalah awal mula dari kesuksesan. Maka dari itu, bertindaklah dan berjuanglah daripada hanya sekadar duduk dan diam.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by