Sukses

6 Wisata Gunung Kelud yang Wajib Dikunjungi, Nikmati Keindahan Alam

Wisata gunung kelud terdiri dari beberapa destinasi yang berbasis alam pegunungan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata gunung kelud memiliki berbagai destinasi yang layak dikunjungi. Apalagi memang kawasan pegunungan biasanya menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara yang sangat menenangkan dan membuat nyaman.

Setelah meletus beberapa tahun silam, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini malah semakin banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Keindahan panorama pegunungan yang ditawarkan menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung ke wisata gunung kelud.

Wisata gunung kelud terdiri dari beberapa destinasi yang berbasis alam pegunungan. Jadi bagi kamu yang tidak bisa mendaki gunung sampai ke puncaknya, kamu bisa menikmati beberapa destinasi lain yang tidak seberat mendaki gunung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2019) ragam wisata gunung kelud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan Misteri dan Air Panas Gunung Kelud

Jalan Misteri Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud yang pertama adalah jalan misteri. Sepanjang perjalanan tentunya kamu akan disajikan dengan pemandangan yang begitu indah dari dataran tinggi dan udara yang segar. Tidak hanya itu, satu hal menarik lagi yang bisa dinikmati di jalan gunung kelud adalah jalan misteri ini. Sebagai salah satu wisata gunung kelud, jalan ini sebenarnya adalah jalan biasa seperti jalan utama lainnya yang akan dilewati oleh wisatawan.

Semua wisatawan yang ingin berkunjung ke gunung kelud akan melewati jalan ini. Keunikannya adalah, kendaraan akan tetap bisa berjalan walaupun dimatikan, padahal jalan misteri ini terlihat menanjak. Fenomena ini menjadi salah satu penarik wisatawan untuk berkunjung ke wisata gunung kelud. Kamu bisa mencoba jalan misteri ini terlebih dahulu sebelum mengunjungi wisata gunung kelud lainnya, dan buktikan kebenaran jalan misteri ini.

Air Panas Gunung Kelud 

Selanjutnya kamu bisa menikmati wisata gunung kelud berupa air panas. Di sini kamu bisa berendam atau hanya mencelupkan kaki ke dalam air panas. Tentunya wisata gunung kelud satu ini sangat cocok kamu kunjungi untuk menghangat badan. Apalagi udara di gunung yang dingin tentu akan membuat berendam di air panas semakin menyenangkan.Air panas ini bersumber dari mata air panas yang terbentuk secara alami di gunung kelud. Air panas alami tersebut menyatu dengan aliran sungai, sehingga pertemuan dari keduanya menciptakan air hangat yang nyaman untuk berendam.

3 dari 4 halaman

Agrowisata Margomulyo dan Kampung Durian

Agrowisata Margomulyo Gunung Kelud 

Agrowisata Margomulyo merupakan salah satu hasil dari pengembangan wisata gunung kelud pasca erupsi. Konsep agrowisata diusung pemerintah untuk menarik wisatawan berkungjung kesini.Taman ini dikenal dengan nama Taman Agro Kediri. Kamu akan disuguhkan pada sebuah kawasan taman yang indah dan ditata dengan cukup baik. Tidak hanya tentang keindahan taman bunga dan alam sekitar, di tempat ini pengunjung juga dapat mengetahui sejarah maupun kisah masa lalu tentang Gunung Kelud.

Jenis tanaman yang ada di agrowisata ini sendiri cukup beragam. Yang paling menarik adalah adanya tanaman bunga-bungaan seperti krisan, mawar, matahari, kana, hujan mas, refugia, dan sebagainya. Salah satu wisata gunung kelud ini sangat cocok dijadikan spot foto.

Kampung Durian

Wisata gunung kelud selanjutnya adalah kampung durian. Area wisata Kampung Durian luasnya hanya sekitar 1 hektar saja. Namun di dalamnya ada banyak fasilitas yang cukup lengkap. Dengan adanya 30 pohon durian, di sini kamu bisa menikmati durian dengan puas.

Di tempat ini, wisatawan akan mendapatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai macam jenis durian. Selain itu pengunjung juga bisa mempelajari tentang tata cara menanam durian, hingga mengolahnya. Tidak hanya buahnya, pengunjung juga bisa mencicipi makanan hasil olahan durian. Makanan tersebut bisa berupa ketan durian, kolak durian, hingga pancake durian.

4 dari 4 halaman

Flying Fox dan Puncak Gunung Kelud

Flying Fox Gunung Kelud 

Ada juga berbagai wahana yang ditawarkan di wisata gunung kelud ini, seperti flying fox. Wahana ini dibuka setelah letusan gunung kelud beberapa tahun belakangan. Dengan penambahan wahana flying fox ini, diharapkan wisatawan kembali tertarik untuk mengunjungi wisata gunung kelud. Apalagi pasca letusan memang banyak lokasi yang mengalami kerusakan.

Dengan flying fox gunung kelud yang memiliki lintasan sepanjang 100 meter, kamu bisa menikmati pemandangan alam pegunungan sembari menikmati angin sepoi di udara. Tentunya bisa membuat perasaan menjadi lepas dan lega dari segala rutinitas.

Puncak Gunung Kelud

Tentunya tujuan utama wisata gunung kelud adalah mencapai puncaknya. Puncak Gunung Kelud dan kawahnya tentunya menjadi salah satu titik wisata yang paling menarik bagi sebagian wisatawan. Setelah letusan pada tahun 2014, kondisi puncak Gunung Kelud telah berubah. Sekarang ada danau kawah yang suasananya mirip dengan Danau Kelimutu.

Kawah gunung kelud dikelilingi oleh tiga puncak utama yaitu puncak kelud, puncak sumbing, dan puncak gajah mungkur. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan alam dari puncak gunug kelud tentunya adalah saat matahari terbit. Menikmati sunrise dari puncak gunung tentu menjadi suatu keutamaan yang tidak bisa ditinggalkan, termasuk di wisata gunung kelud ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.