7 Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Disadari, Tak Cuma Mengenyangkan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 17 Jun 2019, 20:05 WIB
Ubi jalar

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ubi jalar ternyata dapat mendukung kesehatan tubuh seseorang. Anda pasti kerap menemukan makanan berbahan ubi jalar seperti kue, camilan, atau bahkan minuman. Rasanya yang manis membuat ubi jalar lezat untuk dinikmati dalam berbagai olahan.

Ubi jalar masuk dalam kategori sayuran akar manis bertepung yang dapat ditemui di seluruh dunia. Ubi jalar hadir dalam berbagai ukuran dan warna termasuk oranye, putih, dan ungu. Manfaat ubi jalar kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Manfaat ubi jalar juga telah terbukti mendukung kesehatan tubuh.

Ubi jalar memberikan sejumlah manfaat kesehatan dan mudah ditambahkan ke makanan Anda. Mereka juga tinggi antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan penyakit kronis. Manfaat ubi jalar dinilai mampu menyehatkan pencernaan hingga pengeliahatan.

Bagi Anda penikmat ubi jalar, tak lengkap jika tidak mengetahui manfaat ubi jalar. Berikut manfaat ubi jalar bagi kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/6/2019). Manfaat ubi jalar ini juga sudah terbukti dalam berbagai penelitian terpercaya.

2 of 8

Sehatkan pencernaan

Manfaat Kacang Polong
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Ubi jalar adalah sumber serat yang sangat baik, terutama saat Anda memakan kulitnya. Serat penting untuk kesehatan pencernaan Anda, mencegah sembelit dan penyakit serius, seperti kanker usus besar. Ubi jalar mengandung dua jenis serat: larut dan tidak larut. Beberapa jenis serat larut yang dikenal sebagai serat kental menyerap air dan melunakkan feses.

Beberapa serat larut dan tidak larut juga dapat difermentasi oleh bakteri di usus besar, menciptakan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek yang bahan bakar sel-sel lapisan usus Anda dan menjaga mereka tetap sehat dan kuat.

Makanan kaya serat yang mengandung 20-33 gram per hari telah dikaitkan dengan risiko kanker usus yang lebih rendah dan pergerakan usus yang lebih teratur. Studi tabung telah menemukan bahwa antioksidan dalam ubi ungu membantu pertumbuhan bakteri usus yang sehat, termasuk spesies Bifidobacterium dan Lactobacillus tertentu.

Jumlah yang lebih besar dari jenis-jenis bakteri dalam usus dikaitkan dengan kesehatan usus yang lebih baik dan risiko lebih rendah dari kondisi seperti sindrom iritasi usus besar dan diare.

3 of 8

Sehatkan pengelihatan

Mata
Ilustrasi lensa kontak. (unsplash.com/amandadalbjorn)

Manfaat ubi jalar mengandung beberapa nutrisi yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata dan penglihatan. Beberapa yang paling kuat adalah karotenoid. Mereka termasuk alpha-carotene, beta-carotene, lutein, dan zeaxanthin.

Faktanya, satu cangkir (200 gram) ubi jalar panggang dengan kulit memberikan lebih dari tujuh kali jumlah beta-karoten yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa per hari.

Beta-karoten dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh dan digunakan untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata. Kekurangan vitamin A yang parah merupakan masalah di negara-negara berkembang dan dapat menyebabkan jenis kebutaan khusus yang dikenal sebagai xerophthalmia. Mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten, seperti ubi berdaging oranye, dapat membantu mencegah kondisi ini.

Ubi jalar ungu juga memiliki manfaat terhadap penglihatan. Studi-studi tabung menemukan bahwa anthocyanin yang mereka sediakan dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin signifikan bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

4 of 8

Tingkatkan kesehatan otak

Ilustrasi Kanker Otak
Ilustrasi Kanker Otak (sumber: iStockphoto)

Ubi jalar juga mengandung senyawa yang membantu fungsi otak termasuk kolin dan mangan. Kolin adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, serta sintesis neurotransmitter asetilkolin yang mengirimkan pesan antar sel.

Mangan juga penting untuk kesehatan otak. Ini mengikat neurotransmiter dan membantu menggerakkan impuls listrik melalui tubuh Anda lebih cepat. Anda dapat menemukan 43% dari nilai harian mangan dalam satu cangkir ubi jalar panggang.

5 of 8

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

[Bintang] Manfaat puasa
kekebalan tubuh meningkat. (sumber foto: reenworldstore.net)

Ubi jalar kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas di tubuh. Satu cangkir ubi jalar panggang mengandung 52% dari nilai harian untuk vitamin C, yang penting untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

Vitamin A dalam ubi jalar juga membantu tubuh membuat sel-sel kekebalan yang mencegah infeksi dan penyakit dan memiliki efek anti tumor. Vitamin A juga penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat, terutama di lapisan usus.

Usus adalah tempat tubuh terpapar banyak patogen penyebab penyakit. Karena itu, usus yang sehat adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang sehat.

6 of 8

Menstabilkan Gula Darah

2. Penyakit Diabetes
Gula Darah (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Serat dan karbohidrat kompleks dalam manfaat ubi jalar dapat membantu menjaga gula darah stabil. Ini membuat Anda dapat merasa kenyang lebih lama. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Diabetes Care berhasil menggunakan Caiapo, ekstrak dari ubi putih, untuk secara alami mengurangi dan mengelola glukosa darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

30 peserta yang diberi 4 gram Caiapo setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan HbA (1c) (naik dari 7,21 menjadi 6,68), glukosa darah puasa (143,7 vs 128,5), dan glukosa darah dua jam (193,3 vs.162.8).

7 of 8

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Ilustrasi jantung (iStock)
Jika keluarga memiliki riwayat penyakit jantung, perlu memperhatikan beberapa hal. (iStock)

Kandungan serat yang tinggi dari ubi jalar dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk), membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Manfaat ubi jalar juga tinggi kalium, yang bekerja seimbang dengan natrium dalam tubuh untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Mereka juga mengandung tembaga, logam penting untuk membuat sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung. Tingkat tembaga yang rendah telah dikaitkan dengan homocysteine, tekanan darah, dan kadar kolesterol LDL yang sangat berbahaya.

8 of 8

Membantu Memerangi Kanker

Ilustrasi ubi jalar (iStock)
Ilustrasi ubi jalar (iStock)

Manfaat ubi jalar adalah sumber yang kaya antioksidan penangkal kanker, terutama di bagian kulitnya. Mereka juga memiliki sifat anti kanker. 80% Protein dalam ubi jalar adalah jenis protein penyimpanan yang dikenal sebagai sporamin. Protein unik ini telah dipelajari untuk kemampuan anti kanker dan terbukti efektif dalam beberapa jenis penyakit.

Penelitian telah menjanjikan dalam penggunaan sporamin untuk menghambat lidah, kantung empedu, dan kanker kolorektal. Ini juga telah terbukti mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi migrasi sel dan invasi pada kanker metastasis.

Kulit ubi jalar, terutama yang berasal dari varietas ungu, mungkin sangat kuat dalam hal pencegahan kanker. Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition and Cancer pada tahun 2016 mengamati efek antioksidan dan anti-kanker dari ekstrak kulit ubi jalar. Mereka menemukan aktivitas anti kanker yang menjanjikan untuk kanker payudara, usus besar, ovarium, paru-paru, dan kepala atau leher.

Lanjutkan Membaca ↓