5 Tanaman Ini Ternyata Bisa Tangkal Radiasi Komputer

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 26 Jun 2019, 20:35 WIB
Tanaman Hias

Liputan6.com, Jakarta Radiasi bisa menjadi topik yang menakutkan banyak orang. Ada banyak pembicaraan tentang kemungkinan efek radiasi dan cara-cara untuk menguranginya. Radiasi adalah istilah yang sangat luas yang menggambarkan gelombang energi elektromagnetik yang tidak terlihat. 

Gelombang-gelombang ini dihasilkan ketika elektron, bagian terkecil dari atom bergerak dan menghasilkan energi. Gelombang dapat bergerak dengan kecepatan yang berbeda, yang semuanya membentuk spektrum elektromagnetik.

Gelombang ini termasuk gelombang mikro, gelombang radio, sinar inframerah dan ultraviolet, sinar-x, dan sinar gamma. Baik manusia dan tanaman dapat "menyerap" semua ini, tetapi ada beberapa teori bahwa tanaman tertentu sebenarnya dapat menangkal paparan radiasi pada manusia dengan cara menyerapnya.

Radiasi yang dapat diserap oleh tanaman ini meliputi radiasi EMF atau electromagnetic fields. Ada sumber buatan manusia dan alami dari EMF frekuensi rendah, termasuk gelombang radio, Wi-Fi, dan medan magnet Bumi sendiri. Tumbuhan dipercaya mampu menyerap radiasi ini dan meminimalisir paparannya pada manusia.

Salah satu cara untuk meminimalkan paparan radiasi elektromagnetik adalah dengan mengisi ruangan dengan tanaman yang dapat menyerap atau menghilangkan gelombang ini.

Memelihara tanaman ini dapat membantu Anda menjadi lebih berenergi, menurunkan tingkat stres, dan mengurangi frekuensi sakit kepala yang sering dikaitkan dengan radiasi. Berikut 10 jenis tanaman yang dapat menangkal radiasi, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/6/2019)

2 of 6

Kaktus

Tuntaskan Kulit Wajah Kering dengan Kaktus, Berani Coba?
Kaktus (unsplash.com)

Kaktus dikenal sebagai penyerap gelombang radioaktif yang efisien berkat penelitian mendalam yang dilakukan oleh NASA. Kaktus sangat berguna untuk menyerap radiasi yang dihasilkan oleh komputer, menjadikannya tanaman yang sangat baik untuk kantor apa pun, baik di tempat kerja atau di rumah Anda.

Kaktus juga menyerap radiasi yang mungkin datang dari ponsel. Jadi tanaman ini benar-benar teman dari berbagai aktivitas radioaktif. Kaktus amat mudah dipelihara. Tumbuhan ini idak perlu disiram setiap hari. Mereka tumbuh dengan baik dengan banyak cahaya di tempat yang hangat.

3 of 6

Lidah mertua

1. Snake Plant (lidah mertua)
1. Snake Plant (lidah mertua). Foto: WittyFeed

Lidah mertua atau snake plant adalah tanaman lain yang sangat efektif dalam menyerap radiasi komputer. Menempatkannya di dekat komputer atau dekat dengan sumber radiasi utama lainnya bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga ruangan tetap sehat.

Lidah mertua melakukan pekerjaan yang fantastis untuk mengubah CO2 menjadi oksigen, sehingga Anda akan mendapat manfaat dari udara yang lebih bersih dan paru-paru yang lebih kuat dan lebih jernih. Daunnya yang panjang dan tipis juga bisa memperindah ruangan Anda.

Seperti halnya kaktus, lidah mertua tidak membutuhkan penyiraman secara konstan. Anda hanya perlu memeriksa tanah sekali seminggu untuk memastikan bahwa tanah belum kering. Kemudian, cukup siram sampai benar-benar lembab, tapi hati-hati jangan sampai memenuhinya dengan air, terutama di musim dingin.

4 of 6

Sirih

6 Tanaman Penolak Kekuatan Jahat
Daun sirih sejak dahulu kala dikenal sebagai media pengobatan akibat gangguan makhluk halus. Menurut ahli spiritual, pohon sirih bila ditanam dipekarangan rumah juga bisa memberikan pengaruh positif dan bisa menetralisir serangan ilmu hitam. (Istimewa)

Tanaman daun sirih adalah tanaman aksen yang indah dan sederhana untuk setiap ruangan. Selain penampilannya yang luar biasa, ia memiliki kemampuan yang kuat untuk menyerap gelombang elektromagnetik. Ini karena daun sirih memiliki sifat pembilasan hidroksil dan superoksida, dapat digunakan untuk menghilangkan komponen radioaktif ini dari udara.

Selain itu, ia menyerap gas-gas berbahaya, artinya udara di rumah atau kantor akan bersih dan jernih, membuat Anda lebih mudah bernapas. Tanaman daun sirih serba guna dan dapat ditanam di taman, di balkon, atau di wadah di dalam rumah.

Jika Anda ingin memanfaatkan sepenuhnya properti radioprotektifnya, Anda bisa menaruhnya di dekat perangkat yang memancarkan radiasi terbanyak.

Tanaman daun sirih sedikit lebih sulit dipelihara, karena membutuhkan penyiraman secara teratur. Anda harus memeriksa tanah setiap hari. Jika mengering, siram sepenuhnya dan periksa lagi dalam beberapa menit untuk memastikan itu tidak semua diserap.

5 of 6

Sukulen

sukulen
sukulen (sumber: iStockphoto)

Sukulen juga hebat dalam menyerap radiasi. Sukulen berukuran kecil dan dapat disimpan di meja tepat di sebelah komputer Anda, menjadikannya sebagai dekorasi fungsional yang luar biasa. Sukulen membutuhkan cahaya yang sangat sedikit dan bahkan lebih sedikit air, sehingga bisa bertahan hidup di mana pun Anda meletakkannya selama ada sinar matahari minimal setiap hari.

Selain sebagai tanaman yang indah, Sukulen memiliki kemampuan pemurnian udara yang kuat. Ia juga dipercaya efektif menyerap racun seperti radiasi EMF. Anda hanya perlu menyiraminya setiap 2 atau 3 hari. Cukup periksa untuk memastikan ada sedikit kelembaban, dan jika tidak, berikan sedikit air.

6 of 6

Lidah buaya

Ilustrasi
Ilustrasi lidah buaya. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Lidah buaya telah lama digunakan untuk banyak keperluan pengobatan. Menariknya tanaman satu ini juga mampu menyerap radiasi tingkat tinggi. Seperti banyak tanaman sehat lainnya, tanaman Aloe Vera juga membersihkan udara Anda secara menyeluruh, menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

Karena sifat radioprotektifnya, Anda harus menempatkan tanaman lidah buaya dalam garis lurus dari perangkat elektronik yang memancarkan radiasi. Pastikan tidak menempatkan apa pun di antara keduanya, karena ini akan mengurangi kemampuan tanaman untuk menyerap radiasi.

Memiliki beberapa tanaman Lidah Buaya di seluruh rumah adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari radiasi dan menjaga udara Anda tetap bersih dan segar.

Lanjutkan Membaca ↓