Biasa Buat Produk Kecantikan, Ini 5 Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit

Oleh Nisa Mutia Sari pada 20 Jun 2019, 21:15 WIB
Diperbarui 20 Jun 2019, 22:17 WIB
Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Kini di pasaran banyak yang menyediakan berbagai macam produk kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara ini dilakukan karena bahan alami kerap dipercaya dapat memberikan perawatan tubuh yang aman. Produk kecantikan dengan kandungan bahan dasar alami juga lebih cocok digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kulit yang sehat secara aman.

Salah satu penggunaan bahan alami yang kini banyak digunakan untuk produk perawatan kulit adalah buah aprikot. Aprikot menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin memiliki kulit wajah yang sehat.

Beberapa produk perawatan kulit yang menggunakan buah aprikot ini seperti sabun mandi, sabun pembersih wajah, dan lain sebaginya. Kamu bisa memiliki produk perawatan dengan kandungan scrub alami dari biji aprikot untuk mendapatkan manfaat kesehatan kulit.

Produk perawatan kulit yang mengandung butiran scrub alami dari biji aprikot ini dipercaya mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori untuk kebersihan kulit secara menyeluruh dan mencegah kulit kusam. Maka manfaat aprikot untuk merawat kulit ini sudah tidak diragukan lagi, bukan?

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (20/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat aprikot untuk perawatan kulit wajah.

2 dari 6 halaman

Melembabkan Kulit

Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit
Melembabkan Kulit / Sumber: iStockphoto

Kulit kering menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh orang di Indonesia. Bila saat ini kamu sedang mengalami kondisi ini, maka penggunaan pelembab menjadi salah satu cara ampuh agar kulit terasa lembab.

Selain menggunakan pelembab pada wajah, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit dengan produk berbahan aprikot. Soalnya, buah aprikot ini diketahui kaya akan kandungan asam lemak dan vitamin A yang baik untuk melembapkan kulit kering dan menjadikannya tampak sehat.

3 dari 6 halaman

Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit
Mengatasi Masalah Kulit / Sumber: iStockphoto

Buah aprikot dikenal sebagai antioksidan yang baik karena memiliki vitamin A dan vitamin C. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk meredakan iritasi dan masalah kulit. Selain itu, buah aprikot juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa diandalkan untuk meredakan peradangan pada kulit.

4 dari 6 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit
Penuaan Dini

Buah aprikot kaya akan kandungan antioksidan yang mampu memberikan perlindungan untuk kulit terhadap radikal bebas dan paparan sinar matahari yang menjadi penyebab utama munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

Sumber antioksidan dari buah aprikot ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan flavonoid yang dapat menutrisi serta meremajakan kulit wajah. Ada juga kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu menjaga elastisitas kulit. Hasilnya, kerutan halus yang mulai muncul di kulit pun dapat berkurang.

5 dari 6 halaman

Mencerahkan Wajah

Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit
Wajah Cerah ┬ęShutterstock

Kandungan vitamin C dari buah aprikot ini juga dapat membantu kamu untuk menyamarkan noda bekas jerawat, flek hitam, dan hiperpigmentasi. Selain itu, aprikot juga dipercaya untuk membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori, mengangkat sel kulit mati, membantu proses regenerasi sel kulit, dan juga membuat kulit wajah menjadi tampak lebih cerah.

Sel kulit mati yang membuat kulit kusam, dapat dihilangkan dengan scrub yang terbuat dari aprikot. Apabila digunakan secara rutin, scrub aprikot ini bisa membuat kulit kamu tampak lebih cerah, terasa halus, dan sehat.

6 dari 6 halaman

Menghilangkan Komedo

Manfaat Aprikot untuk Perawatan Kulit
Komedo / Sumber: iStockphoto

Selain jerawat, komedo kerap menjadi musuh utama kulit wajah. Hal ini disebabkan adanya minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa produk perawatan kulit yang mengandung buah aprikot.

Ya, kamu bisa memilih face scrub untuk bantu membersihkan minyak berlebihan, kotoran, serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kulit pun menjadi bersih dan lembut.

Lanjutkan Membaca ↓