Sukses

Jangan Dibuang Dulu, Ini 5 Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

Manfaat rambut jagung bagi kesehatan bisa didapatkan dengan mengolahnya terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Jagung merupakan salah satu makanan yang cukup sering dikonsumsi di Indonesia. Selain dikonsumsi secara langsung, jagung bahkan juga bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan lainnya.

Kebanyakan orang mungkin hanya terpikir untuk mengonsumsi biji jagung. Selain mudah untuk dijadikan bahan makanan, biji jagung juga memiliki banyak nutrisi. Namun ada yang sering terlewatkan, rambut jagung yang muncul dalam sekam ternyata juga memiliki manfaat kesehatan.

Manfaat rambut jagung bagi kesehatan bisa didapatkan dengan mengolahnya terlebih dahulu. Biasanya rambut jagung diolah dan dikonsumsi dalam bentuk minuman teh.

Berikut Liputan.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2019) tentang manfaat rambut jagung bagi kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Mengolah Rambut Jagung

Rambut jagung dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi olahan teh rambut jagung. Namun, wanita hamil atau orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya tidak minum teh rambut jagung ini. 

Selain itu, bila kamu mengonsumsi obat untuk tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dengan dokter sebelum mencobanya. Begini cara menyiapkannya dan bahan yang diperlukan:

Bahan:

3 sendok makan rambut jagung (30 g) dan 1 liter air

Cara membuat teh rambut jagung:

1. Didihkan air, lalu kecilkan api dan masukkan rambut jagung.

2. Biarkan mendidih selama dua menit, angkat, dan saring airnya.

3. Minum antara tiga sampai empat cangkir sehari.

3 dari 7 halaman

Mencegah batu ginjal

Rambut jagung mampu membilas racun dan zat berbahaya lainnya yang terakumulasi di ginjal sehingga bermanfaat untuk mencegah batu ginjal. Orang-orang telah lama menggunakan rambut jagung untuk melawan batu ginjal.

Rambut jagung dapat mencegah akumulasi oksalat di ginjal dan menormalkan aliran urin sehingga dapat mengurangi pembentukan sedimen atau endapan yang dapat membentuk batu ginjal. Jadi rambut jagung secara efektif bermanfaat dalam mencegah batu ginjal.

Selain itu, sejalan dengan manfaatnya mencegah batu ginjal, rambut jagung juga bisa membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih. Dengan buang air kecil lebih banyak, makanan yang bersifat diuretik membantu mencegah penumpukan bakteri di saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan kemampuan pembekuan darah

Rambut jagung kaya akan vitamin K yang mampu meningkatkan kemampuan darah untuk membeku sehingga mencegah berkurangnya darah saat kamu cedera. Adanya vitamin K di dalam tubuh akan mengendalikan proses pembekuan darah, sehingga saat terluka kamu tidak akan kehilangan terlalu banyak darah.

5 dari 7 halaman

Mengontrol kolesterol

Manfaat lainnya dari rambut jagung adalah mampu mengontrol kolesterol dengan cara membuang lemak yang terakumulasi di pembuluh darah sehingga kolesterol yang mengendap diarteri bisa diuraikan. Dengan begitu, rambut jagung juga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke.

6 dari 7 halaman

Melindungi saluran kemih

Sifat antiseptik dan diuretik dari rambut jagung mampu mencegah infeksi yang mempengaruhi saluran kemih. Ketika kamu mengonsumsi teh ini, bisa membantu mengurangi peradangan, mencegah iritasi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi infeksi saluran kemih dengan teh rambut jagung ini karena manfaatnya yang bisa membunuh mikroba penyebab penyakit tersebut.

7 dari 7 halaman

Mengatur gula darah

Pasien yang memiliki diabetes tipe 2 juga dapat mengambil keuntungan dari rambut jagung. Sebab rambut jagung dapat membantu mengatur produksi insulin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini terjadi karena sel dapat secara maksimal menyerap glukosa dalam darah. Dengan begitu, mengonsumsi teh rambut jagung sangat efektif dalam mencegah terjadinya diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini