Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Konsumsi Tahu Bagi Kesehatan

Oleh Husnul Abdi pada 30 Jun 2019, 10:30 WIB
Cara Menggoreng Tahu Agar Tidak Hancur

Liputan6.com, Jakarta Tahu adalah salah satu makanan yang banyak digemari. Selain mudah didapat, makanan ini pun mudah diolah jadi pendamping aneka menu. Kamu dapat menggoreng atau mengolahnya menjadi aneka masakan. Tahu sering juga disandingkan dengan tempe ketika makan. 

Tahu berbahan dasar kedelai yang kaya akan manfaat kesehatan. Bahan alaminya ini cocok sebagai sajian makanan sehat. Apalagi dengan harganya yang relatif murah, membuat makan tahu sangat digemari menjadi makanan sehari-hari.

Manfaat tahu bagi kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisi yang melimpah. Tahu tercatat merupakan sumber protein tinggi, mineral, zat besi, kalsium, vitamin B1, magnesium, tembaga, seng, dan selenium yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/6/2019) tentang manfaat makan tahu bagi kesehatan

2 of 4

Mengontrol Berat Badan dan Mencegah Menopause Dini

Menjaga Berat Badan
Menjaga Berat Badan (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Mengontrol Berat Badan

Manfaat tahu yang pertama adalah berguna untuk mengontrol berat badan. Jika kamu sedang diet, maka mengonsumsi tahu sangat disarankan. Tahu memiliki kalori yang rendah, jadi tidak usah khawatir bila mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang banyak.

Tahu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, tahu kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu menghasilkan energi sehingga dapat menekan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Baik untuk Mencegah Menopause Dini

Selanjutnya, salah satu manfaat penting tahu bagi wanita adalah mencegah menopause dini. Kedelai yang terkandung dalam tahu memiliki isoflavon yang membantu selama tahap pra menopause di mana tubuh cenderung memiliki ketidakseimbangan estrogen.

Isoflavon adalah senyawa nabati yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen selama menopause. Tidak hanya itu tahu juga kaya akan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan tulang.

3 of 4

Mencegah Kanker dan Menjaga Kesehatan Darah

Menjaga Kesehatan Darah (extender_01/Shutterstock)
Menjaga Kesehatan Darah (extender_01/Shutterstock)

Mengurangi Risiko Kanker

Masih terkait dengan kandungan isoflavon, tahu tidak hanya mencegah menopause dini, namun juga bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Selain itu selenium dalam tahu berfungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat karena mengandung antioksidan yang tinggi. Tahu juga dipercaya dapat mengurangi kanker payudara, paru-paru dan prostat.

Menjaga Kesehatan Darah

Salah satu manfaat penting dari mengonsumsi tahu lainnya adalah menjaga kesehatan darah. Tahu kaya akan zat besi yang membantu meningkatkan pembentukan sel darah, sehingga kamu terbebas dari anemia.

Sebagai sumber zat besi yang sangat baik, tahu berfungsi untuk membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehingga tahu merupakan solusi yang tepat untuk dikonsumsi.

Selain itu, protein kedelai pada tahu juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mampu mengurangi risiko terserang penyakit diabetes. Jadi secara garis besar, tahu sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan darah.

4 of 4

Mencegah Osteoporosis dan Baik untuk Kulit

Ilustrasi Osteoporosis
Ilustrasi Osteoporosis (sumber: iStockphoto)

Mencegah osteoporosis

Sebagai sumber kalsium yang tinggi, tahu juga dapat mencegah osteoporosis. Dengan begitu tahu sangat disarankan untuk masa pertumbuhan anak dan juga bagi orang dewasa.

Seperti yang telah diketahui, kalsium merupakan bahan utama pembentukan tulang. Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, terutama di usia tua. Namun bila kamu rutin makan tahu, dapat memperlambat pengeroposan tulang dan menjaga tulang tetap kuat.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat dari tahu bagi kesehatan kulit adalah mengencangkan otot kulit, sehingga kulit kamu sehat alami. Mineral, vitamin dan protein dari tahu bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, makan tahu secara teratur juga bisa memperlambat proses penuaan.

Lanjutkan Membaca ↓