Momen Haru Pertemuan Habibie dan SBY Saat Ziarah di Makam Istri

Oleh Heri Setiawan pada 25 Jun 2019, 19:30 WIB
Momen Haru Pertemuan Habibie dan SBY Saat Ziarah di Makam Istri

Liputan6.com, Jakarta Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie hari ini, Selasa (25/6/2019) merayakan ulang tahunnya yang ke-83. Di hari ulang tahunnya, Habibie mendapatkan kado berupa pembukaan Habibie Institute for Public Policy and Governance (HIPPG) yang berkolaborasi dengan The Habibie Center dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FA UI).

Sehari sebelum merayakan ulang tahunnya, Habibie berkunjung ke makam sang istri Ainun di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Di usia ke-83 tahun ini kurang lebih sudah 9 tahun lamanya Habibie ditinggal oleh sang istri yang meninggal pada tahun 2010 lalu.

Namun, ada momen haru yang terjadi saat Habibie berkunjung ke makam sang istri di Kalibata. Saat berziarah, Habibie bertemu dengan Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarganya yang juga sedang berkunjung ke makam ibu Ani Yudhoyono.

Momen pertemuan antara Habibie dan SBY ziarah ke makam istri masing-masing Mantan Presiden inipun viral di media sosial. Berikut Liputan6.com rangkum momen haru pertemuan Habibie dan SBY saat ziarah ke makam istri di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa (25/6/2019).

2 of 3

Momen Haru Pertemuan Habibie dan SBY Saat Ziarah

 

Presiden Republik Indonesia ke-3 dan ke-6 ini masih tetap menunjukkan rasa sayang dan cinta mereka meski telah ditinggal oleh pendamping hidup untuk selamanya. Baru baru ini, momen saat mantan Presiden Indonesia itu saat mengunjungi peristirahatan terakhir istri viral di media sosial.

Momen ini diunggah oleh Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief lewat foto yang diunggah ke Twitter, Senin (24/6/2019). Pertemuan SBY dengan Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata disebut terjadi secara tidak sengaja. Untuk diketahui, Ani Yudhoyono memang dimakamkan berdekatan dengan lokasi makam istri BJ Habibie, Ainun Habibie.

Pada momen tersebut terlihat Habibie dan SBY saling bertegur sapa saat bertemu di tempat ziarah. Nampak SBY sedang menahan sendu saat menggenggam tangan Habibie. Pada momen masih tergambar jelas bagaimana hancurnya hati mereka saat ditinggal oleh orang yang paling mereka cintai.

3 of 3

Publik Ikut Haru Melihat Momen Ini

Momen pertemuan antara Habibie dan SBY di Taman Makam Pahlawan Kalibata inipun mendapat reaksi dari publik. Netizenpun ikut haru melihat bagaimana kesetiaan kedua sosok ini setelah ditinggal pergi oleh istri mereka. 

Habibie dan SBY membuktikan bagaimana sejatinya cinta mereka dengan mendiang sang istri.

“Teriring doa semoga kedua almarhumah diberi kelapangan dan cahaya di alam kuburnya ... Dan yang di dunia diberi kekuatan ... Aamiin,” kata akun @AbahZae.

“Kalibata menjadi saksi,“ ujar akun @ESaefulabdillah.

Lanjutkan Membaca ↓