Selain Qomar, 5 Komedian Ini Pernah Berurusan dengan Polisi

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 27 Jun 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 29 Jun 2019, 17:13 WIB
Doyok dan Qomar

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, komedian Qomar santer jadi perbincangan publik lantaran diduga memalsukan dokumen ijazah S1 dan S2. Diketahui pada Senin (24/6/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB, pria 59 tahun itu ditahan di Mapolres Brebes, Jawa Tengah.

Qomar ditahan karena dugaan pemalsuan dokumen penting sebagai syarat mencalonkan diri sebagai Rektor Universitas Muhadi Setiabudhi. Ia dijemput paksa petugas karena telah tiga kali mangkir dari panggilan polisi.

Belum sehari mendekam di balik jeruji, Qomar dikabarkan telah dibebaskan dari penjara. Menurut kuasa hukumnya, Furqon Nurzaman mengatakan bahwa kliennya sudah keluar sejak Selasa (25/6/2019) sore pukul 17.30 waktu setempat.

Keputusan pembebasan Qomar dilatar belakangi masalah kesehatan. Furqon menyebutkan bahwa komedian bernama lengkap Nurul Qomar itu memiliki riwayat sakit asma. Hingga kini, belum ada pernyataan resmi yang dilontarkan langsung oleh Qomar.

Dengan kasus tersebut, Qomar menambah panjang daftar nama komedian Tanah Air yang harus berurusan dengan polisi. Selain Qomar, terdapat 5 komedian lain yang juga harus dihadapkan dengan realita pahit kehidupan.

Selengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum 5 kisah komedian yang pernah berurusan dengan pihak berwajib seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2019).

2 dari 6 halaman

1. Doyok

Doyok
Doyok (Sumber: Instagram/doyok178)

Penggemar Srimulat pasti tak asing dengan nama Doyok. Sudarmadji alias Doyok pernah berurusan dengan polisi lantaran dirinya tertangkap basah mengonsumsi narkoba. Doyok ditangkap pada tahun 2000 silam dan divonis satu tahun penjara setelah terbukti memiliki narkoba jenis sabu.

3 dari 6 halaman

2. Polo

[Bintang] Polo Srimulat
Polo Srimulat. (Sumber: Liputan6.com)

Selain Doyok, personel Srimulat ini juga harus rela ditangkap polisi karena tersandung kasus yang sama. Pada tahun 2000, Polo ditangkap karena mengonsumsi barang haram. Polisi menyita narkoba jenis sabu seberat 0,5 gram yang ditemukan di Hotel Mega Matra, Jakarta Pusat.

Seolah tak jera, pemilik nama asli Christian Barata Nugraha itu dua kali mendekam di penjara. Pasalnya, dirinya terciduk memiliki dan mengonsumsi alat isap alias bong beserta sabu sisa pakai seberat 0,6 gram yang membuatnya diganjar satu tahun hukuman penjara pada tahun 2004 silam.

4 dari 6 halaman

3. Tessy

[Bintang] Tessy
Tessy. (Nurwahyunan/Bintang.com)

5 Tahun silam, komedian Tessy juga terjerumus godaan narkoba yakni tepatnya pada Oktober tahun 2014. Kabul Basuki atau Tessy ditangkap petugas Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri lantaran kedapatan membawa narkoba. Bersama dua rekannya, Tessy terciduk polisi saat hendak bertandang ke Bali.

5 dari 6 halaman

4. Reza Bukan

Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)
Reza Bukan (Sumber: Instagram/rezbuk)

Komedian sekaligus pembawa acara, Reza Bukan pun tak luput dari obat-obatan terlarang. Pada Juli 2018 silam, Reza diketahui mengantongi narkoba berupa 3 paket sabu dalam bungkusan kecil yang masing-masing memiliki berat 0,19 gram dan juga 0,39 gram. Penangkapan dilakukan di kediamannya, perumahan Casa Jardin, Kedaun Kali Angke, Cengkareng.

Dari hasil pemeriksaan, Reza Bukan dilaporkan telah menggunakan narkoba sejak tahun 2014. Dengan kata lain, pemilik nama asli Deron Eka itu telah mengonsumsi barang haram tersebut selama 4 tahun. Selain barang bukti sabu, polisi juga berhasil mengamankan alat pakai.

6 dari 6 halaman

5. Andre Taulany

Andre Taulany
Andre Taulany (Sumber: Instagram/andreastaulany)

Beberapa waktu lalu, komedian kondang, Andre Taulany juga mau tak mau harus berurusan dengan polisi. Berbeda dengan empat komedian lain yang tersandung kasus narkoba, penyanyi sekaligus presenter itu dituding melakukan pencemaran nama baik.

Berawal dari unggahan Instagram Stories sang istri, Erin Taulany yang menghina nama calon presiden RI nomor urut 02, Andre akhirnya dipanggil polisi guna penyelidikan lebih lanjut. Beruntung, Andre dan istri tak berakhir di penjara karena kasus tersebut diselesaikan secara damai.

Lanjutkan Membaca ↓