Sukses

Mengenang Laila Sari Artis Meninggal di Usia 82 Tahun, Ini 6 Fakta Kehidupannya

Siapa yang tak mengenak sosok nenek lincah dan rocker, Laila Sari.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal sosok nenek lincah dan rocker, Laila Sari. Laila Sari atau yang biasa dikenal dengan nama Neli telah berpulang pada 20 November 2017 lalu. Tapi kepergian nenek 82 tahun ini masih menyesakan kesedihan bagi keluarga dan khalayak luas. 

Nurlaila Sari Jahrotuljannah lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, pada 4 November 1935. Itulah yang membuat komedian senior ini disebut sebagai artis tiga zaman.

Laila Sari meninggal dunia di rumahnya. Laila Sari meninggal diduga karena kelelahan. Faktor itulah yang diduga menjadi penyebab kematian aktris senior ini.

Diketahui ia meninggal setelah dirinya pulang dari stasiun TV Swasta, mengambil uangnya yang belum dilunasi. Sebelum meninggal, Laila sempat sesak nafas dan pada akhirnya mengembuskan nafas terakhir.

Laila Sari dimakamkan di pemakaman umum Karet Bivak, Jakarta Pusat. Saat itu jenazahnya diantarkan oleh ambulans dan diiringi ratusan ojek online. Tidak seperti artis lainnya, pada pemakaman artis senior benama lengkap Nur Laila Sari Jahrotuljannah itu, justru tidak terlihat satupun artis yang hadir.

Untuk mengenang Laila Sari, berikut 6 fakta kehidupannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mulainya Karier

Laila Sari memang sudah tidak asing di dunia hiburan tanah air. Artis senior satu ini memang memiliki kemampuan menyanyi yang luar biasa. Ia memulai karir di dunia hiburan dimulai dari tahun 1951.

Ia mengawali karier sebagai pemain sandiwara dan penyanyi. kariernya dilanjutkan dengan bermain dalam film layar lebar. Ia juga bermain dalam sejumlah sinetron, ketika film layar lebar mengalami kemunduran.

 

3 dari 7 halaman

2. Tinggal di Rumah Sederhana

Laila Sari sudah tampil di layar kaca sejak tahun 1950-an, tapi selama berkarier dia menempati rumah sangat sederhana di Tangkiwood, Jakarta Barat. Kondisi rumahnya juga dikabarkan sangat memprihatinkan. Bocor di mana-mana, hingga lantainya jadi kusam.

4 dari 7 halaman

3. Bangkrut

Di tahun 1960, Laila Sari dikabarkan menikah dengan seniman bernama Murdadi Iskandar. Mereka pun hidup bahagia sampai akhirnya sang suami menderita stroke selama hampir enam tahun. Pada saat yang sama, ibundanya juga dirawat di rumah sakit karena usia yang sudah senja.

Di saat itulah Laila Sari meninggalkan status keartisannya sejenak untuk merawat dua orang yang paling dicintainya itu. Untuk membayar biaya pengobatan, hartanya pun ikut terkuras. Usai suami dan ibunya meninggal dunia, kondisi perekonomian Laila Sari makin memburuk.

5 dari 7 halaman

4. Menggadaikan barang untuk hidup

Pasca meninggalnya suami dan ibunda, perekonomian Laila Sari terguncang. Dia pun dikabarkan menggadaikan barang dan perhiasannya untuk hidup. Selain itu, artis yang sudah membintangi puluhan film ini harus menghadapi biaya listrik, telepon, dan air yang menunggak.

6 dari 7 halaman

5. Tulang punggung keluarga sejak muda

Sejak muda, Laila Sari sudah menjadi tulang punggung keluarga. Sebagai artis yang dapat kerjaan tidak tentu, Laila Sari juga tak punya dana pensiun. Itu yang menjadi alasan ia masih rajin bekerja di usia senja.

7 dari 7 halaman

6. Makan Bubur Cuma Pakai Garam

Laila Sari mengalami hidup susah di masa tuanya. Ia serba kekurangan. Pendapatannya sebagai artis di tahun 1970-an tidak bisa menunjang kehidupan sekarang. Apalagi, setelah sang suami meninggal dunia. Bahkan pernah beberapa tahun silam, ia pernah tidak punya uang sama sekali, tabungannya kosong. Ditambah lagi kondisinya menganggur saat itu. Karena itu tidak mampu membeli lauk untuk berbuka puasa dan santap sahur. Ia terpaksa harus makan bubur dengan garam selama puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.