Sukses

5 Kebiasaan Sederhana yang Terbukti Tingkatkan Kesehatan Otak

Jangan remehkan kesehatan otak.

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari Anda melakukan lusinan langkah kecil untuk menjaga tubuh tetap sehat seperti minum air agar tetap terhidrasi, makan makanan seimbang, olahraga, menyikat gigi, minum obat yang diresepkan dokter, cukup tidur, dan lain sebagainya.

Masing-masing langkah kecil ini memiliki dampak kecil. Jika dilakukan bersama dan berkelanjutan, rangkaian langkah ini mampu membuahkan hasil besar dan hidup yang lebih sehat dan panjang.

Hal ini pula yang terjadi pada otak. Gaya hidup dan pola makan sehari-hari dari waktu ke waktu, membantu menangkal penurunan kognitif, meningkatkan kreativitas, dan jauh dari kondisi seperti depresi. Otak yang sehat akan mendukung segala bentuk kerja sistem tubuh yang stabil.

Ada beberapa aktivitas sederhana yang tanpa disadari dapat meningkatkan kesehatan otak. Para ahli telah mengungkapkan semua pilihan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk dapat membantu mencegah demensia dan meningkatkan kesehatan otak.

Berikut kebiasaan sederhana yang terbukti tingkatkan kesehatan otak, dilansir Liputan6.com dari Reader's Digest, Kamis(13/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Stop multitasking

Jika Anda membaca sekaligus streaming acara TV lalu berkirm pesan, cobalah untuk berhenti bermultitasking. Berlawanan dengan kepercayaan umum, orang-orang menjadi kurang efisien ketika mereka melakukan banyak tugas.

Otak hanya dapat melakukan satu hal pada satu waktu, kata Jennifer Zientz, MS, kepala layanan klinis dengan Pusat Kesehatan Otak di University of Texas di Dallas.

"Ketika Anda melakukan banyak tugas, Anda memaksanya untuk bergerak maju dan mundur, yang menyebabkan banyak tekanan pada otak." Kadar kortisol naik, dan terlalu banyak hormon itu beracun bagi fungsi saraf.

Ditambah lagi, "Anda tidak pernah sepenuhnya menyelesaikan apa pun, dan penyelesaian serta rasa pencapaian memberikan hadiah dopamin," kata Zientz. Dopamin adalah neurotransmitter yang terkait dengan perasaan. "Multitasking juga dikaitkan dapat memengaruhi atrofi pada hippocampus, pusat memori dan pusat pembelajaran otak Anda."

3 dari 6 halaman

Cukup tidur

Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara belajar dan tidur, tetapi penelitian dari New York University School of Medicine and Peking University Shenzhen Graduate School menunjukkan mengapa hal ini mungkin terjadi.

Mempelajari tikus, para peneliti menemukan bahwa selama tidur dengan gelombang lambat otak memutar ulang kegiatan dari hari itu, membantu memasukkan peristiwa ke dalam ingatan.

Terlebih lagi, sebuah penelitian dari Washington University School of Medicine menemukan bahwa orang-orang yang sering bangun di malam hari lima kali lebih mungkin dibandingkan mereka yang tidur nyenyak untuk memiliki penumpukan plak amiloid, yang merupakan ciri khas dari penyakit Alzheimer.

Tidak jelas apakah tidur yang terganggu menyebabkan demensia atau apakah perubahan otak yang berhubungan dengan Alzheimer mengubah pola tidur, tetapi tidak ada salahnya untuk tidur lebih lama.

4 dari 6 halaman

Asah otak dengan musik dan teka teki silang

Pelajari instrumen

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa belajar memainkan alat musik mengubah gelombang otak dengan cara yang meningkatkan keterampilan mendengar dan mendengar Anda dalam waktu singkat.

Perubahan dalam aktivitas otak ini dapat membantu Anda mempertahankan keterampilan mendengarkan dan menangkal penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Mengisi teka-teki silang

Dua penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam International Journal of Geriatric Psychiatry menemukan bahwa semakin orang dewasa berusia 50 dan lebih tua memainkan permainan kata dan angka yang melibatkan mental seperti teka-teki silang dan Sudoku, semakin baik fungsi otak mereka di berbagai bidang termasuk ingatan, perhatian, dan penalaran.

Pada ukuran pemecahan masalah, pemecah teka-teki dilakukan setara dengan rata-rata delapan tahun lebih muda dibandingkan dengan mereka yang tidak.

5 dari 6 halaman

Belajar bahasa kedua

Menjadi bilingual dikaitkan dengan struktur otak yang lebih sehat, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Concordia University di Montreal, Kanada. Para ilmuwan menggunakan scan MRI untuk mengukur otak orang-orang yang mengalami penurunan kognitif.

Mereka menemukan otak orang yang fasih berbahasa lebih dari satu memiliki kesehatan otak lebih tebal dan lebih padat di daerah yang mengontrol bahasa, kognisi, dan memori.

Penulis penelitian mencatat bahwa berbicara dua bahasa mungkin tidak mencegah Alzheimer tetapi dapat membantu membangun cadangan kognitif yang dapat memperlambat timbulnya gejala penyakit.

6 dari 6 halaman

Kurangi gula

Menurut sebuah penelitian di Charité University Medical Center, makanan yang kaya gula dan karbohidrat sederhana lainnya dapat menguras otak. Para peneliti menemukan bahwa bahkan di antara orang sehat yang memiliki kadar gula darah rendah, sebagaimana diukur melalui tes darah, berkinerja lebih baik pada tes yang mengukur berapa banyak kata yang dapat dihafal peserta setelah penundaan selama 30 menit.

Anda dapat mengganti makanan manis yang tidak sehat dengan cokelat hitam. Satu studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa flavanol yang ditemukan dalam kakao menghasilkan manfaat kognitif positif terutama dalam tugas yang melibatkan memori, fungsi eksekutif, dan kecepatan pemrosesan pada orang dewasa yang lebih tua. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan flavanoid kakao dengan peningkatan kognisi, perhatian, dan memori kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini