6 Manfaat Telur yang Tak Terduga, Jangan Takut Kolesterol Naik

Oleh Nisa Mutia Sari pada 04 Jul 2019, 10:35 WIB
Manfaat Telur

Liputan6.com, Jakarta Telur sudah biasa menjadi bahan makanan yang sangat mudah ditemukan, terutama di Indonesia. Tak hanya mudah ditemukan, telur juga sangat mudah untuk diolah ke dalam berbagai macam olahan masakan. Yang pasti manfaat telur cukup banyak. 

Meski tak semua orang bisa mengonsumsi telur ini lantaran kerap dijadikan kambing hitam atas tingginya kolesterol.

Maka tak jarang beberapa orang menjauhi mengonsumsi telur. Padahal tak sedikit manfaat telur bagi tubuh. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (4/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber segudang manfaat telur.

2 of 5

Porsi yang Pas untuk Konsumsi Telur Agar Kolesterol Tidak Naik

Manfaat Telur
ilustrasi/copyright unplash.com/Autumn mott rodeheaver

Banyak anggapan yang menuding kalau telur sebagai salah satu penyebab kolesterol tinggi. Berdasarkan suatu penelitian, konsumsi telur yang wajar umumnya tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang.

Oleh karena itu, konsumsilah telur sewajarnya. Konsumsi telur yang dianggap wajar adalah satu butir telur sehari. Bahkan salah satu studi juga telah menunjukkan dengan mengonsumsi tiga butir telur per hari masih dianggap aman pada beberapa orang yang tidak memiliki kecenderungan kolesterol tinggi.

3 of 5

Manfaat Telur: Baik untuk Mata hingga Jantung

Manfaat Telur
Ilustrasi mata/copyright shutterstock

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur pertama yang bisa kamu rasakan adalah bisa membantu fungsi penglihatan agar selalu sehat. Ya, salah satu fungsi penglihatan mata kita dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area bernama retina.

Bagian mata yang satu ini sangat rentan terhadap paparan radikal bebas dan faktor penuaan yang mengakibatkan kerusakan atau degenerasi pada area ini. Inilah yang membuat fungsi penglihatan seseorang akan terganggu.

Nah, dengan mengonsumsi telur, kamu bisa menghambat proses penuaan tersebut. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan dua antioksidan, yaitu leutin dan zeaxanthin. Keduanya terbukti secara ilmiah bisa bantu memperbaiki kerusakan retina.

Selain itu, antioksidan di dalam telur juga bisa membantu menurunkan resiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Ada juga kandungan vitamin A di dalam telur yang turur menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

2. Membantu Kinerja Otak

Manfaat telur berikutnya adalah bisa membantu kinerja otak. Ya, agar otak bisa bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan sesuatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja. Studi membuktikan bahwa 90% orang telah kekurangan senyawa ini.

Untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menua makanan harian. Pasalnya di dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Belum banyak yang tahu akan manfaat telur yang satu ini. Ternyata telur juga bisa bantu menjaga kesehatan jantung. Ya, sebagian telur yang biasa kamu temukan di pasaran, kebanyakan telah diperkaya dengan kandungan omega-3. Senyawa ini merupakan salah satu lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Perlu diketahui, kalau kadar lemak baik di dalam tubuh semakin tinggi, maka akan semaki rendah orang tersebut beresiko mengelami penyakit jantung. Jadi, kamu jangan ragu untuk mengonsumsi telur bila ingin jantung tetap terjaga sehat kini dan nanti.

4 of 5

Manfaat Telur: Baik untuk Kulit hingga Rambut

Manfaat Telur
Ilustrasi rambut. Sumber foto: pexels.com/Garon Piceli.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Salah satu jenis protein yang dikandungnya adalah kolagen dan elastin. Dua protein inilah yang memegang peranan sangat besar dalam menjaga kekencangan, kelembutan kulit, dan melawan proses penuaan dini.

5. Menjaga Kesehatan Kuku

Selain kandungan proteinnya yang sangat baik, ada kandungan baik di dalam telur lainnya seperti vitamin D, asam amino, zat besi, dan zinc. Keseluruhan kandungan nutrient ini merupakan zat pembangun yang berkontribusi untuk kesehatan kuku.

6. Untuk Pertumbuhan Rambut yang Sehat

Manfaat telur lainnya yang bisa kamu rasakan bila mengosumsinya secara rutin adalah bisa bantu dalam pembentukan otot dan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein yang cukup tinggi pada satu butir telur. Seperti yang telah diketahui bahwa protein sangat diperlukan untuk membangun sel-sel di dalam tubuh.

Nah, bila kamu ingin mendapatkan rambut sehat dan tebal, telur dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam pemenuhan nutrisi harian. Tak hanya dikonsumsi, telur juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu bahan pembuatan masker rambut untuk mengoptimalkan kilaunya.

Nah, dengan melihat rendahnya resiko kolesterol yang sebenarnya dan banyaknya manfaat telur, maka kini kamu tidak ada salahnya untuk memasukkan bahan makanan ini ke dalam menu harian.

5 of 5

Cara Menyimpan dan Mengolah Telur yang Aman

Manfaat Telur
ilustrasi telur/Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Telah diketahui segudang manfaat telur, namun bukan berarti kamu bisa dengan bebas menyajikan telur sembarangan. Cara penyajian telur juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri pada cangkang maupun isi telur mentah. Bakteri tersebut dapat dengan mudah menyebar ke makanan lain atau peralatan dapur bila tidak berhati-hati dalam pengolahannya.

Salah satu kebiasaan dalam mengonsumsi telur adalah secara mentah atau setengah matang. Padahal hal ini dapat menyebabkan keracunan makanan, khususnya pada bayi, manula, ibu hamil, dan orang dengan kelemahan sistem kekebalan tubuh. Keracunan makanan kemungkinan bisa terjadi karena telur bisa saja terkontaminasi bakteri Salmonella.

Nah, bila kamu suka mengonsumsi telur setengah matang atau mentah, pastikan bahwa tekur tersebut merupakan jenis yang sudah melalui proses pasteurisasi untuk membunuh bakteri di dalamnya. Jika ingin mengonsumsi telur yang tanpa pasteurisasi, perhatikan prosedur penyimpanan yang aman, pakai alat dapur yang bersih, dan dimasak hingga benar-benar matang.

Berikut ini ada cara aman yang perlu diperhatikan dan dipraktikkan agar telur yang ingin kamu konsumsi tetap aman.

- Hindari telur yang bagian cangkangnya sudah rusak. Hal ini memungkin kontaminasi kuman pada telur.

- Jauhkan telur dari makanan lain dan simpanlah di tempat yang sejuk, kering, dan idealnya di lemari es dengan temperature di bawah 4 derajat celcius.

- Setelah memasak telur, segeralah untuk dikonsumsi. Bila kamu terlalu lama menyimpan telur rebus di kulkas, pastikan jangan sampai melebihi dari 2-3 hari.

- Pastikan seluruh alat masak yang digunakan untuk memasak telur itu bersih.

- Begitu juga dengan tangan kamu. Sebisa mungkin untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh atau memasak telur.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by