Tips Belanja Baju Lebaran Tanpa Menguras Uang, Tetap Hemat

Oleh Nisa Mutia Sari pada 02 Jun 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 09:13 WIB
Tips Belanja Hemat

Liputan6.com, Jakarta Ibadah puasa Ramadan sebentar lagi akan berakhir, saatnya umat Muslim bersiap untuk menyambut hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Untuk menyambut Lebaran ini, umat Muslim kerap melakukan berbagai persiapan mulai dari dekorasi rumah, makanan khas Lebaran, hingga membeli baju Lebaran.

Ya, Lebaran tidak hanya identik dengan sajian makanan khas Lebaran saja, melainkan juga identik dengan menyiapkan barang-barang baru seperti membeli baju baru. Meskipun membeli baju baru ini bukan sesuatu hal yang diharuskan, namun kebanyakan orang tetap ingin memiliki baju baru agar dapat tampil terbaik saat hari raya nanti.

Apalagi bagi kamu yang sudah bekerja, pastinya akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja baju baru. Nah, agar uang THR kamu tak habis begitu saja, kamu bisa tetap mengontrolnya agar tidak habis. Menjadi boros saat belanja baju Lebaran ini sangat mungkin terjadi jika kamu tidak bisa mengelola uang dengan baik.

Untuk menghindari pemborosan saat belanja baju Lebaran, kamu perlu mempunyai strategi agar tidak boros dan tetap bisa hemat saat membeli baju Lebaran. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari beberapa sumber untuk memberikan tips hemat membeli baju Lebaran, Minggu (2/6/2019).

2 of 4

Menentukan Bujet dan Pakaian yang Ingin Dibeli

Tips Belanja Hemat
Berbelanja Baju / Sumber: iStockphoto

Menentukan Bujet

Kalau kamu sudah memiliki daftar belanja baju lebaran yang ingin dibeli, selanjutnya kamu perlu menentukan bujet. Ada baiknya juga saat sebelum belanja, kamu mengetahui berapa jumlah uang yang akan digunakan untuk berbelanja baju lebaran. Jangan sampai berbelanja melewati bujet yang sudah kamu tentukan.

Menentukan Baju yang Ingin Dibeli Sebelum Belanja

Penting untuk melakukan perencanaan sebelum kamu berbelanja pakaian. Sebab, jika belanja tanpa perencanaan apa yang dibeli, maka akan membahayakan karena nantinya akan membuat kamu tergiur dengan barang-barang lainnya dan berujung pada pemborosan.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menentukan ingin belanja pakaian apa. Kemudian buatlah daftar baju lebaran apa saja yang ingin kamu beli dan ditujukan untuk siapa.

3 of 4

Fokus dengan Merek dan Bisa Belanja Pakaian Preloved

Tips Belanja Hemat
Belanja Baju / Sumber: iStockphoto

Cukup Fokus dengan Merek Saja

Penyebab belanja baju bisa menjadi sangat boros karena kamu begitu banyak melihat beraneka ragam model pakaian. Akan lebih baik jika kamu bisa lebih fokus untuk memilih pakaian dengan brand atau merek tertentu saja. Hal ini akan membantumu untuk lebih fokus atau mengerucutkan pilihan, sehingga kamu tidak tergoda untuk membeli pakaian yang lainnya.

Bisa Menggunakan Barang Bekas atau Preloved

Agar bisa tetap hemat saat belanja baju lebaran, kamu bisa memilih untuk membeli pakaian yang sudah pernah dipakai atau preloved dengan kualitas yang baik. Ya, merayakan lebaran tidak melulu harus menggunakan baju baru.

Jika dirasa baju yang ada di toko terlalu mahal, tidak ada salahnya untuk membeli barang preloved atau barang yang sudah pernah dipakai. Cara ini sangat hemat, bukan?

4 of 4

Jangan Terbutu-buru dan Cari Diskonan

Tips Belanja Hemat
Belanja Baju Diskon / Sumber: iStockphoto

Jangan Terburu-buru

Tidak dipungkiri bagi beberapa orang membeli baju baru hanya karena bosan. Tidak ada salahnya jika kamu melihat-lihat terlebih dahulu. Memang, cara ini bakal menghabiskan banyak waktu.

Namun cara ini akan menuntun kamu untuk memilih kebutuhan yang tepat. Hal ini juga mengajarkan, kalau kamu bisa membeli baju bukan berdasarkan keinginan, melainkan kebutuhan. Jadi, penting banget untuk memikirkannya secara matang.

Cari Baju Diskon

Saat menjelang lebaran, banyak pusat perbelanjaan yang menyelenggarakan diskon. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk ingin mencari baju lebaran yang murah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencari tahu tentang diskon di setiap pusat perbelanjaan agar kamu tidak kelewatan saat diskon sudah dimulai.

Lanjutkan Membaca ↓