Intip Keindahan Pulau Sommaroy, Matahari Bersinar 69 Hari Tanpa Tenggelam

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 25 Jun 2019, 19:20 WIB
Diperbarui 25 Jun 2019, 20:17 WIB
Pulau Sommaroy

Liputan6.com, Jakarta Pernah mendengar perbedaan waktu di setiap negara? Perbedaan waktu ternyata terjadi akibat dunia ini berputar sehingga tidak memungkinkan untuk bisa memiliki persamaan waktu. 

Sebagai contoh, apabila di Indonesia sudah memasuki hari Senin pagi, maka di Amerika mungkin masih hari minggu malam. Zona waktu di dunia ini dihitung berdasarkan letak geografis suatu negara.

Berdasarkan letak geografis tersebut, bisa saja sebuah negara mempunyai waktu yang lebih awal atau lebih cepat dari GMT (Greenwich Meredian Time) ataupun lebih lambat sebelum GMT.

Pernah mendengar tempat di bumi ini tidak memiliki zona waktu? Pasti mustalil jika suatu tempat di bumi ini tidak memiliki zona waktu karena bumi selalu berputar.

Tapi jangan salah ternyata memang ada daerah di bumi ini yang bebas zona waktu dunia. Kira-kira kenapa dan dimana ya? Tempat tersebut adalah pulau Sommaroy di Norwegia ini akan jadi yang pertama berlakukan zona bebas waktu, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Guardian, Selasa (25/6/2019).

2 of 7

Matahari tidak terbit saat musim dingin. Ketika musim panas, matahari bersinar selama 69 hari tanpa pernah tenggelam.

Pulau yang terletak di sisi barat Kota Tromso akan jadi yang pertama menerapkan konsep zona bebas waktu atau time-free zone. Hal ini dikarenakan penduduk pulau Sommaroy yang sering mengalami peristiwa unik. Menurut penduduk pulau, waktu dalam pemahaman tradisionalnya nyaris tidak berarti di sana.

Hal ini dikarenakan, di pulau mereka, matahari tidak terbit saat musim dingin. Sedangkan ketika musim panas, matahari terus bersinar selama 69 hari tanpa pernah tenggelam. Di pulau ini matahari tidak terbit dari November hingga Januari. Selain rentang bulan tersebut, penduduk Sommaroy akan merasakan siang.

Jadi selama ini, waktu konvensional hampir diabaikan warga Sommaroy. Dilihat dari lokasinya yang sangat dekat dengan Kutub Utara, Pulau Sommaroy memang memiliki keunikan geografi yang membuatnya berbeda.

Sekarang, rencana ini masih dalam bentuk petisi. Kjell Hveding, salah satu penduduk dan penghuni pulau, menjadi pemimpin pengajuan petisi itu. Jika petisi dikabulkan, maka pulau itu menjadi tempat pertama di Bumi yang tidak memiliki zona waktu.

Berikut keindahan pulau Sommaroy yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019).

3 of 7

1. Sebagai daerah yang terletak di lingkar Arktik, penduduk Sommaroy mengalami matahari yang tidak terbenam di musim panas dan kegelapan total di musim dingin.

Pulau Sommaroy
Pulau Sommaroy (sumber: wikipedia)
4 of 7

2. Meski menerapkan bebas zona waktu ini bukan berarti orang-orang di Sommaroy lantas tak perlu sekolah dan bekerja.

Pulau Sommaroy
Pulau Sommaroy (sumber: wikipedia)
5 of 7

3. Walaupun belum benar-benar dihapus pemerintah, warga pulau Sommaroy sudah menerapkannya cukup lama.

Pulau Sommaroy
Pulau Sommaroy (sumber: wikipedia)
6 of 7

4. Apabila resmi disahkan, nantinya warga akan membuat akses masuk ke Pulau Sommaray yang ditandai dengan jembatan berisi jam. Menandakan bahwa traveler akan masuk ke pulau di mana tak ada waktu.

Pulau Sommaroy
Pulau Sommaroy (sumber: wikipedia)
7 of 7

5. Sejauh ini, kota-kota lain yang terletak di lingkar Arktik seperti Finnmark dan Nordland pun diketahui mendukung inisiatif warga Sommaray tersebut.

Pulau Sommaroy
Pulau Sommaroy (sumber: wikipedia)
Lanjutkan Membaca ↓