Ini Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Saat Dikonsumsi Waktu Buka Puasa

Oleh Nisa Mutia Sari pada 27 Mei 2019, 15:35 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 16:16 WIB
Manfaat Yoghurt untuk Buka Puasa

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjalankan ibadah puasa, membuat jumlah konsumsi makan dan minum bagi tidak seperti hari-hari biasanya. Namun, dengan waktu yang terbatas ini bukan dijadikan alasan untuk tidak menjaga pola makan yang sehat selama puasa. Saat puasa, hanya porsi waktunya saja yang berkurang. Namun takaran nutrisi yang kamu konsumsi harus tetap selalu terpenuhi dan tercukupi.

Apalagi selama puasa saluran pencernaan menjadi kosong untuk beberapa waktu, yang menyebabkan lapisan enzim di dalam lambung akan berkurang dan membuat dinding perut menjadi mudah perih dan iritasi. Nah, untuk mengembalikan pada kondisi normal pencernaanmu, kamu perlu mengonsumsi yogurt untuk buka puasa.

Ya, mengonsumsi yogurt saat buka puasa ternyata berkhasiat baik untuk pencernaan tubuh. Karena yoghurt digadang-gadang menjadi minuman buka puasa yang pas dan sehat bagi orang yang memiliki masalah pencernaan. Nah, berikut ini Liputan6.com, Senin (27/5/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat mengonsumsi yogurt saat buka puasa.

2 dari 4 halaman

Alasan Yogurt Baik Dikonsumsi Saat Berbuka

Manfaat Yoghurt untuk Buka Puasa
Yoghurt (via: Lambshoppe.com)

Selama menjalankan puasa, tubuh akan mengalami beberapa perubahan biologis. Terutama perubahan pada enzim lambung (untuk mencerna makanan). Biasanya enzim ini diproduksi secara normal oleh sistem pencernaan, tapi sementara akan berhenti diproduksi atau perlahan berkurang karena tubuh tidak makan apa-apa untuk beberapa waktu.

Nah, hal ini menyebabkan lapisan enzim di dalam lambung akan berkurang dan kadang membuat dinding perut jadi mudah perih dan iritasi. Hal ini mengakibatkan tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi lagi dengan makanan. Sehingga makanan pertama yang dikonsumsi saat buka puasa, menjadi penentu guna mengembalikan produksi enzim ini.

Disinilah yogurt berperan untuk proses pengenalan kembali makanan secara perlahan. Karena yogurt merupakan asupan makanan atau minuman sederhana yang mudah dicerna untuk mendukung proses ini. Oleh karena itu, mengonsumsi yogurt saat puasa sangat dianjurkan, karena minuman berbahan dasar susu ini merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik.

Probiotik inilah yang mampu memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh saat puasa, terutama untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Makan yogurt saat puasa dapat meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap makanan dan juga bisa mencegah sembelit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Saat Dikonsumsi Waktu Berbuka

Manfaat Yogurt untuk Buka Puasa
Yogurt / Sumber: iStockphoto

Sumber Kalsium

Yogurt nerupakan produk dari turunan susu, sehingga kandungan kalsium pada yogurt sangat baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu, yogurt juga bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Probiotik

Manfaat yogurt yang paling utama adalah bisa membantu kinerja baik pada usus, sehingga bisa bekerja secara optimal. Apalagi saat menjalankan puasa, saluran pencernaan kerap kali kosong. Nah, saat mengonsumsi yogurt ini bisa membantu bakteri baik di dalam usus agar dapat bekerja dengan baik. Soalnya, selama puasa atau lebih dari 12 jam, bakteri tersebut tidak mencerna makanan.

Serat

Kandungan serat yang sangat tinggi pada yogurt mampu membantu mengoptimalkan saluran cerna dan menstabilkan gula darah saat berbuka puasa. Adapun jenis yogurt yang perlu kamu pilih untuk mendapatkan manfaatnya secara utuh.

Ya, ada baiknya untuk memilih jenis plain yogurt atau yogurt tawar tanpa campuran. Biasanya, yogurt jenis ini tidak mengandung gula.

Manfaat baik dari yogurt ini bisa benar-benar kamu dapatkan, jika kamu memilih dan mengonsumsi yogurt tanpa campuran. Karena yogurt yang ditambah dengan rasa biasanya mengandung gula tinggi, yang tentunya tidak disarankan untuk menu buka puasa.

4 dari 4 halaman

Tips Memilih Yogurt Selama Berpuasa

Manfaat Yogurt untuk Buka Puasa
Yogurt dengan Topping Buah-buahan / Sumber: iStockphoto

Tak perlu dipungkiri lagi soal manfaat baik dari yogurt ini. Namun, bukan berarti kamu boleh asal-asalan dalam mengonsumsinya. Kamu perlu memperhatikan takaran jumlah konsumsi yogurt dalam seharinya.

Sebab, bila mengonsumsi yogurt dengan berlebihan dan tidak memilih jenis yogurt yang tepat, maka akan menimbulkan penyakit yang lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan tips yang bisa kamu terapkan saat ingin menjadikan yoghurt ke dalam menu buka puasa.

Pilih Yoghurt yang Rendah Lemak

Jika kamu ingin menjadikan yogurt sebagai santapan untuk berbuka, sebaiknya kamu memilih jenis yogurt yang rendah lemak atau murni tanpa varian rasa. Soalnya, jika memilih yogurt dengan memiliki tambahan gula atau perasa, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Tambahkan Potongan Buah Segar

Agar memiliki tekstur dan rasa, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar seperti apel, pisang, dan kurma atau kacang-kacangan ke dalam yogurt jika ingin ada rasa.

Batasi Konsumsinya

Department of Agriculture di Amerika Serikat menyarankan batasan konsumsi yoghurt dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari satu cangkir. Soalnya, dalam satu cangkir yogurt murni mengandung 73 kalori, sehingga jika mengonsumsinya melebihi takaran tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Lanjutkan Membaca ↓