Idap Kanker, Legenda Badminton Lee Chong Wei Umumkan Pensiun

Oleh Loudia Mahartika pada 13 Jun 2019, 14:35 WIB
Lee Chong Wei

Liputan6.com, Jakarta Lee Chong Wei adalah salah satu atlet terbaik Malaysia. Dan juga dunia tentunya sudah tak asing lagi d itelinga masyarakat di Asia. Atlet badminton yang selalu masuk dalam line-up pertandingan badminton kelas dunia mewakili Malaysia ini selalu tampil garang di lapangan. 

Aksi legenda badminton ini di lapangan cukup mampu membuat lawan-lawannya harus mengakui kemampuannya. Tak sedikit pula masyarakat Indonesia yang mengidolakan sosok Lee Chong Wei sebagai atlet hebat. Diketahui pula bahwa Lee Chong Wei berteman dekat dengan mantan atlet badminton Indonesia, Taufik Hidayat. 

Kerap tampil dilayar kaca dalam beragam pertandingan badminton, Lee Chong Wei hari ini Kamis, (13/6/2019) membawa berita yang cukup mengejutkan publik. Ia memutuskan untuk pensiun dari atlet badminton alias gantung raket setelah berkarier selama 19 tahun. Lee Chong Wei mengungkapkannya dengan mengadakan sebuah konferensi pers. 

2 of 3

Umumkan Pensiun Demi Kesehatan

Idap Kanker, Lee Chong Wei Putuskan Pensiun Setelah 19 Tahun Berkarir Jadi Atlet
Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei dengan berlinang air mata saat mengumumkan pensiun melalui konferensi pers di Putrajaya, Kamis (13/6/2019). Mantan pemain nomor satu dunia ini memutuskan untuk gantung raket alias pensiun akibat kanker yang dideritanya. (Mohd RASFAN / AFP)

Dilansir dari TODAY oleh Liputan6.com, Kamis (13/6/2019) Lee Chong Wei mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan berita yang cukup menghebohkan ini. Lee Chong Wei sudah divonis mengidap kanker hidung tahap awal pada Juli tahun lalu di Taiwan. 

Ia memutuskan untuk gantung raket dengan alasan utama adalah kesehatannya. Mantan pemain nomor satu dunia berusia 36 tahun itu berhenti dari olahraga setelah kariernya yang terkenal dan sukses selama 19 tahun.

Hari ini, semua orang tahu maksud saya untuk mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan bahwa saya pensiun dari olahraga setelah 19 tahun," ia mengumumkan dalam konferensi pers di Menara KBS di Putrajaya, dikutip dari TODAY. 

Saya diberi delapan kuesioner untuk menjawab tentang kondisi saya, dan hasilnya keluar untuk menunjukkan bahwa saya tidak cocok untuk melakukan kegiatan intensitas tinggi. Jadi, tidak cocok bagi saya untuk mengerahkan diri demi kesehatan saya," tambahnya. 

3 of 3

Berterimakasih Pada Semua Pihak

Idap Kanker, Lee Chong Wei Putuskan Pensiun Setelah 19 Tahun Berkarir Jadi Atlet
Tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei mengembalikan kok ke pebulu tangkis Hong Kong, Ng Ka Long Angus pada 32 besar Indonesia Open 2018, Istora GBK, Jakarta, Rabu (4/7). Lee Chong Wei unggul 21-15, 18-21, 21-10. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam mengumumkan untuk pensiun dari atlet badminton, Lee Chong Wei juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama pada masyarakat Malaysia. 

Keputusan saya untuk pensiun adalah keputusan yang berat. Saya sangat suka olahraga ini. Tapi itu adalah olahraga yang menuntut. Saya berterima kasih kepada semua orang Malaysia selama 19 tahun terakhir,” ungkap Lee Chong Wei dengan berlinang air mata pada konferensi pers.

Sempat menjalani serangkaian perawatan intensif di Taiwan, Lee Chong Wei mengatakan sempat berlatih pada Januari 2019 lalu. Namun pelatih melihat perkembangan Lee Chong Wei yang membuat hal itu sepertinya tak bisa dilakukan. Lee Chong Wei dipastikan tak ikut dalam Tokyo Open tahun depan sesuai dengan keinginannya. 

Peraih tiga medali perak Olimpiade ini mengatakan dia sekarang ingin beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Ia bahkan akan membawa istrinya bulan madu, perjalanan yang telah tertunda sejak pernikahan mereka pada tahun 2012, dikutip dari The Bussiness Times. 

 

Lanjutkan Membaca ↓