5 Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu

Oleh Husnul Abdi pada 13 Jun 2019, 21:55 WIB
Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Buah anggur merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang. Rasanya yang manis dan sensasi segar yang diberikan saat memakan buah ini menjadi nilai jual utama, selain kandungan gizi yang dimilikinya. 

Tidak hanya buahnya, biji anggur ternyata juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Bahkan biji anggur juga dipercaya sebagai obat tradisional dan menjadi sumber nutrisi penting untuk tubuh.

Manfaat biji anggur bisa didapatkan dengan mengolahnya menjadi ekstrak biji anggur. Ekstrak biji anggur ini bisa didapatkan dengan mengeringkan lalu melumatnya, jadi bisa dikonsumsi dengan lebih mudah dan praktis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2019) tentang manfaat biji anggur untuk kesehatan

2 of 4

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat biji anggur yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan berbagai macam senyawa seperti flavonoid, asam linoleat serta procyanidins fenolik dan procyanidins oligomer dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Bahkan biji anggur juga dapat melindungi pembuluh darah dan arteri dari kerusakan, yang pada akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi tersebut atau bahkan berbagai penyakit kardiovaskular lainnya. Biji anggur ini bisa mengobati penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Dengan kandungan berbagai senyawa tersebut, mengonsumsi biji anggur membuat tubuh dapat mengontrol tekanan darah sehingga bisa mencegah risiko darah tinggi bahkan juga darah rendah.

Selain itu senyawa flavonoid dalam biji anggur juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. Aktivitas vitamin C dalam tubuh dapat dirangsang oleh senyawa dalam biji anggur ini untuk meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat proses perbaikan pada pembuluh darah yang rusak.

3 of 4

Menyehatkan Otak dan Memperkuat Sistem Imun

Biji Anggur
Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan (Sumber: istockphoto)

Menyehatkan dan Mencerdaskan Otak

Manfaat biji anggur selanjutnya adalah dapat menyehatkan dan mencerdaskan otak. Dengan kandungan antikosidan yang dimilikinya, biji anggur dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan tertentu pada otak yang ujungnya bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.

Mengonsumsi olahan biji anggur juga bisa menurunkan risiko depresi dan mencerdaskan otak. Hal ini tidak lepas dari peran senyawa proanthocyanidins oligomer yang dapat merangsang fungsi kognitif berkaitan dengan peradangan dan stres.

Dengan berkurangnya peradangan dan stres maka berpengaruh pada peningkatan memori dan membantu pencegahan hilangnya kognitif yang biasanya menyertai penuaan. Dengan mengonsumsi olahan biji anggur, kamu bisa merasa semakin nyaman dan juga bahagia karena efeknya pada otak.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat pada olahan biji anggur ternyata lebih kuat 30-50 kali daripada vitamin C dalam melindungi tubuh dari patogen. Bahkan kandungan nutrisi pada biji anggur dipercaya oleh para ahli dapat meringankan dan mengobati flu serta mencegah radang ataupun alergi.

Dengan begitu, tubuh dapat bertahan melawan bakteri dan virus patogen dengan mengonsumsi ekstrak biji anggur ini dengan manfaatnya yang juga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

4 of 4

Menguatkan Tulang dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Menguatkan Tulang

Mengonsumsi biji anggur juga bisa membuat tulang sehat dan kuat. Hal ini berkaitan dengan kandungan zat besi pada biji anggur yang cukup banyak, sehingga dipercaya sangat baik untuk menutrisi tulang.

Tak hanya menyehatkan dan menguatkan tulang, nutrisi tersebut juga bisa meregenerasi sel tulang menjadi lebih baru dan sehat. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba konsumsi biji anggur secara teratur.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat biji anggur selanjutnya untuk kesehatan adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Senyawa procyanidin yang dikandung biji anggur dapat menstimulasi secara langsung pada faktor pertumbuhan jaringan tertentu yang berperan penting dalam penyembuhan luka.

Dengan mengonsumsi olahan biji anggur, maka pembekuan darah pada luka akan terjadi lebih cepat dan luak dapat sembuh tanpa bekas.

Manfaat biji anggur untuk kesehatan tentunya tidak akan berarti bila kamu tidak menjalankan pola hidup sehat, cukup istirahat, olahraga dan konsumsi air putih cukup setiap harinya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by