10 Tempat Wisata di Gresik dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan

Oleh Husnul Abdi pada 01 Jul 2019, 12:40 WIB
Pulau Gili Noko

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Gresik semakin berbenah akhir-akhir ini. Walaupun sebelumnya Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, sekarang sudah banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah menakjubkan dengan wisata di tempat lain.

Dengan banyak spot keren di Gresik membuat destinasinya makin dikenal. Berbagai wisata alam seperti deretan bukit kapur, sampai pantai yang indah memiliki potensi yang sangat besar untuk dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Tempat wisata di Gresik dipenuhi dengan berbagai keindahan alam. Berbagai wisata alam Gresik ini dapat membuat pikiran kembali tenang dan nyaman dengan suguhan pemandangan dan suasana yang menyenangkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/7/2019) tentang tempat wisata di Gresik.

2 of 4

Wisata Pulau

Wisata Gili di Jawa Timur
Wisata Gili di Gresik (Sumber: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

Tempat Penangkaran Rusa Bawean

Tempat wisata di Gresik yang pertama adalah Pulau Bawean. Pulau Bawean selain punya pemandangan indah, ternyata juga dipakai sebagai tempat penangkaran rusa. Penangkaran rusa yang hampir punah ini berada di pusat Pulau Bawean.

Lokasinya berada di ketinggian dan jauh dari perumahan warga. Tempat yang tenang dan cocok untuk rusa-rusa berkembang biak. Pulau Bawean menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke lokasi, kamu mesti berlayar dari pelabuhan Gresik.

Pulau Gili Noko

Pasir putih, pantai yang landai, dan air laut yang bening sungguh asyik buat dinikmati merupakan beberapa suguhan yang bisa dinikmati saat kamu databg ke pulau Gili Noko ini.

Di salah satu tempat wisata di Gresik yang paling indah ini, kamu juga bisa berwisata air, mulai dari snorkeling, bersantai, dan menikmati keindahan alam bawah laut. Buat yang hobi foto, tempat ini laksana surga lantaran banyak spot yang keren. Lokasinya berada di desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik.

Pantai Mobhul

Kalau ke Pulau Bawean, maka jangan lupakan untuk mampir ke pantai Mombhul. Pantai Mobhul merupakan destinasi wisata air yang keren. Paduan pasir putih dan beningnya air jadi andalan tempat ini. Pulau Bawean sebagai tempat wisata di Gresik memang tidak boleh dilwatkan untuk dikunjungi.

Lantaran keindahnnya banyak wisatawan mampir ke tempat ini. Pasti akan dapat oleh-oleh foto yang ciamik ketika kamu berfoto di pantai ini. Lokasi pantai berada di Sidogedungbatu, Sangkapura, Bawean, Gresik.

3 of 4

Wisata Bukit Batu

Bukit Jamur
Bukit Jamur (Sumber: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

Bukit Sekapuk

Tempat wisata di Gresik juga menyimpan banyak wisata bukit batu kapur. Bukit Sekapuk berasal dari nama desa tempat destinasi wisata ini berada, yaitu Desa Sekapuk. Dahulu tempat ini adalah bukit areal penambangan kapur. Setelah digali sejak lama, kontur bukitnya menjadi berlapis-lapis dan berongga-ronga.

Lantaran bentuknya yang unik ini banyak orang datang ke sini untuk melihatnya. Bahkan sekarang disukai karena keren buat background foto. Lokasinya berada di desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Bukit Jamur

Bukit batu ini bentuknya keren, yaitu seperti kita melihat jamur raksasa. Ya, itulah Bukit Jamur yang berada di desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Tempat ini merupakan destinasi favorit untuk mengambil foto dengan pemandangan yang unik.

Bukit jamur ini terjadi lantaran proses alam. Jadi bukit batu ini terkikis karena gesekan angin yang terus menerus. Lalu menggerogoti bagian bawah batuan dan membentuk jamur. Keunikan salah satu tempat wisata di Gresik ini memang tiada duanya.

Bukit Gosari

Bukit Gosari berada di desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Bukit yang dengan batuan kapur ini memiliki pemandangan ciamik lantaran lekukannya yang unik. Perpaduan batu kapur putih dan pohon di sekitarnya membuat banyak orang datang untuk berfoto di salah satu tempat wisata di Gresik ini.

4 of 4

Wisata Alam Lainnya

Mangrove Ujungpangkah
Mangrove Ujungpangkah (Sumber: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

Telaga Ngipik

Telaga Nngipik berada tak jauh dari desa Ngipik, kira-kira 1,5 km dari alun-laun Kota Gresik. Nama lain tempat ini adalah Giri Wana Tirta. Telaga Ngipik merupakan tempat wisata di Gresik untuk menikmati wisata air.

Awalnya tempat ini sebuah tempat penampungan air yang digunakan untuk kebutuhan industri di sekitarnya. Lalu, tempat ini berubah fungsi menjadi destinasi wisata air. Tempat asyik buat santai menikmati pemandangan air dan tumbuhan hijau di sekelilingnya. Tempat ini menjadi terkenal, buktinya banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke sini.

Mangrove Ujungpangkah

Tempat Wisata di GresikĀ  selanjutnya adalah Mangrove Ujungpangkah yang berada di desa Banyuurip dan Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Tempat ini menjadi destinasi wisata mangrove sekaligus untuk edukasi. Di sini kamu bisa mendapat pengetahuan bagaimana menanam mangrove yang baik. Di tempat ini kamu juga bisa menikmati pemandang pohon mangrove dan bisa dengan riang untuk berfoto.

Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng menawarkan wisata alam yang ciamik. Pemandangan dari atas bukit dipadu rimbunnya pepohonan membuat tempat ini digandrungi pencinta alam.

Bukit Larangan Panceng terlihat alami, hutannya masih lebat. Tempat yang oke buat foto bersama-sama sahabat dan keluarga. Banyak wisatawan datang untuk gelar tenda dan menikmati makanan di atas bukit. Lokasinya berada di desa Prupuh, Panceng, Gresik.

Wisata Alam Gosari

Wisata Alam Gosari atau Wigos dibuat khusus bagi kamu yang ingin berfoto dengan background keren. Wisata Alam Gosari Gresik mengkombinasikan pemandangan alam dengan miniatur miniatur bangunan unik.

Lanjutkan Membaca ↓