Cara Membuat Bibimbap, Rasakan Sensasi Nasi Campur ala Korea di Rumah

Oleh Nisa Mutia Sari pada 25 Jun 2019, 10:55 WIB
Diperbarui 25 Jun 2019, 10:55 WIB
Cara Membuat Bibimbap
Perbesar
Bibimbap (Sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bibimbap merupakan masakan khas Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya. Bibimbap ini kerap disebut dengan nasi campurnya Korea. Layaknya nasi campur pada umumnya, bibimbap juga berisikan nasi putih yang diberi topping berupa sayuran, daging, telur, dan saus gochujang yang pedas. Makanan ini kerap disajikan dalam mangkuk, dimana pelengkap nasi ditata rapi dan menarik.

Di Indonesia sendiri bibimbap sudah banyak tersedia di aneka tempat makan yang khusus menyediakan masakan khas Korea. Jadi bila kamu ingin menikmati sajian bibimbap ini bisa mengunjungi salah satu gerai rumah makan yang menyediakan masakan khas Korea.

Namun bila kamu tak ingin membelinya di luar, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Ya, untuk cara membuat bibimbap sendiri juga sangat mudah, akan tetapi bahannya tidak mudah didapatkan. Namun tak perlu khawatir, untuk membuat bibimbap ini kamu bisa menggunakan bahan apa saja yang kamu miliki di dapur.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (25/6/2019) telah merangkum beberapa cara membuat bibimbap yang bisa diparaktikkan di rumah. Kalau sudah mengetahui cara membuat bibimbap ini sendiri di rumah, kamu bisa sepuasnya untuk membuatnya kapan saja sambil ditemani drama Korea, biar semakin afdol.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan Cara Membuat Bibimbap

Cara Membuat Bibimbap
Perbesar
Bibimbap (Sumber: iStockphoto)

- 150 gram nasi putih.

- 20 gram daging sapi (bisa diganti dengan daging ayam).

- 100 gram zukini yang telah dipotong membentuk persegi panjang (sayuran sejeni labu yang masih belum matang dan berukuran kecil). Bila tidak menemukan zukini, kamu bisa menggantinya dengan mentimun jepang, timun lokal atau labu siam.

- 20 gram wortel yang sudah dipotong menyerupai batang korek api.

- 20 gram tauge.

- 10 gram gosari.

- 10 gram doraji.

- 2 buah jamur shitake.

- 1 butir telur ayam.

- 1 ½ sdt gula pasir.

- ½ sdt kecap asin.

- ½ sdt kecap manis.

- ½ sdt bawang putih yang telah dihaluskan.

- 1 butir bawang Bombay.

- 2 ½ sdt minyak wijen.

- 2 sdt saus gochujang.

- 1 sdm air.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bibimbap

Cara Membuat Bibimbap
Perbesar
Bibimbap / Sumber: iStockphoto

- Cara membuat bibimbap yang pertama adalah dengan merebus tauge dan dosari satu per satu pada air yang mendidih hingga menjadi layu. Setelah itu tiriskan dan beri minyak wijen serta sedikit garam.

- Selanjutnya tumis semua sayuran seperti zukini, wortel, gosari, dan jamu shitake yang telah dipotong satu per satu dengan menggunakan minyak sayur dan minyak wijen. Ketika menumis jamur, kamu perlu menambhakan sedikit gula pasir dan kecap manis.

- Cara membuat bibimbap berikutnya adalah bumbui daging sapi atau daging ayam yang sudah dipotong dengan menggunakan ½ sdt kecap asin, ½ sdt gula pasir, dan ½ sdt minyak wijen dan digoreng. Tingkat kematangan dapat disesuaikan dengan selera.

- Topping terakhir yang perlu dipersiapkan adalah membuat telur mata sapi setengah matang. Bila kamu tidak menyukainya, bisa dibuat menjadi matang secara keseluruhan.

- Langkah terakhir, sebelum penyajian adalah membuat sausnya. Ya, bibimbap tidak lengkap rasanya bila tidak dimakan dengan sausnya yang khas.

- Cara membuat bibimbap selanjutnya adalah dengan membuat saus. Masukkan air, saus gochujang, bawang putih, bawang Bombay, dan minyak wijen sampai harum dan mendidih.

- Setelah semua bahan matang, mulailah untuk menyusunnya. Masukkan nasi terlebih dahulu di tengah-tengah mangkok. Setelah itu, letakkan semua topping yang sudah disiapkan di atas nasi secara teratur. Letakkan telur paling atas tepat di bagian tengahnya dan siramkan saus gochujang di dalamnya.

- Selesai. Bibimbap siap disajikan dan disantap!

4 dari 4 halaman

Tips Cara Membuat Bibimbap

Cara Membuat Bibimbap
Perbesar
Bibimbap / Sumber: iStockphoto

Gunakan Bahan yang Ada

Bibimbap merupakan sajian khas Korea yang berarti nasi campur dengan tumis daging dan aneka sayuran. Oleh karena itu, untuk topping atau aneka campurannya bisa disesuaikan dengan selera dan persediaan yang ada atau yang kamu miliki.

Rebus Sayur Sebentar Saja

Agar warna sayuran tetap cantik, rebus sayuran sebentar saja hingga warnanya berubah menjadi terang. Setelah itu, segera tiriskan dan disiram dengan air dingin untuk menghentikan proses pemasakannya.

Tak Harus Menggunakan Cuka

Cuka yang biasa digunakan untuk membuat saus bibimbap ternyata bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis.

Lanjutkan Membaca ↓