Khawatir dengan Cacar Monyet, Begini Cerita 2 Artis Tanah Air

Oleh Heri Setiawan pada 20 Mei 2019, 21:31 WIB
Waspada Cacar Monyet Yang Ditularkan Hewan Liar

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini cacar monyet atau monkeypox menjadi topik hangat usai Singapura mengumumkan kasus ini untuk pertama kalinya. Pada awal Mei 2019 lalu seorang warga negara Nigeria positif terinfeksi penyakit ini saat mengikuti lokakarya di Negeri Singa tersebut. 

Tak ayal kejadian tersebut membuat gempar dunia, karena sampai saat ini belum ada obat khusus untuk menangani penyakit tersebut.

Cacar monyet muncul pertama kali di Afrika sejak 1970. Dikutip dari WHI.int, di Afrika, infeksi cacar monyet ditemukan pada banyak spesies hewan, seperti tupai tali, tupai pohon, tikus Gambia, dormice dan primata.Tak mudah untuk mendeteksi cacar monyet, harus melakukan tes laboratorium secara khusus untuk melihat penyakit ini.

Meskipun sulit dideteksi, namun ada gejala-gejala umum pada penderita cacar monyet. Saat ini sejumlah daerah di Indonesia mewaspadai agar penyakit tersebut tidak menyebar ke wilayah mereka.. Hal ini juga sempat menjadi perhatian dua seleb tanah air terkait fenomena cacar monyet yang belakangan membuat heboh dunia.

Berikut Liputan6.com rangkum cerita 2 artis tanah air yang terkait penyakit cacar monyet, Senin (20/5/2019).

2 of 4

Ruben Onsu khawatir soal cacar monyet

[Fimela] Ruben Onsu dan Sarwendah
Ruben Onsu dan Sarwendah

Penyakit cacar monyet di Singapura menimbulkan kecemasan. Pasalnya penyakit itu dianggap berbahaya dan mematikan. Hal ini juga menjadi perhatian oleh Ruben Onsu yang istrinya Sarwendah  rencananya akan melahirkan anak kedua di Singapura. Saat ini, Sarwendah sudah berada di negara tetangga tersebut untuk menyiapkan persalinan.

Namun begitu, ada hal yang sempat membuat Ruben Onsu khawatir dengan kondisi istri dan calon anaknya. Yaitu, cacar monyet yang sedang mewabah di Singapura. Beruntung, wabah tersebut tak segenting yang dibayangkan. Ruben menuturkan bahwa Sarwendah berada dalam keadaan yang sehat dan aman.

Awalnya Ruben Onsu sempat khawatir terkait penyakit ini, namun setelah mengetahui dan dapat beragam penjelasan, Roben Onsu sudah tidak khawatir dan baik-baik saja.

3 of 4

Tanggapan Rafael Tan tentang cacar monyet

Artis lain yang menanggapi isu terkait cacar monyet ini adalah Rafael Tan. Mantan personel dari grup musik SM*SH ini mengaku sempat jadi momok yang menakutkan untuk dirinya. Pasalnya, penyakit cacar monyet ini merupakan penyakit baru dan langsung mengingatkannya pada kasus flu burung silam yang juga sempat heboh.

Kendati demikian ia mengaku berusaha semaksimal mungkin untuk tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Bukan tanpa sebab, ia hanya tak ingin ketakutannya itu justru menjadi sugesti yang buruk untuk dirinya sendiri.

Tak hanya itu, Rafale hanya ingin lebih memilih untuk fokus dengan menjaga kesehatannya saja. Menjaga pola hidup dirasa akan cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jauh dari tertularnya cacar monyet tersebut.

4 of 4

Sejarah singkat penyakit cacar monyet

Cacar monyet adalah sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus cacar monyet yang dapat timbul pada hewan tertentu termasuk manusia. Gejalanya dimulai dengan demam, sakit kepala, nyari otot, pembengkakan kelenjar getah bening dan rasa lelah.

Penyakit cacar monyet ini pertama kali muncul pada pedesaan di Afrika barat dan tengah. Kasus penyakit ini kerap ditemui di dekat hutan hujan tropis di mana terdapat kontak yang sering dengan hewan terinfeksi. Tidak ada bukti hingga saat ini bahwa persebaran dari orang ke orang dapat menularkan cacar monyet pada manusia.

Hingga saat ini, persebaran penyakit ini diketahui hanya dari hewan ke manusia. Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau bekas luka dari hewan yang terinfeksi. Ciri-ciri cacar monyet yang muncul pada seseorang bisa terjadi antara 5-21. Namun sebagian besar masa inkubasi atau waktu dari infeksi menuju gejala terjadi antara 7-14 hari.

Kasus penyakit ini kerap ditemui di dekat hutan hujan tropis di mana terdapat kontak yang sering dengan hewan terinfeksi. Tidak ada bukti hingga saat ini bahwa persebaran dari orang ke orang dapat menularkan cacar monyet pada manusia.

Lanjutkan Membaca ↓