Lindungi Mobil dari Panas dengan Kotoran Sapi, Aksi Wanita Ini Bikin Geleng-Geleng

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 24 Mei 2019, 13:15 WIB
Diperbarui 24 Mei 2019, 13:15 WIB
Mobil dengan Kotoran Sapi
Perbesar
Mobil dengan Kotoran Sapi (sumber: facebook/Rupesh Gauranga Das)

Liputan6.com, Jakarta Iklim setiap negara bisa selalu berbeda dan tak sama. Belahan dunia lain mungkin memiliki suhu dan musim yang berbeda. Seperti sejumlah kota di India dikabarkan tengah diterjang cuaca panas, salah satunya adalah kota Ahmedabad. Di siang hari, suhu udara di kota ini bisa mencapai 45 derajat celcius. Saking panasnya, aspal di India meleleh, membuat warga kesulitan melintasinya.

 

Suhu yang tinggi tersebut tentu juga bisa merusak beberapa bagian kendaraan apabila terlalu lama dibiarkan di luar dan terpapar sinar matahari langsung. Ada seorang wanita India yang punya cara tersendiri untuk melindungi mobil kesayangannya dari cuaca panas dengan menggunakan sesuatu yang tak biasa.

Seperti yang Liputan6.com lansir dari lansir The Indian Express, Jumat (24/5/2019), foto yang menampilkan sebuah mobil yang tertutup kotoran sapi saat cuaca panas menjadi viral setelah diunggah pertama kali oleh pemilik akun Facebook Rupesh Gauranga Das.

2 dari 2 halaman

Melindungi dari Suhu Panas

Pemilik akun Facebaook Rupesh Gauranga Das menuliskan "Cara terbaik yang pernah aku lihat dalam memanfaatkan kotoran sapi,".

"Demi melawan suhu panas hingga 45 derajat dan melindungi mobilnya, Nona Sejal Shah telah melapisi mobilnya menggunakan kotoran sapi," lanjut postingan tersebut.

Kotoran sapi sendiri di India telah sejak lama dimanfaatkan oleh penduduk di pedesaan, terutama untuk melapisi tembok dan lantai rumah. Hal tersebut diyakini akan membantu suhu udara di dalam rumah tetap sejuk saat cuaca panas dan hangat saat cuaca dingin.

Kotoran sapi yang digunakan untuk pelapis biasanya telah dicampur dengan jerami untuk kemudian dibiarkan kering oleh sinar matahari. Kotoran sapi dapat diperoleh dengan mudah di India, di mana masyarakatnya yang mayoritas menganut agama Hindu, menganggap sapi sebagai hewan suci dan kerap dibiarkan berkeliaran di area terbuka.

Best use of cow dung I have ever seen It’s in Amdavad To counter 45 degrees heat temperatures and protect car from getting hot Mrs. Sejal shah has plastered her car with cow dung Getting cool 😎

Posted by Rupesh Gauranga Das on Monday, 20 May 2019
Lanjutkan Membaca ↓