Sukses

Menilik The Airlander 10, Pesawat Helium Terbesar di Dunia

Pesawat helium terbesar di dunia, The Airlander 10, akan dikembangkan kembali untuk dikomersilkan setelah percobaan penerbangan tahun 2016.

Liputan6.com, Jakarta Pesawat helium terbesar di dunia, The Airlander 10 akan dikembangkan kembali untuk dikomersilkan setelah percobaan penerbangan tahun 2016. Pesawat helium terbesar di dunia yang telah dikembangkan di Inggris selama 7 tahun ini memiliki ukuran satu lapangan bola dan ketinggian dari 6 bus bertingkat, seperti yang Liputan6.com lansir dari Daily Mail, Rabu (5/6/2019).

The Airlander 10 merupakan pesawat helium terbesar di dunia yang juga memiliki julukan ‘Flying Bum’. The Airlander 10 sendiri bisa diterbangkan tanpa awak dengan remote control.

Awalnya, The Airlander 10 adalah proyek Angkatan Darat AS untuk pesawat mata-mata. Proyek ini kemudian ditinggalkan pada tahun 2012.

Pemerintahan Inggris akhirnya meneruskan pembuatan pesawat ini untuk kebutuhan penerbangan sipil. The Airlander 10 yang memiliki panjang 92 meter, lebar 34 meter, dan tinggi 26 meter dipompa dengan 38.000 kubik gas helium. Sebagai perbandingan, pesawat ini 15 kali lebih besar dibanding dengan pesawat jet penumpang biasanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

The Airlander 10

 

The Airlander 10 tersebut memiliki kecepatan maksimal 148 km per jam, mampu mengudara selama tiga minggu, dan menampung hingga 50 penumpang. Airlander 10 juga memiliki kemampuan untuk mengudara dalam temperatur ekstrem, menjadikannya sebagai kendaraan yang paling memadai untuk melakukan pencarian dan penyelamatan, observasi lingkungan serta pemantauan polisi.

Dipacu oleh empat mesin diesel turbo charger, Airlander 10 hanya menghabiskan seperempat bahan bakar yang umumnya digunakan oleh pesawat terbang. The Airlander 10 sendiri telah mendapatkan ijin terbang dari Badan Keselamatan & Otoritas Penerbangan Sipil Inggris.

Proyek Airlander 10 ini mendapatkan dukungan dari sejumlah selebriti, di antaranya penyanyi Iron Maiden, Bruce Dickinson dan pengusaha Richard Branson. Berikut potret penampakan The Airlander 10, pesawat helium terbesar di dunia.

3 dari 6 halaman

1. Interior dari The Airlander 10

4 dari 6 halaman

2. Penerbangan perdana The Airlander disaksikan oleh masyarakat Bedford

5 dari 6 halaman

3. The Airlander 10 diharapkan akan mulai terbang lagi tahun 2020

6 dari 6 halaman

4. Menjadi pesawat ramah lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.