Jeon Somi Debut Solo, Begini Lika-Liku Perjalanan Kariernya

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 14 Jun 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2019, 17:17 WIB
Jeon Somi

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira bagi seluruh fans Jeon Somi. Setelah ditunggu-tunggu akhirnya cewek kelahiran 9 Maret 2001 itu resmi debut sebagai solois. Jeon Somi akhirnya debut dengan lagu utama "Birthday" pada Kamis (13/6/2019) kemarin. Artis berdarah campuran Kanada-Korea Selatan ini debut di bawah naungan The Black Label, agensi yang merupakan sub agensi dari YG Entertainment.

Beberapa jam setelah rilis, Jeon Somi berhasil memuncaki beberapa chart musik realtime di Korea Selatan dengan lagu debutnya yang berjudul ‘Birthday’ seperti yang Liputan6.com lansir dari Hello K-pop, Jumat (14/6/2019). Memulai debut sebagai solois setelah menjadi trainee sekian tahun, Jeon Somi pun mendapat banyak dukungan dari rekan-rekannya di kalangan idol K-Pop. 

 

Perjalanan Jeon Somi menuju debutnya ini bukankan hal hanya mudah. Idol cantik mantan member IOI ini sempat beberapa kali gagal debut. Berbeda dengan teman-temannya di grup IOI yang sudah debut dengan grup masing-masing, Somi harus kembali menjadi trainee. Saat itu ia tergabung dengan JYP Entertainment, dan sempat dirumorkan akan debut dengan ITZY. Namun ia memilih berpindah agensi.

Sosok Jeon Somi sendiri memang sudah tidak asing lagi di dunia K-Pop. Berikut perjalanan karir Jeon Somi sebelum debut sebagai solois yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/6/2019).

2 of 6

1. Pada Tahun 2013 Jeon Somi muncul dalam acara TV.

[Bintang] Jeon Somi
Sebelumnya Somi terlihat bersama dengan Shin Ryujin. Hal itu membuat netizen berspekulasi keduanya akan debut sebagi girl group. (Allkpop)

Jeon Somi pertama kali bergabung dengan JYP Entertainment pada tahun 2013. Pada tahun yang sama Somi mulai diperkenalkan ke publik lewat acara "Let’s Go! Dream Team Season 2" yang tayang di channel KBS2. Let’s Go! Dream Team Season 2 adalah acara bertajuk acara games halang rintang olahraga dengan para selebritis sebagai lakonnya.

Saat itu Somi diperkenalkan bersama tim taekwondo anak-anak. Jeon Somi terkenal sebagai gadis taekwondo berdarah Kanada-Korea Selatan yang mencuri perhatian penonton.

3 of 6

2. Survival SIXTEEN.

[Bintang] Jeon Somi
Kedua belah pihak bahkan menyempatkan waktu untuk makan bersama. Tak ketinggalan dengan manager Somi. (Allkpop)

Setelah sebelumnya muncul pada tahun 2013, Somi kembali diperkenalkan ke publik pada tahun 2015 melalui program survival SIXTEEN yang diselenggarakan oleh JYP Entertainment. Perjalanan Jeon Somi di SIXTEEN pun membuat ia punya fanbase sendiri. Namun, usahanya harus terhenti di babak puncak. Somi gagal debut bersama TWICE. Keputusan ini pun mengundang banyak tanya karena Somi dianggap telah memiliki semua standar untuk debut sebagai member girl group.

4 of 6

3. Debut Bersama IOI.

[Bintang] Jeon Somi
Dilansir dari Soompi, kedua belah pihak berpisah dengan kesepakatan bersama. (allkpop)

Usai gugur di program survival SIXTEEN, Somi kembali mengambil peruntungan dengan ikut program survival Produce 101 Season 1 pada Januari 2016. Di acara ini, ia beradu bakat dengan trainee lain seperti Kim Sejeong dan Mina GUGUDAN, Deyeon dan Yoojung Weki Meki, dan masih banyak lagi.

Kali ini Somi berhasil mencapai puncak dan menjadi ranking pertama di PRODUCE 101. Ia berhasil debut bersama IOI sebagai center sekaligus maknae. Perjalanannya bersama IOI pun usai dalam waktu singkat, karena sejak awal grup tersebut hanyalah project sementara. Mau tak mau, Somi kembali menjadi trainee di JYP.

Kendati bersatus sebagai trainee, Somi terlibat dalam beberapa proyek. Salah satunya adalah ia digandeng Eric Nam untuk berduet membawakan single bertajuk "You, Who?".

5 of 6

4. Bergabung dalam acara variety show.

[Bintang] Jeon Somi
Namun sepertinya semuanya berubah karena Somi memilih untuk hengkang sebelum debut dari JYP Entertainment. (Allkpop)

Setelah kembali menjadi trainee JYP, Jeon Somi muncul dengan keikutsertaannya dalam program SISTER SLAM DUNK. Lewat acara variety show tersebut Somi harus menyiapkan debut sebagai anggota girlgrup bersama member lain yang disebut UNNIES. Di grup tersebut, Somi bergabung bersama seleb Korea lainnya, salah satunya adalah Gong Minzy Ex-2NE1.

Berkumpul dengan para personel dari berbagai usia, Somi kembali menjadi anggota termuda. Hal itu membuatnya mendapat perhatian khusus dari publik.

Setelah itu, pada bulan Maret 2017 Somi mendapat tawaran untuk membintangi program acara hiburan bertajuk Idol Drama Operation Team. dalam acara tersebut ia beradu akting dengan sejumlah anggota girl grup tenar lainnya, seperti Moonbyul (Mamamoo) Seulgi (Red Velvet) Kim So-hee (I.B.I, C.I.V.A) D.ana (Sonamoo)YooA (Oh My Girl) serta Sujeong (Lovelyz). Variety show online itu berhasil menggaet banyak penonton dan menjadi acara terpopuler.

6 of 6

Lama Masa Trainee Jeon Somi.

Jeon Somi
Jeon Somi rilis singe debut solo, Birthday (Soompi)

Perjalanan Jeon Somi untuk debut sebagai idol K-Pop bisa dikatakan penuh lika-liku. Jeon Somi diketahui telah menjadi trainee di JYP Entertainment sejak 2013. Saat itu Jeon Somi lolos dalam audisi yang diadakan JYP Entertainment dengan membawakan lagu dari 2NE1 ‘Lonely’. Sempat membawa nama JYP Entertainment dalam program survival Produce 101, tak membuat karier Somi mulus.

Jeon Somi terpaksa kembali menjadi trainee setelah sebelumnya debut bersama IOI. Saat debut bersama IOI, Somi sendiri telah menjalani masa trainee selama 2 tahun. IOI menyelesaikan kontraknya sebagai grup pada akhir tahun 2015. Setelah itu Somi kembali menjadi trainee di awal 2016. Walaupun menjadi trainee, Somi tetap aktif di beberapa acara dan menjadi bintang iklan.

Setelah hampir 3 tahun kembali menjadi trainee setelah debutnya bersama IOI. Jeon Somi resmi memutuskan kontraknya bersama JYP Entertainment pada bulan Agustus 2018. Padahal kala itu dirumorkan Somi akan bergabung dengan girl grup baru asuhan JYP, ITZY.

Setelah mengalami pasang surut menjadi trainee JYP Entertainment, pada bulan September 2018, Somi memutuskan untuk berlabuh ke agensi The Black Label. 8 Bulan bergabung dengan sub agensi YG Entertainment itu Jeon Somi akhirnya resmi debut menjadi solois.

Lanjutkan Membaca ↓