Video Kocak Kucing Ketakutan Dikejar Tikus, Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya

Oleh Novita Ayuningtyas pada 25 Jun 2019, 17:35 WIB
Ilustrasi Kucing

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti masih ingat dengan film yang bercerita mengenai kucing dan tikus. Dalam film kartun berjudul Tom and Jerry tersebut bercerita bagaimana sang tikus yang bernama Jerry tak takut pada kucing yang bernama Tom. Bahkan keduanya kerap kali saling kejar-kejaran yang dalam beberapa adegan film tersebut.

Rupanya tikus yang tak memiliki rasa takut terhadap kucing benar-benar ada. Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan kelakuan kucing dan juga tikus yang saling mengejar. Namun uniknya, hewan yang mengejar ialah tikus dan yang dikejar adalah kucing.

Kontan saja video tersebut menjadi viral di media sosial. Bahkan tak sedikit pula terheran-heran melihat tingkah dari kucing yang nampak ketakutan saat berhadapan dengan seekor tikus. Video yang diunggah oleh akun Twitter @NOTASLIMBOY pada Kamis (20/6/2019) lalu pun menjadi perbincangan netizen.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @NOTASLIMBOY, Selasa (25/6/2019) video tikus mengejar kucing itu pun telah mendapatkan like hampir 8 ribu kali. Sedangkan telah di-retweet sebanyak lebih dari 9 ribu kali.

2 of 4

Tingkah kucing bikin geleng kepala

 

Jika melihat seekor kucing yang sangat gesit menangkap tikus mungkin biasa. Namun, melihat kucing yang justru ketakutan saat didekati oleh tikus mungkin saja merupakan hal yang baru.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @NOTASLIMBOY tersebut memperlihatkan seekor tikus berwarna oranye dan putih yang terlihat ketakutan saat dikejar oleh tikus. Bahkan seolah ingin mengerjai sang kucing, tikus tersebut justru terus mengejar mendekati sang kucing.

Video yang telah ditonton lebih dari 3,5 juta tersebut tentu saja membuat banyak netizen yang senyum sendiri sambil geleng-geleng kepala. Apalagi tingkah laku kucing tersebut juga terlihat menggemaskan saat menghindari sang kucing.

3 of 4

Reaksi netizen

Tentu saja video yang viral di media sosial tersebut berhasil menyita perhatian netizen. Tak sedikit yang memberikan komentar mengenai tingkah laku kucing yang terlihat ketakutan dan menghindar dari tikus tersebut.

"Tom and jerry dalam kehidupan nyata," tulis akun @adammirza96.

"Kasiann kochengnya :(" ujar akun @sebiruhatikuu.

"Ini nih doraemon di ke hidupan nyata, cuma beda warna aja hahaha," tulis akun @duckindonutt.

4 of 4

Ada penjelasan ilmiah

Rupanya reaksi kucing yang justru takut terhadap tikus merupakan hal yang wajar. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019) ada penelitian yang menulis dalam sebuah jurnal Plos One di mana adanya parasit tunggal Toxoplasma gondii yang menyebabkan rasa takut tikus terhadap kucing. Pada penelitian tersebut juga disebutkan jika infeksi parasit tersebutlah yang membuat perubahan permanen yang ada di otak tikus.

Bahkan sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas California mengenai reaksi tikus terhadap urine kucing. Nyatanya tikus yang telah terinfeksi Toxoplasma gondii justru tetap berjalan melwati urine kucing. Sedangkan pada tikus yang tak terinveksi parasit tersebut, mereka akan menghindari daerah tritori yang ditandai dengan urine kucing tersebut.

Infeksi dari parasit tersebut juga bisa tertular ke manusia. Efek dari parasit tersebut berdampak pada daya tahan tubuh. Selain itu, parasit Toxoplasma gondii juga bisa menyebabkan komplikasi pada wanita yang tengah hamil. Jadi ada baiknya untuk menghindari tikus-tikus tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓