5 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Cegah Hipertensi

Oleh Husnul Abdi pada 09 Jun 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 09 Jun 2019, 08:00 WIB
ikan tongkol

Liputan6.com, Jakarta Ikan tongkol merupakan salah satu makanan yang cukup sering ditemui di berbagai rumah makan. Tidak jarang juga orang memesan ikan tongkol karena memang rasanya yang lezat dan cocok menjadi pendamping makan nasi.

Ikan tongkol ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang nikmat. Karena itu ikan tongkol menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Dengan berbagai macam nutrisi yang dikandungnya, maka bisa menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Namun jangan terlalu berlebihan dan tetap atur asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kamu setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/5/2019) ragam manfaat ikan tongkol untuk kesehatan.

2 dari 3 halaman

Mencegah Hipertensi dan Penyakit Jantung

Ilustrasi jantung (iStock)
penyakit jantung. (sumber: iStock)

1. Mencegah Hipertensi

Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan tongkol dapat mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus juga bisa menurunkan risiko terkena hipertensi. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti potassium serta vasodilator yang sangat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah. Dengan terkendalinya tekanan darah karena kadnungan ikan tongkol ini, maka hal tersebut akan mendukung sistem kardiovaskular agar menjadi lebih sehat pula. Serangan jantung, stroke serta penerasan pembuluh darah dapat diatasi karena kandungan kandungan yang terdapat pada ikan tongkol ini. Namun, manfaat manfaat ikan tongkol ini tidak bisa didapatkan bila sembarangan mengolahnya. Penggunaan garam terlalu banyak tetap bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Selain itu, menggoreng atau emngolahnya dengan santan harus diperhatikan pula, karena dikhawatirkan bisa memberikan efek kesehatan yang kurang baik bagi tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kadar asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan tongkol dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Ikan tongkol memang mengndung kadar asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah arteri. Dengan fungsinya tersebut, mengonsumsi ikan tongkol dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit kronis.

3 dari 3 halaman

Mencegah Peradangan dan Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi berat badan
Ilustrasi berat badan. (sumber: iStock)

3. Mencegah Peradangan

Manfaat ikan tongkol selanjutnya adalah dapat mencegah peradangan.  Kandungan kolesterol baik dan zat anti peradangan dalam ikan tongkol dapat membuat tubuh kamu tidak mudah terkena stres fisik dan psikis. Dengan fungsi ini, mengonsumsi ikan tongkol dapat membuat kamu tidak mudah jatuh sakit dan mendukungsemua sitem tubuh berjalan dengan baik. ikan tongkol juga efektif untuk mencegah asam urat dan nyeri akibat arthritis.

4. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu masalah yang sangat sering dialami orang Indonesia. Hal ini terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Sebenarnya hanya dengan menerapkan pola akan sehat dengan rajin makan ikan, masalah kelebihan berat badan ini tidak akan muncul lagi. Oleh karena itu, ikan tongkol sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena kandungan kalori ikan tongkol yang rendah namun kaya akan protein. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya akan membuat tubuh meproduksi leptin yang membantu kamu untuk menahan keinginan makan berlebihan.

5. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan selanjutnya adalah memperbaiki sirkulasi darah. Ikan tongkol memang sudah terkenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan oembuluh darah. Kandungan zat besi dan vitamin B dalam ikan tongkol yang tinggi membuat proses pembentukan sel darah merah tetap terjaga. Jadi kamu bisa menghindari terkena anemia dengan konsumsi ikan tongkol.

Lanjutkan Membaca ↓