Sukses

5 Minuman yang Bisa Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Konsumsi minuman yang bisa turunkan kolesterol setelah lebaran agar tubuh tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran identik dengan tersedianya berbagai macam makanan. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan seperti camilan yang tentunya memiliki dampak kesehatan masing-masing.

Biasanya banyak orang yang kolesterolnya naik setelah lebaran karena kebanyakan makan makanan bersantan, rendang dan sajian lainnya. Makanan bersantan dan berminyak yang biasa disajikan saat lebaran harus dikonsumsi secara bijak.

Jangan sampai kamu mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan. Selain menghindarinya dan tidak berlebihan, kamu juga bisa mengonsumsi minuman yang bisa turunkan kolesterol setelah lebaran agar tubuh tetap sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/5/2019) tentang minuman yang bisa turunkan kolesterol setelah lebaran

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teh Hijau dan Jahe

1. Teh Hijau

Salah satu minuman yang bisa turunkan kolesterol setelah lebaran adalah teh hijau. Kandungan ketekin dalam teh hijau dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol melalui feses. Selain itu, teh hijau juga memiliki khasiat dalam menurunkan berat badan dan membuat pikiran menjadi lebih relaks.

Salah satu minuman alami penurun kolesterol ini bahkan bisa menurunkan rasio kematian karena penyakit jantung. Dengan berbagai khasiat yang dimiliki teh hijau ini, maka akan sangat menyehatkan bila kamu mengonsumsinya secara rutin, terutama pada waktu lebaran dan setelahnya.

2. Jahe

Jahe memang merupakan minuman yang penuh dengan khasiat kesehatan. Dengan mengonsumsi jahe dengan dicampur ke dalam teh dapat menyeimbangkan kolesterol yang dikandung oleh berbagai makanan berbahan daging saat lebaran. Selain itu, jahe juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare dan mual.

Jahe juga sangat cocok dikonsumsi saat perut kosong dan untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. Jadi dengan berbagai khasiat tersebut, apalagi dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan yang sering muncul saat lebaran, jahe sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 3 halaman

Jus Buah

3. Jus Tomat

Tomat merupakan buah yang lebih sering dijadikan bumbu dapur. Namun banyak juga sekarang yang mengonsumsi tomat dengan dijadikan jus. Dengan kandungan likopen, tomat mampu menurunkan kolesterol.

Bila kamu secara rutin mengonsumsi jus tomat setiap harinya, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan terus menurun. Kamu bisa mengonsumsi setengah liter jus tomat setiap harinya untuk mengatasi kolesterol yang naik saat lebaran.

4. Jus Delima

Delima merupakan salah satu buah yang bisa membantu penurunan penyerapan kolesterol dalam darah. Kandungan fitosterol dalam buah delima dapat menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan pengeluaran garam empedu yang memiliki bahan dasar kolesterol.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kolesterol yang ada di hati dan pembuluh darah jadi berkurang. Kamu bisa mengonsumsi buah delima ini dengan cara di jus setiap harinya terutama saat lebaran datang, di mana banyaknya tersedia makanan-makanan penyebab naiknya kolesterol.

5. Jus Apel

Buah apel dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh karena zat pektin yang dikandungnya. Serta pektin inilah yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan terjadi pada tubuh.

Saat kolesterol jahat bereaksi dengan radikal bebas, maka dapat meningkatkan proses peradangan pada arteri. Selain itu, zat polifenol yang terdapat pada kulit apel juga memiliki peranan yang penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Zat ini dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi apel atau jus apel secara rutin, kamu bisa terbebas dari masalah kolesterol saat lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini