Sukses

6 Cara Mencegah Penumpukan Plak yang Menyebabkan Karang Gigi

Sangat penting mencegah terjadinya penumpukan plak yang menyebabkan karang gigi.

Liputan6.com, Jakarta Karang gigi merupakan permasalahan gigi yang hampir setiap orang mengalaminya. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan dan bahkan bisa menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut lainnya.

Pada dasarnya, karang gigi terbentuk disebabkan karena penumpukan plak gigi yang mengeras dan melapisi bagian-bagian gigi. Plak yang terbentuk karena sisa makanan yang bercampur dengan bakteri di dalam mulut dapat menyebabkan kerusakan gigi permanen.

Oleh karena itu, sangat penting mencegah terjadinya penumpukan plak yang menyebabkan karang gigi agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Dengan mencegah penumpukan plak, maka kamu juga dapat mencegah terjadinya efek serius penyebab karang gigi.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara mencegah penumpukan plak yang menyebabkan karang gigi dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Cara Mencegah Penumpukan Plak

Kamu bisa mengendalikan penumpukan plak yang menjadi penyebab karang gigi. Walaupun plak terjadi secara alami, kamu bisa mencegah terbentuknya karang gigi dengan mengendalikan penumpukan olak dengan beberapa cara ini:

1. Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi secara teratur disini maksudnya adalah menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit dengan teknik atau cara yang benar. Dalam menyikat gigi tentunya tidak bisa sembarangan saja. Kamu harus memastikan semua area di sela-sela gigi dan mulut terjangkau. Disarankan juga untuk menggunakan bulu sikat gigi yang lembut dan kecil.

Menggunakan sikat gigi elektronik lebih efektif dalam mencegah penumpukan plak daripada sikat gigi manual. Sebaiknya periksa terlebih dahulu sikat gigi yang kamu gunakan, apakah sudah mendapat persetujuan dokter atau belum. Dengan begitu setidaknya kamu sudah tidak khawatir lagi dengan kualitas dan keamanan sikat gigi.

Selain sikat gigi, pemilihan pasta gigi juga wajib diperhatikan. Pilih pasta gigi dengan fluoride yang dapat mengendalikan karang gigi. Fluoride akan membantu memperbaiki kerusakan pada enamel yang mungkin telah terjadi.

Beberapa formula juga mengandung triclosan yang merupakan antibiotik untuk melawan bakteri dalam plak. Pasta gigi yang mengandung pirofosfat dapat membantu mencegah plak yang mengeras menjadi karang gigi.

2. Obat kumur

Penggunaan obat kumur sangat penting perannya dalam mencegah penumpukan plak penyebab karang gigi. Obat kumur antiseptik dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan plak.

3 dari 4 halaman

6 Cara Mencegah Penumpukan Plak

3. Menggunakan benang gigi

Penggunaan benang gigi masih menjadi hal yang disepelekan banyak orang. Padahal tidak peduli seberapa rajin kamu menyikat gigi, hanya penggunaan benang gigi setiap hari yang bisa menghilangkan plak gigi dan mencegah pembentukan karang gigi di daerah yang sulit dijangkau. Namun, kamu harus menggunakan benang gigi dengan benar agar tidak melukai gusi.

4. Hindari merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab timbulnya karang gigi sesorang. Orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya cenderung memiliki karang gigi di bawah gusi mereka.

4 dari 4 halaman

6 Cara Mencegah Penumpukan Plak

5. Mengatur makanan

Salah satu faktor penting dalam pencegahan menumpuknya plak yang menyebabkan karang gigi adalah mengatur makanan. Bakteri di mulut berkembang karena konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat. Saat mengonsumsi makanan dengan kandungan zat tersebut, bakteri akan melepaskan asam yang dapat merusak gigi dan menjadi penyebab karang gigi terbentuk.

Bagi kamu yang sering mengonsumsi cokelat ataupun permen yang mengandung gula, sebaiknya batasi jumlahnya dan pilih makanan yang sehat. Selain itu, hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab munculnya karang gigi seperti buah kering, roti, keripik kentang, minuman es, minuman beralkohol serta soda.

6. Minum air putih

Sebagai cara mencegah penumpukan plak penyebab karang gigi, mengatur makanan bisa dilengkapi dengan minum air putih yang banyak. Minum banyak air selama makan dan setelah makan juga dapat membantu meminimalkan pembentukan plak.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini