Sukses

4 Sajian Lebaran yang Sebabkan Perut Buncit, Lebih Baik Dihindari

Sajian lebaran yang sebabkan perut buncit didominasi oleh makanan bersantan.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran tentunya penuh dengan berbagai sajian enak yang menggugah selera. Tidak jarang sajian makanan dan minuman ini malah menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi saat lebaran adalah perut buncit. Hal ini tentunya tidak mengherankan lagi bila setiap harinya kamu disediakan berbagai makanan dan minuman enak dan menyantapnya tanpa memikikirkan berbagai akibatnya.

Sajian lebaran yang sebabkan perut buncit didominasi oleh makanan bersantan. Selain itu, makanan dan minuman manis serta kebiasaan makan berlebihan saat lebaran juga merupakan penyebab perut buncit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/5/2019) tentang sajian lebaran yang sebabkan perut buncit

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Manis dan Karbohidrat

1. Makanan atau Minuman Manis

Makanan dan minuman manis merupakan salah satu sajian lebaran yang selalu tersedia saat lebaran. Bahkan mungkin makanan dan minuman manis ini merupakan sajian wajib setiap rumah pada hari lebaran.

Kue lebaran manis, permen, roti manis, minuman bersoda, minuman sirup serta makanan dan minuman manis lainnya yang selalu menggoda dan tentunya akan selalu menjadi sajian wajib.

Sebenarnya makanan dan minuman manis ini tidak secara langsung menyebabkan perut menjadi buncit. Namun, energi dari zat gizi lainnya yang masuk ke dalam tubuh akan berisiko disimpan menjadi lemak, bila kamu telah mengonsumsi makanan dan minuman manis ini.

2. Makanan Karbohidrat

Hari lebaran merupakan hari dimana semua makanan enak dan sajian sajian lezat disuguhkan. Tidak heran banyak orang yang makan dalam porsi yang besar dan tidak terkontrol lagi. Padahal baru saja menyelesaikan ibadah puasa yang merupakan ibadah menahan lapar dan haus selama seharian.

Lebaran membuat asupan makanan pokok yang mengandung banyak karbohidrat akan berlebihan terhadap tubuh. Tidak hanya itu, makanan lainnya seperti lauk tentu saja juga akan dikonsumsi secara berlebihan sebagai teman makanan pokok. Padahal sebagaian besar lauk dan sajian lebaran lainya memiliki banyak sekali kandungan lemak.

Makanan makanan seperti rendang, opor, dan lontong yang biasanya diolah dengan banyak santan dan minyak akan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi karena berasal dari bahan baku protein hewani.

Karbohidrat sebagai sumber energi terbesar dan lemak sebagai zat gizi dengan asupan kalori terbesar akan menyebabkan tubuh secara terpaksa menyimpannya dalam bentuk lemak di dalam perut bila dikonsumsi secara berlebihan.

Dengan begitu, tentu saja sajian lebaran ini dapat menyebabkan perut buncit. Jadi kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, terutama perut buncit.

3 dari 3 halaman

Makanan Bersantan

3. Sayuran Bersantan

Seperti yang telah sama-sama diketahui, sajian lebaran identik dengan makanan-makanan bersantan. Hampir di semua daerah menyediakan makanan utama yang bersantan sebagai sajian lebaran. Salah satu makanan bersantan tersebut adalah sayuran bersantan.

Sayuran tentunya merupakan makanan yang dapat menyehatkan tubuh. Namun saat lebaran banyak sekali makanan yang masuk ke dalam tubuh seperti lauk dan makanan bersantan lainnya. Oleh karena itu, sayuran bersantan juga bisa menghadirkan masalah kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Sayur bersantan bisa menyebabkan perut buncit karena tubuh menyimpan kelebihan zat gizi, seperti lemak dari santan menjadi cadangan energi untuk tubuh. Lemak ini akan menumpuk pada perut dan akan lebih parah lagi bila santan sangat kental atau santan telah dipanaskan secara berulang kali.

Jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan saat lebaran agar perut tidak menjadi buncit.

4. Kue Bersantan

Selain sayuran bersantan, makanan yang mengandung santan lainnya yang biasa disajikan saat lebaran adalah kue bersantan. Akibat yang ditimbulkan dari konsumsi kue bersantan atau jajanan bersantan ini hampir sama dengan mengonsumsi sayuran bersantan, yaitu tubuh akan menyimpan lemak lebih banyak di dalam perut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.