Sukses

Idap Alopecia Universalis, Pria Ini Tunjukkan Kisahnya Melalui Potret Unik

Alopecia Universalis adalah sebuah kondisi hilangnya rambut di kepala dan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Mengutip dari rarediseases, pada Selasa (2/7/2019) alopecia universalis atau sering disingkat (AU) adalah sebuah kondisi hilangnya rambut di kulit kepala dan tubuh. Penyebab pasti penyakit AU ini belum diketahui, namun diduga karena kondisi autoimun di mana orang tersebut sistem kekebalannya menyerang folikel rambut, dan bisa pula karena faktor lingkungan yang turut berperan dalam permulaan kondisi AU.

Salah satu pengidapnya adalah seoarang fotografer asal Bulgaria bernama Vanyu Krastev. Dirinya pun membagikan pengalamannya ketika pertama kali merasakan gejala alopecia universalis.

Suatu pagi, dirinya bangun tidur dan menemukan setumpuk rambut di kasur. Pagi berikutnya, dirinya melihat lebih banyak rambut di bantal dan dirinya pun mulai takut. Alopecia universalis berjalan sangat cepat, dirinya kehilangan semua rambut di kulit kepala, wajah, dan tubuh hanya selama beberapa minggu.

Setelah menyadari dirinya menderita alopecia universalis, dirinya pun melakukan perawatan dengan minum banyak obat, suntik kortikosteroid, menggunakan lotion hingga salem karena tidak memiliki rambut di sekujur tubuh, hingga bulu hidung pun tak punya.

Setelah lama menderita karena pengobatan, dirinya pun sadar bahwa hidup harus berlanjut dan menerima kenyataan. Akhirnya dirinya pun menerima kenyataan dan kembali berkarya kembali daripada menghabiskan waktunya hanya untuk mencari pengobatan.

Maka dari itu, Vanyu Krastev membagikan bagaimana kisahnya soarang pengidap alopecia universalis kepada semua orang dengan sebuah potret unik, berikut kisahnya yang Liputan6.com lansir dari boredpanda, Selasa (2/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Beginilah kisahnya yang dituangkan dalam foto yang unik.

1. Dirinya merasa kedinginan tanpa rambut di sekujur tubuhnya.

2. Bisa menghemat uang karena tanpa perlu mencukur rambut, sampo dan kondisioner.

3 dari 6 halaman

Dirinya berusaha selalu positif dalam kondisinya.

3. Tak butuh penutup rambut ketika mandi

4. Tak butuh penutup rambut ketika berenang

4 dari 6 halaman

Bahkan alis dan bulu hidung pun rontok.

5. Tidak miliki bulu hidung

6. Banyak sekali luka di kepala yang muncul

5 dari 6 halaman

Bulu ketiak bahkan bulu mata pun tak ia miliki lagi.

7. Tidak miliki bulu ketiak

8. Tanpa bulu mata, banyak sekali benda mudah masuk ke mata

6 dari 6 halaman

Sayangnya hingga kini belum ada obat untuk penderita alopecia universalis

9. Tak ada obat untuk alopecia

10. Kebanyakan orang tua tidak mewariskan alopecia kepada anaknya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini