5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Nyeri Sendi

Oleh Nisa Mutia Sari pada 28 Jun 2019, 20:20 WIB
Nyeri Sendi

Liputan6.com, Jakarta Nyeri sendi merupakan gangguan yang terjadi pada persendian tubuh, yang diakibatkan oleh peradangan. Keluhan nyeri sendi dapat disertai dengan rasa kaku pada sendi, kemerahan, serta pembengkakan. 

Bagi orang yang sering mengalami nyeri sendi, kondisi ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka tak heran kalau banyak penderita nyeri sendi menginginkan segera sembuh. Selain tak segera ditangani, nyeri sendi juga bisa berujung pada kelumpuhan permanen.

Bila kamu sering mengalami nyeri sendi, ternyata kamu perlu mencukupi kebutuhan asupan yang mengandung antioksidan untuk meredakan sakitnya. Antioksidan merupakan salah satu komponen yang bisa melawan radikal bebas, yang dapat mengganggu kesehatan sendi dan membuat sendi menjadi bermasalah.

Antioksidan bisa kamu temui pada makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan selenium. Selain itu, makanan dengan kandungan vitamin D dan omega-3 juga bisa menurunkan risiko pembengkakan atau masalah pada sendi lainnya.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami nyeri sendi, bisa coba mengonsumsi beberapa makanan ini untuk membantu kesehatannya.

Berikut Liputan6.com, Jum’at (28/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber makanan yang wajib dikonsumsi buat kamu yang sering mengalami nyeri sendi.

2 of 6

Cabai Merah

Nyeri Sendi
Cabai merah. | via: earthtimes.org

Kandungan vitamin C pada cabai merah mampu menjaga kesehatan sendi. Vitamin C ini bisa membantu kamu untuk membentuk kolagen. Kolagen merupakan bagian dari tulang lunak, tendon, dan ligament yang menjadi bantalan untuk sendi dan merekatkan sendi.

Tak hanya cabai merah, untuk mencukupi asupan vitamin C kamu bisa mendapatkannya pada aneka buah-buahan seperti jeruk, tomat, dan nanas.

3 of 6

Kunyit

Nyeri Sendi
kunyit (Akepong Srichaichana/Shutterstock)

Kunyit memiliki kandungan kurkumin di dalamnya. Kurkumin pada kunyit ini dapat bekerja seperti ibuprofen yang dapat meringankan sakit pada lutut. Bila kamu tak suka mengonsumsi kunyit secara langsung, kamu bisa menggantikannya dengan memakan bubuk kari.

Kalau kamu masih tidak menyukainya, kamu bisa mengganti kunyit dengan jahe atau kayu manis.

4 of 6

Buah Ceri

Nyeri Sendi
Ilustrasi buah ceri (iStockphoto)

Mengonsumsi buah ceri segar atau jus ceri bisa membantu melawan peradangan pada sendi. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa buah ceri segar bisa meringankan encok.

Bila kamu kesulitan menemukan buah ceri, untuk mendapatkan khasiatnya yang sama, kamu bisa mengonsumsi buah berwarna tajam lainnya seperti blueberry, blackberry, dan buah delima.

5 of 6

Salmon

Nyeri Sendi
Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Ternyata, salmon juga termasuk makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan sendi kamu. Ya, kandungan kalsium dan vitamin D pada salmon bisa membuat tulang kamu tetap terjaga kekuatannya. Kandungan omega-3 pada salmon juga baik dalam mengurangi masalah pada sendi.

Bila salom sulit untuk ditemukan, kamu bisa menggantikannya dengan mengonsumsi yogurt atau susu lowfat. Makanan ini masih memiliki kandungan yang sama dengan salmon, yaitu kalsium dan vitamin D yang tinggi.

6 of 6

Kale

Nyeri Sendi
Tips mengolah daun kale./Copyright shutterstock.com

Sayur-sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kale, dan bok choy merupakan salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang bisa membantu kesehatan sendi. Selain itu, pada kale memiliki antioksidan, beta-karoten, dan vitamin C. Kandungan kalsium di sayur kale juga bisa membantu menguatkan tulang.

Lanjutkan Membaca ↓