Resmi Mualaf, Ini Nama Baru Deddy Corbuzier yang Diberikan Kyai Ma'ruf Amin

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 22 Jun 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 24 Jun 2019, 14:13 WIB
Deddy Corbuzier

Liputan6.com, Jakarta Nama Deddy Corbuzier beberapa hari ini memang memenuhi media. Hal itu lantaran dirinya yang memutuskan untuk memeluk agama Islam. Prosesi ayah satu anak ini menjadi seorang mualaf pun dilakukan di Pondok Pesantren Gus Miftah di Yogyakarta pada Jumat (21/6/2019).

Setelah membaca dua kalimat syahadat didampingi Gus Miftah di hadapan khalayak, Deddy Corbuzier resmi memeluk agama Islam. Setelah melakukan pembacaan syahadat pada siang hari, Deddy pun langsung kembali ke Jakarta dan berkunjung ke kediaman Kyai Ma'ruf Amin di Menteng, Jakarta Pusat.

Tak butuh waktu lama Deddy langsung meluncur menuju rumah Abah Ma'ruf sapaan akrabnya, ditemani oleh Gus Miftah dan Ustaz Yusuf Mansur. Sesampainya di kediaman Kyai Ma'ruf Amin, Deddy pun melakukan salat maghrib untuk pertama kali dalam hidupnya.

Seperti yang sudah-sudah, jika seseorang menjadi mualaf biasanya akan mengganti nama atau menambahkan nama yang Islami. Hal itu pula lah yang sedang dialami Deddy. Diketahui, Kyai Ma'ruf Amin sudah memberikan pilihan nama Islami untuk dirinya.

Berikut nama baru Deddy Corbuzier yang diberikan oleh Kyai Ma'ruf Amin yang Liputan6.com kutip dari KapanLagi, Sabtu (22/6/2019).

2 dari 4 halaman

Kyai Ma'ruf Amin sambut hangat Deddy Corbuzier dan rombongan

Resmi Mualaf, Ini Nama Baru Deddy Corbuzier yang Diberikan oleh Ma'ruf Amin
Deddy Corbuzier dan Ma'ruf Amin (Sumber: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Kyai Ma'ruf Amin pun menyambut baik kehadiran rombongan Deddy Corbuzier. Dirinya juga mensyukuri hidayah yang baru saja terjadi oleh seorang mentalist dan pembawa acara berkepala pelontos tersebut.

Mengutip dari KapanLagi, Kiyai Ma'ruf Amin menyampaikan,

"Saya merasakan rahmat Allah turun, telah diberikan hidayah teman kita Deddy Corbuzier. Ini benar-benar harus kita syukuri, Alhamdulillah. Karena hidayah dari Allah. Nggak ada orang masuk Islam sendiri, namanya hidayah dapat iman dan itu hak perogratif Allah," ucap Abah di kediamannya kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

"Nabi pernah minta hidayah sama Allah, kamu enggak bisa memberikan hidayah tapi Allah memberikan hidayah yang dikehendaki Allah. Semoga hidayah ini ditetapkan sama Allah. Tidak ada nikmat yang luar biasa kecuali hidayah, jangan sampai hilang," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Deddy Corbuzier sampaikan ingin jadi muslim yang baik

Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier saat bertamu ke kediaman Ma'ruf Amin yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019). (Sapto Purnomo)

Ayah dari Azka ini juga berharap bisa menjadi seorang muslim yang baik. Terlebih lagi, ia bisa memberikan warna baru dan menebar manfaat yang baik bagi orang banyak.

"Mudah-mudahan saya masuk islam saya bisa memberikan warna baru, kisah baru, dan bisa berguna bagi masyarakat. Saya bilang sama Gus Miftah saya cinta Indonesia, orang Islam sangat menghargai keberagaman," ujar Deddy.

Diketahui sebelumnya bahwa Deddy Corbuzier ketika menjadi muslim akan menjadi pembela kaum marjinal sebagai misinya.

4 dari 4 halaman

Dua nama yang diberikan Ma'ruf Amin untuk Deddy Corbuzier

Lantas di penghujung pertemuan, Abah Ma'ruf pun memberikan nama Islam kepada Deddy Corbuzier karena dirinya telah menjadi seorang mualaf. Ia memberikan dua nama Islam yang tidak harus mengubah nama seorang Deddy Corbuzier dan dapat dipilih salah satu.

"Kalau nggak Ahmad ya Muhammad. Pilih mana yang enak. Namanya nggak usah diubah, tambahin saja," ujar Abah Ma'ruf Amin.

Lalu pria bertubuh kekar itu pun langsung tersenyum dan memberikan respons, sayangnya ia tidak langsung menentukan pilihannya. "Oh dikasih pilihan hehehe."

Lanjutkan Membaca ↓