Sukses

Nama Atta Halilintar Jadi Soal Ujian Kenaikan Kelas SD di Serang, Bikin Heboh

Meski Atta Halilintar menjadi seorang YouTuber paling sukses di Indonesia, namun perihal namanya yang menjadi soal ujian kenaikan kelas menjadi sebuah polemik.

Liputan6.com, Jakarta Ada yang unik pada soal ujian kenaikan kelas Sekolah Dasar di Kota Serang. YouTuber Atta Halilintar masuk menjadi soal pertanyaan ujian siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 5 di Kota Serang, Banten tersebut.

Soal tersebut ditujukan untuk ujian kenaikan siswa kelas V ke kelas VI. Kisah Atta Halilintar dituliskan menjadi sebuah cerita singkat, yang kemudian jadi 5 buah soal yang harus dijawab oleh para siswa.

Salah satu pertanyaan di dalam soal tersebut adalah apa pekerjaan Atta seperti cerita yang ditulis sebelumnya. Jawaban dari pertanyaan itu disediakan berupa pilihan ganda.

Berikut ulasan mengenai Atta Halilintar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Dinas Pendidikan Serang Banteng

"Ada tokoh, apalagi YouTuber (ditulis menjadi soal pertanyaan ujian), menurut saya tidak ada maksud apa-apa. Apalagi tidak semua anak-anak mengenal," kata Wasis Dewanto, Plt Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Serang, Banten, Selasa, 28 Mei 2019.

Menurutnya, walaupun subscriber Atta Halilintar mencapai lebih dari 15 juta, belum tentu semua siswa SD mengetahuinya.

Jika ada yang merasa dirugikan atau tersinggung dengan lembar pertanyaan ujian tersebut, Wasis berharap maklum dan meminta maaf. Pasalnya, Dindik Kota Serang memberi kebijakan setiap SD membuat soal ujian secara mandiri.

 

3 dari 4 halaman

Soal ujian dibuat mandiri oleh pihak sekolah

Dinas Pendidikan Kota Serang pun menjelaskan, bahwa soal untuk ujian kenaikan kelas disusun oleh sekolah masing-masing secara mandiri.

"Apalagi UKK (Ujian Kenaikan Kelas) kan mandiri, (lembar soal) disusun masing-masing sekolah. Dindik hanya (menyiapkan lembar soal) pada saat ujian sekolah. Kalau ulangan akhir semester, kenaikan kelas, itu dilimpahkan ke sekolah masing-masing," jelasnya.

Pihaknya mengaku telah mengonfirmasi ke Kasie Kurikulum SD Dindik Kota Serang untuk memberitahu pihak sekolah agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

"Semoga ke depan, walaupun mereka (SD) punya kewenangan sendiri (menyusun lembar soal ujian) kita ingatkan supaya hati-hati. Kita enggak pernah mengondisikan (isi pertanyaan lembar soal)," dia menandaskan.

4 dari 4 halaman

Ramai di media sosial

Soal ujian ini kemudian menyebar di dunia maya dan banyak sekali netizen yang membagikan foto dari soal ujian ini. 

Meski bukan sekali ini nama Youtuber dan selebritis di Indonesia jadi soal dalam ujian. Namun fenomena ini masih jadi hal menarik di negeri ini, terlebih pada ujian kenaikan kelas yang menentukan nasib seorang siswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.