Sukses

Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi, Banyak Dataran Tinggi yang Memesona

Indahnya pemandangan di wisata Dieng Wonosobo sayang buat dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Bila kamu saat ini sedang berada di daerah Jawa dan memiliki keinginan untuk berwisata alam, sangat disarankan untuk menikmati indahnya wisata Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng yang merupakan kawasan dataran tinggi ini menjadi salah satu bagian dari pegunungan vulkanik aktif yang ada di pulau Jawa.

Dataran yang memiliki ketinggian 2.000 mdpl ini mencakup Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Letaknya yang berada di ketinggian ini membuat kawasan ini memiliki pemandangan indah juga dingin. Pada hari-hari biasa suhu di kawasan ini berkisar 11-18 derajat celsius. Sedangkan pada musim tertentu, suhu bisa mencapai titik beku 0 derajat celcius dan juga -1 derajat celcius. Maka tak heran, kalau di sini bisa ditemui hamparan salju.

Dieng Wonosobo menjadi salah satu tempat wisata yang cukup diandalkan oleh pemerintah Jawa Tengah. Maka tak heran kalau banyak objek wisata yang bisa dieksplorasi, baik itu wisata alam hingga wisata budaya. Lokasinya yang cukup strategis yaitu terletak di tengah Pulau Jawa, maka pengunjung dari berbagai kota besar di Pulau Jawa mudah untuk mengakses tempat ini.

Agar tak semakin penasaran dengan wisata Dieng Wonosobo ini, berikut Liputan6.com telah menyuguhkan beberapa tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini beberapa tempat wisata Dieng Wonosobo yang bisa dinikmati, Kamis (20/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng

Hampir seluruh tempat wisata di Dieng bernuansa perbukitan yang indah. Nah, salah satu wisata Dieng Wonosobo yang bisa kamu nikmati dari ketinggian adalah Batu Ratapan Angin. Tempat wisata ini merupakan sebuah tebih yang dekat dengan Telaga Warna. Di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari ketinggian.

Hampir seluruh tempat wisata yang ada di Dieng Wonosobo ini cocok untuk kamu yang menyukai petualangan alam. Salah satunya Batu Ratapan Angin ini. Pasalnya, untuk sampai di tempat ini kamu perlu mendaki bukit yang cukup membuat lelah. Walaupun memerlukan sedikit perjuangan untuk sampai ke atas bukit, kamu bakal menyaksikan panorama alam indah yang tersaji di depan mata.

3 dari 6 halaman

Bukit Sikunir

Kalau kamu ingin menikmati keindahan wisata Dieng Wonosobo dari ketinggin yang dilengkapi dengan matahari terbitnya yang menakjubkan, pilihan tepatnya jatuh pada Bukit Sikunir. Tak perlu diragukan lagi untuk menikmati keindahan alam Dieng Wonosobo dari ketinggian Bukit Sikunir ini. Di sini kamu bisa menikmati semburat kemerahan matahari terbit menjelang pagi hari.

Buat kamu yang ingin ke sini, disarankan untuk berangkat menuju Sikunir ketika subuh agar tidak melewatkan momen yang indah ini. Untuk mencapai ke bukit ini, kamu memerlukan usaha ekstra. Kamu perlu sedikit berjuang untuk menaiki tangga bukit yang cukup tinggi.

Kondisi udara yang dingin dan tanah yang berundak-undak akan sedikit melelahkan, akan tetapi pemandangan yang indah saat tiba di puncak akan menghilangkan semua kelelahanmu. Di Bukit Sikunir ini banyak spot yang bisa kamu jadikan untuk berswafoto dengan latar belakang matahari terbitnya yang indah. Di bagian bawah bukitnya, kamu bisa bebas untuk merasakan berbagai masakan khas Dieng Wonosobo dan berbagai souvenir yang dijual dengan harga terjangkau.

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Akses untuk menuju Bukit Sikunir ini terbilang cukup mudah, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kaki bukit sebelum akhirnya mendaki Bukit Sikunir.

4 dari 6 halaman

Gunung Prau

Wisata Dieng Wonosobo yang bisa kamu coba sambangi selanjutnya adalah Gunung Prau. Selain Batu Ratapan Angin dan Bukit Sikunir yang dijadikan sebagai tempat wisata Dieng Wonosobo untuk menikmati keindahannya dari ketinggian, Gunung Prau juga merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menikmati indahnya Dieng Wonosobo dari ketinggian.

Berbeda dengan Batu Ratapan angina dan Bukit Sikunir yang bisa dijamah hanya dalam beberapa jam saja. Pada Gunung Prau kamu memerlukan banyak tenaga dan waktu hingga akhirnya bisa sampai ke puncak untuk menikmati indahnya pemandangan Dieng Wonosobo yang berada di ketinggian 2.565 mdpl.

Saat kamu berada di puncak Gunung Prau, kamu bakal disuguhkan dengan pamandangan alam yang sangat indah. Dari sana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Gunung Prau ini adalah menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Ya, dari puncak gunung ini, kamu bisa menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan ini bisa kamu dapatkan bila beruntung mendapatkan cuaca yang cerah.

5 dari 6 halaman

Telaga Merdada

Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah telaga Merdada. Telaga ini merupakan telaga yang paling luas di Dieng. Telaga Merdada yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki luas mencapai 21 hektar. Wisata Dieng Wonosobo ini tampak seperti sebuah kaldera bekas letusan dari gunung api yang kemudian berisikan air. Ini bisa kelihatan bila kamu melihatnya dari ketinggian.

Selain itu, pemandangan yang ditawarkan oleh telaga ini sangat indah, karena berada di antara dua buah bukit terjal yaitu Pangonan dan Sumurup. Menariknya, di sekitar danau banyak ditemukan lahan-lahan berundak tempat pertanian kentang sehingga menambah eksotisme Telaga Merdada ini.

Tempat wisata ini sangat pas bagi kamu yang ingin merasakan kawasan sepi pengunjung ketika berada di Dieng karena tempat ini masih jarang diketahui. Selain itu lingkungan dan penduduk yang berada di sekitar objek wisata Telaga Merdada juga ramah.

6 dari 6 halaman

Kawah Sikidang

Sedikit berada di bukit, Kawah sikidang merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Dieng Wonosobo. Letak kawah belerang ini tidak terlalu jauh dari Bukit Sikunir, sehingga setelah melihat golden matahari terbit yang memesona, tidak ada salahnya kamu melihat kawah panas dengan bau belerang yang menyengat.

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meskipun begitu, akses yang lebih cepat dan mudah untuk menuju kawah ini adalah dari Wonosobo. Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini, kamu juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini