Sukses

7 Mitos Tentang Kemandulan yang Sebaiknya Tidak Dipercaya

Jangan begitu saja percaya mitos kemandulan.

Liputan6.com, Jakarta Kemandulan atau infertilitas merupakan masalah yang cukup umum ditemui. Diagnosis ketidaksuburan ditandai jika seorang wanita belum bisa hamil setelah setahun mencoba. Infertilitas bukan hanya masalah wanita. Faktanya, pria dan wanita sama-sama memiliki masalah kesuburan.

Menurut Women’s Health, sekitar sepertiga dari kasus infertilitas dapat dikaitkan dengan infertilitas wanita sedangkan masalah pria merupakan sepertiga dari kasus infertilitas lainnya. Sepertiga kasus yang tersisa mungkin disebabkan oleh kombinasi infertilitas pria dan wanita, atau mereka mungkin tidak diketahui penyebabnya.

Banyak mitos yang beredar mengenai kemandulan yang beredar. Mulai dari faktor pemicu hingga pendapat mengenai kesuburan. Namun pendapat yang mungkin terdengar sering kali tidak hanya tidak membantu, tapi terkadang juga salah.

Untuk meluruskan, berikut mitos seputar kemandulan yang sebaiknya tak perlu dipercaya. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mitos pria tidak memiliki masalah infertilitas

Meskipun secara umum diyakini bahwa kemandulan adalah "masalah wanita," tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran. Sekitar 35 persen dari semua kasus infertilitas yang dirawat di Amerika Serikat disebabkan oleh masalah wanita.

Tetapi 35 persen dapat ditelusuri ke masalah laki-laki, 20 persen ke masalah di kedua pasangan, dan 10 persen ke penyebab yang tidak diketahui.

Menurut Healthline, faktanya, setiap jenis kelamin memiliki serangkaian gejala mereka sendiri yang mungkin menunjukkan ketidaksuburan, seperti nyeri testis atau perubahan dalam periode menstruasi.

3 dari 8 halaman

Mitos usia hanya memengaruhi kesuburan wanita, bukan pria

Wanita mengalami penurunan kesuburan yang signifikan hingga 50 persen antara usia 32 dan 37, menurut Dr. Mark Surrey, seorang ahli bedah reproduksi dan direktur medis Southern California Reproductive Center. Namun, wanita bukan satu-satunya yang terpengaruh oleh usia.

"Seperti infertilitas wanita, tingkat infertilitas pria meningkat seiring bertambahnya usia," kata Dr. Thomas Price, seorang spesialis infertilitas di Duke Fertility Center. "Setelah usia 40 tahun, seorang pria kemungkinan akan mulai mengalami penurunan volume dan motilitas sperma."

4 dari 8 halaman

Mitos kemandulan adalah masalah psikologis

Teman dan kerabat yang bermaksud baik mungkin menganggap kemandulan adalah masalah psikologi, jika Anda akan berhenti terlalu khawatir, Anda akan hamil. Namun pada kenyataannya, infertilitas adalah penyakit atau kondisi sistem reproduksi dan bukan gangguan psikologis.

Walaupun benar, relaksasi dapat membantu mengatasi infertilitas yang disebabkan oleh stres kronis, infertilitas bukanlah murni masalah psikologis. Infertilitas adalah kondisi medis. Kesehatan fisik dan reproduksi Anda tidak dapat diperbaiki dengan berpikir positif, liburan yang menyegarkan, atau pola pikir baru.

5 dari 8 halaman

Mitos adopsi anak untuk 'pancingan'

Dilansir dari arcfertility, mitos khusus ini tidak hanya menyakitkan untuk didengar pasangan tidak subur, tetapi juga tidak benar. Pertama-tama, ini menunjukkan bahwa adopsi hanyalah sarana untuk mencapai tujuan (kehamilan), dan bukan, dalam arti sesungguhnya untuk membentuk keluarga.

Kedua, hanya sekitar 5 persen pasangan yang mengadopsi kemudian mendapatkan kehamilan. Tingkat keberhasilan ini sama untuk pasangan yang tidak mengadopsi dan hamil tanpa perawatan lebih lanjut.

6 dari 8 halaman

Jika sudah memiliki anak, tidak perlu khawatir tentang infertilitas

Dilansir dari Healthline, data menunjukkan bahwa sekitar 30 persen infertilitas terjadi setelah kelahiran anak pertama. Ini berarti bahkan jika pasangan sudah memiliki anak, mereka dapat mengalami kesulitan untuk hamil selanjutnya.

“Suami dan saya dengan mudah memiliki anak pertama kami, tanpa masalah sama sekali,” kata Medeiros, yang memiliki anak perempuan pertamanya pada usia 27 tahun. “Kami merasa bahwa setiap kali kami ingin mulai mencoba untuk anak kedua, itu akan sangat mudah."

Ketika Medeiros ingin merencanakan kehamilan dua tahun kemudian, dia mendapati kesulitan untuk hamil. Setelah lima tahun mencoba, ia akhirnya beralih ke fertilisasi in vitro dan melahirkan putri kedua mereka. Setahun kemudian, kehamilan yang tidak direncanakan diikuti, membawa anak ketiga ke keluarganya.

7 dari 8 halaman

Mitos pasangan yang berusaha cukup keras untuk memiliki bayi pada akhirnya akan hamil

Metode baru untuk mendiagnosis dan mengobati infertilitas telah meningkatkan peluang banyak pasangan untuk memiliki bayi. Menurut American Society for Reproductive Medicine (ASRM), lebih dari separuh dari semua pasangan yang menjalani perawatan akan mencapai kehamilan yang sukses.

Di sisi lain, penting untuk diingat bahwa infertilitas adalah penyakit medis dan bahwa masalah ini kadang-kadang tetap tidak dapat diobati. Upaya tidak selalu secara langsung diterjemahkan menjadi kesuksesan.

Mitos ini bisa sangat mengecewakan bagi pasangan yang merasa seperti mereka menyerah jika mereka tidak mampu menangani jumlah fisik, keuangan, atau psikologis dari perawatan kesuburan yang berkelanjutan.

8 dari 8 halaman

Mitos pasangan yang tidak subur tidak akan pernah bahagia

Tidak mampu mengandung anak yang sangat diinginkan dapat menghantui pasangan dengan kesedihan, kemarahan, keputusasaan, dan bahkan rasa kegagalan pribadi.

Walaupun normal bagi pasangan infertilitas untuk mengalami serangkaian emosi yang kuat, kebanyakan orang berhasil melewati krisis kehidupan ini dengan sukses dan secara bertahap menempatkannya dalam perspektif yang lebih baik.

Bagi beberapa pasangan, mereka berhasil "moving on" dengan melepaskan impian awal mereka untuk memiliki bayi. Pasangan lain memutuskan untuk mengadopsi. Tetapi dalam kedua kasus itu, pasangan belajar bahwa ada kehidupan setelah kemandulan dan menemukan banyak cara untuk membahagiakan diri mereka sendiri dengan atau tanpa anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini