Sukses

5 Kebiasaan Ini Tidak Boleh Dilakukan Pemilik Wajah Berminyak

Kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan si pemilik wajah berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, memiliki kondisi kulit wajah berminyak adalah masalah yang sangat besar. Penyebab kulit berminyak sendiri adalah kelenjar sebaceous yang dihasilkan terlalu aktif. Hal inilah yang menyebabkan sebum menjadi berlebihan. Kondisi ini memang sangat umum terjadi dan sering dialami oleh beberapa orang. 

Munculnya minyak yang berlebihan pada kulit seseorang pun sangat beragam. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mendapati kondisi kulit berminyak ini seperti faktor genetik, kebiasaan gaya hidup, hingga faktor lingkungan. Nah, bagi kamu yang memiliki kondisi kulit wajah berminyak, rentan sekali terkena jerawat dan mendapati kulit mudah kusam.

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin menghilangkan atau mengatasi kondisi ini. Nah, agar tak memperburuk kondisi kulit berminyakmu, ada baiknya kamu menghindari beberapa kebiasaan yang bisa memperburuknya.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber Sabtu (15/6/2019) beberapa kebiasaan yang tidak boleh kamu lakukan agar kondisi kulit berminyakmu tidak semakin parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Makeup yang Tebal

Pemilik kulit berminyak kerap menggunakan makeup yang tebal untuk menghindari munculnya minyak di wajah yang bisa membuat makeup tidak tahan lama. Ternyata, dengan mengenakan makeup tebal ini justru akan menyebabkan produksi sebum berlebih hingga menyebabkan kerusakan pada pondasi kulit kamu.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk tetap menggunakan makeup tipis saja dengan produk yang tahan lama.

3 dari 6 halaman

Tidur dengan Makeup

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, dilarang keras untuk tidur menggunakan makeup. Kalau kamu si pemilik kulit berminyak terbiasa melakukan kebiasaan buruk ini, maka nantinya akan menyebabkan kerusakan serius pada kualitas kulit dan memicu masalah kulit lainnya.

Hal ini bisa terjadi karena makeup yang masih kamu kenakan saat sedang tidur bisa memblokir pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, kamu juga akan mengalami masalah yang cukup serius seperti memeprcepat proses penuaan dini.

4 dari 6 halaman

Tidak Melakukan Eksfoliasi Kulit

Pemilik kulit berminyak jangan sampai melewatkan perawatan wajah dengan melakukan eksfoliasi. Perawatan wajah yang satu ini merupakan salah satu langkah perawatan kulit yang penting untuk menghilangkan sebum berlebih, sel kulit mati, dan kotoran di lapisan dalam kulit.

Bagi kulit berminyak, hal ini sangat penting dilakukan untuk melakukan pengelupasan kulit secara teratur. Kamu bisa menggunakan scrub yang cocok untuk kulit berminyak secara teratur untuk menghindari pori-pori kulit yang tersumbat.

5 dari 6 halaman

Kurang Memperhatikan Hidrasi Kulit

Jangan menganggap sepele persoalan hidrasi pada kulit. Perlu dipahami bahwa kulit juga membutuhkan hidrasi kulit. Apalagi untuk kulit berminyak, akan membutuhkan banyak air. Hal ini berguna untuk menjaga elasitisitas dan kekenyalan kulit.

Asupan air yang cukup juga akan membuat kulit tetap sehat dan segar setiap saat. Dengan mengonsumsi air yang banyak, juga akan menghindari kulit kamu dari produksi sebum yang berlebih.

6 dari 6 halaman

Penggunaan Toner yang Keras

Toner menjadi salah satu produk yang sangat berharga bagi kulit wajahmu. Mengingat fungsinya yang berguna untuk menyeimbangkan pH pada kulit. Menggunakan toner kulit dapat membantu menghilangkan minyak berlebih.

Namun perlu kamu perhatikan untuk menggunakan toner. Pilihlah jenis toner yang ringan. Menggunakan toner yang keras bisa menyebabkan kulit iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.