6 Khasiat Madu dan Susu untuk Kesehatan Kulit Wajahmu

Oleh Nisa Mutia Sari pada 07 Jun 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2019, 16:13 WIB
Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang cerah, bersih, dan terawat tentu menjadi impian bagi setiap orang, terlebih untuk para perempuan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, tidak sedikit perempuan melakukan serangkaian perawatan. Baik itu perawatan yang dilakukan sendiri di rumah atau perawatan di klinik kecantikan dengan memakai produk terbaiknya.

Sebenarnya, tanpa melakukan perawatan di klinik khusus kecantikan, kamu tetap bisa mendapatkan kulit wajah agar terlihat lebih cerah dan bersih. Ya, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah madu dan susu.

Kandungan nutrisi dari kedua bahan alami ini terkenal dengan khasiatnya yang bisa mencerahkan, melembabkan, dan membuat kulit tampak putih secara alami.

Berikut ini Liputan6.com telah melansir dari Boldsky tentang cara membuat masker dari madu dan susu, Jumat (7/6/2019). Ditambah juga dengan serangkaian khasiat dari penggunaan masker madu dan susu jika digunakan secara rutin pada kulit wajah.

2 of 4

Cara Membuat Masker dari Madu dan Susu

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu
Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto

Susu dan madu memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Jika keduanya digunakan pada kulit wajahmu, maka akan memberikan hasil kulit yang sempurna. Berikut ini cara membuat perawatan wajah dengan menggunakan madu dan susu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- ½ gelas susu.

- 3-4 sendok makan madu murni.

Cara membuatnya:

1. Bersihkan muka dengan mencucinya dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu, kemudian keringkan.

2. Masukkan susu ke dalam mangkuk.

3. Tambahkan madu di dalamnya dan aduk hingga tercampur rata.

4. Aduk terus hingga madu tercampur semuanya pada susu.

5. Setelah siap, gunakan kapas untuk mengaplikasikan racikan madu dan susu ini. Kamu bisa mencelupkan kapas ke dalam campuran ini dan oleskan ke wajah hingga leher.

6. Kamu bisa mengoleskannya sebanyak 2 – 3 lapis.

7. Diamkan racikan ini mengering selama 10 – 15 menit.

8. Jika sudah kering, kamu bisa membersihkannya dengan air dingin.

9. Kemudian tepuk-tepuk wajah kamu dengan lembut menggunakan handuk.

10. Untuk tahap akhir, kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner dan diamkan. Langkah yang ini hanya opsional saja, tidak diwajibkan.

Inilah racikan perawatan wajah dengan menggunakan susu dan madu yang bakal membuat kulit wajahmu menjadi sehat. Gunakan racikan ini dengan teratur, dan lihatlah perbedaan kulit kamu.

3 of 4

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu
Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto

Melembabkan Kulit

Di dalam madu terdapat humektan alami yang fungsinya untuk membantu melembabkan kulit. Hal inilah yang memberi kondisi kulit menjadi lembut dan kenyal. Selain itu, ada asam laktat yang terkandung di dalam susu. Kandungan ini membuat kulit kamu menjadi halus dan membuat kulit menjadi bersih juga sehat.

Mencerahkan Kulit

Saat pertama kali mengenakan masker madu dan susu pada wajah, maka kamu sudah bisa melihat hasilnya langsung yaitu kulit menjadi lebih bercahaya. Madu tidak hanya membuat kulit wajahmu menjadi kenyal, tetapi juga bisa melindungi kulit dan menjadikannya lebih segar. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan pada madu. Begitu juga dengan susu, yang memiliki kandungan asam laktat yang bisa membersihkan kulit dan menjadikannya bercahaya.

Membersihkan Kulit

Madu yang memiliki sifat antibakteri bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya dan madu bisa menjaga kesehatan kulit ini. Begitu juga dengan susu yang bisa dijadikan pembersih. Kandungan asam alfa hidroksi di dalam susu yang mampu membuat sel kulit mati terkelupas. Hal ini menjadikan kotoran pada kulit menjadi hilang, sehingga kulit menjadi bersih.

4 of 4

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu
Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto

Memulihkan Jerawat

Masker madu dan susu ini juga bisa membantu kamu yang memiliki masalah jerawat pada wajah. Kandungan antibakteri pada madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan bisa mencegah munculnya jerawat.

Selain itu, adanya sifat anti-inflamasi yang bisa membantu menenangkan peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat. Vitamin C yang ada di dalam susu juga dapat membantu mengobati jerawat dan peradangan atau bekas lukanya.

Mengurangi Bekas Luka dan Pigmentasi

Menggunakan masker madu dan susu dengan teratur, mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan untuk penampilan kulit wajah kamu. Ya, masker madu dan susu ini mampu membantu mengurangi bekas luka dan pigmentasi. Hal ini akan menjadikan warna kulit merata.

Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalam susu memiliki efek penyembuhan pada kulit dan membantu bekas luka dan pigmentasi agar kulit menjadi bersih atau mulus.

Menunda Penuaan Dini

Campuran madu dan susu bisa membuat kondisi kulit kamu menjadi kencang dan awet muda. Madu akan menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, asam laktat pada susu bisa membuat kulit menjadi kencang dan mengurangi munculnya keriput.

Lanjutkan Membaca ↓