Sukses

7 Hal Sederhana yang Tanpa Disadari Bisa Picu Gangguan Kecemasan

Ada sejumlah kebiasaan sederhana yang juga bisa memicu kecemasan.

Liputan6.com, Jakarta Kecemasan adalah reaksi alami tubuh terhadap stres. Kecemasan dapat meliputi perasaan takut atau khawatir tentang apa yang akan terjadi. Hari pertama sekolah, pergi ke wawancara kerja, atau berpidato dapat menyebabkan kebanyakan orang merasa takut dan gugup.

Jenis kecemasan ini memang tidak menyenangkan, tetapi mungkin memotivasimu untuk bekerja lebih keras dan melakukan pekerjaan yang lebih baik. Kecemasan yang biasa adalah perasaan yang datang dan pergi, tetapi tidak mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Tetapi jika perasaan cemasmu ekstrem, bertahan lebih dari enam bulan, dan mengganggu hidupmu, kamu mungkin mengalami gangguan kecemasan. Maka dari itu penting untuk mengontrol kecemasan agar tidak menimbulkan masalah psikologi berkelanjutan.

Meski kecemasan dapat ditimbulkan dari lingkungan dan situasi sekitar, ternyata ada sejumlah kebiasaan lain yang juga bisa memicu kecemasan. Berikut adalah 8 hal yang dapat menyebabkan kekacauan emosional yang mungkin tanpa disadari telah kamu lakukan seperti dilansir Liputan6.com dari Live Strong, Selasa (4/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Terlalu Banyak Gula Rafinasi

Gula rafinasi atau gula kristal putih adalah gula mentah yang telah mengalami proses pemurnian untuk menghilangkan molase sehingga gula rafinasi berwarna lebih putih dibandingkan gula mentah yang lebih berwarna kecokelatan.

Menurunkan berat badan bukan satu-satunya alasan kamu harus mengurangi asupan gula. Konsumsi gula ini juga dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan mental.

"Makanan kita secara langsung terkait dengan neurotransmiter, hormon, dan semua pekerjaan fisik tubuh," kata Talia Mandel, PsyD, seorang psikolog klinis di New York University. "Jadi, jika kita tidak cenderung melakukan diet sehat, pada akhirnya akan membawa tubuh kita pada kehancuran. Selain itu, gula meningkatkan kortisol yang kemudian dapat meningkatkan kecemasan."

Alih-alih memakan kue dan permen, cobalah mengganti buah segar, pemanis alami seperti madu atau sepotong cokelat hitam untuk mengekang keinginan gulamu.

3 dari 8 halaman

Tidak Cukup Tidur dan Konsumsi Kafein

"Tidur dalam bioritme tubuh memengaruhi semua kerja tubuh, tetapi khususnya kecemasan," kata Mandel. "Memiliki pola tidur yang teratur sangat penting karena kita harus mengisi ulang tenaga selama jam-jam penting."

Itu bukan berarti kamu harus tidur antara pukul 10 malam dan 6 pagi setiap malam. Tetapi cobalah untuk menemukan jadwal reguler yang sesuai untukmu dan patuhi sebanyak mungkin.

"Sangat penting untuk memiliki pola tidur yang sama setiap malam dan dalam beberapa jam bioritme paling terbiasa sehingga mereka akan bekerja secara efisien," kata Mandel.

Selain itu, ketika kamu mulai menyeruput kembali cangkir kopi besar setiap beberapa jam, kamu mungkin akan memiliki masalah.

"Selain tidak memiliki pola makan yang baik yang baik atau jadwal tidur yang teratur, kita terpaksa menggunakan stimulan yang secara alami mengarah pada peningkatan kecemasan," kata Mandel. Alih-alih konsumsi kafein dari kopi, cobalah peningkatan energi alami seperti olahraga, meditasi, atau sepotong kecil cokelat hitam.

4 dari 8 halaman

Terlalu Banyak Kontak dengan Layar Digital

Dari ponsel, iPad, hingga komputer, hampir tidak mungkin untuk melepaskan diri dari godaan untuk menelusuri Instagram atau Facebook. Sayangnya, kecenderungan ini menciptakan gagasan yang dikuratori tentang seperti apa hidupmu seharusnya.

"Terlalu banyak berkontak dengan layar, menjadikan kamu terlalu merangsang otak," kata Mandel.

"Di sepanjang garis yang sama, media sosial menyebabkan sejumlah besar kecemasan. Bukan hanya karena kontak layar tetapi karena konsep 'takut ketinggalan,' yang akhirnya menyebabkan sejumlah besar kecemasan yang tidak perlu."

Mandel merekomendasikan membatasi diri hanya satu atau dua jam sehari, karena mengurangi waktu kontak layar dan media sosialmu tidak hanya mengurangi stres dan kecemasan, itu juga akan memberimu lebih banyak waktu luang untuk benar-benar menjalani hidup.

5 dari 8 halaman

Terlalu Perfeksionis

Siapa yang belum melihat Pinterest dan mencoba meniru kue-kue gaya bakery, pesta ulang tahun yang sempurna sesuai gambar, atau tatanan rambut keren? Tetapi ketika ini menjadi kebiasaan yang memberikan lebih banyak tekanan daripada kesenangan, mungkin sudah saatnya untuk melihat dengan baik dan keras di cermin dan bertanya pada diri sendiri, "Apakah itu sepadan?"

"Kita sering menciptakan tuntutan tinggi bagi diri kita sendiri bahwa, pada akhirnya, kita tidak dapat hidup sesuai harapan, yang pada akhirnya menyebabkan kita cemas," kata Mandel.

"Jika kita akan menetapkan harapan yang lebih realistis, memiliki lebih banyak fleksibilitas dan memberikan cinta pada diri kita sendiri daripada kekecewaan terus-menerus, kita pasti akan mengalami lebih sedikit kecemasan."

6 dari 8 halaman

Lupa untuk Bernapas

Kedengarannya sederhana, bukan? Jelas, semua orang perlu bernapas. Tetapi lupa untuk bernapas secara sadar dapat menghasilkan tingkat kecemasan yang tinggi.

"Ketika kita mengambil napas pendek, itu dapat menyebabkan masalah yang signifikan karena pernapasan sadar mengurangi kecemasan," kata Mandel.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sistem saraf simpatik tidak dapat diaktifkan ketika kamu tidak ingat untuk mengambil napas dalam-dalam sepanjang hari."

Dalam sebuah penelitian 2007 yang dilakukan di Boston University, para peneliti menemukan bahwa para peserta yang berlatih yoga selama 12 minggu dan pernapasan sadar melihat peningkatan nyata dalam kondisi mental mereka. Setelah berlatih pernapasan sadar, mereka merasa lebih tenang, bersemangat kembali, dan tidak terlalu lelah.

Untuk mencoba ini sendiri, atur pengatur waktu selama 10 menit dan perlahan-lahan bernapaslah melalui hidung, keluar melalui mulut dengan mata tertutup 10 kali, kemudian ulangi.

7 dari 8 halaman

Tidak Menikmati Hidup dan Lupa Merawat Diri

Meskipun bagus untuk merencanakan masa depan, kamu mungkin merasa kewalahan ketika tidak bisa mengendalikan setiap detail. Jadi cobalah untuk tenang sebanyak mungkin, menggunakan teknik seperti yoga, meditasi atau pernapasan dalam.

"Khawatir adalah salah satu penyebab kecemasan yang paling umum," kata Mandel.

"Itu tampak jelas, tetapi kegelisahan seringkali menghantui di masa depan. Jadi, ketika kita memprediksi apa yang akan terjadi, kita secara alami menciptakan kegelisahan. Depresi seringkali hidup di masa lalu dan kegelisahan hidup di masa depan."

Setelah merawat keluarga, teman, dan rekan kerja, terkadang kamu merasa tidak punya waktu atau tenaga untuk diri sendiri. Namun menurut Mandel, lupa merawat diri sendiri meningkatkan kecemasan. Jadi jangan takut untuk mengutamakan diri sendiri. Itu tidak egois, itu penting untuk kesehatan mental yang baik.

8 dari 8 halaman

Tidak Mengatur Batas

Tidak ada yang salah dengan menjadi orang yang baik. Tetapi ketika sifat baik hatimu menyebabkan kecemasan, mungkin sudah waktunya untuk mulai belajar mengucapkan kata, "Tidak."

Menetapkan batasan dan berbicara secara terbuka dengan teman dan keluarga tentang seberapa banyak kamu dapat benar-benar menangani sesuatu adalah cara yang baik untuk mulai menegaskan dirimu sehingga kamu tidak kewalahan oleh daftar pekerjaan yang harus dilakukan.

"Provokor kecemasan umum lainnya adalah melakukan sesuatu karena kewajiban," kata Mandel.

"Itu juga bisa disebut sebagai tidak menetapkan batas yang tepat. Ketika kita tidak menetapkan batas, kita terlalu memperluas diri dan melambungkan diri kita sendiri untuk berpikir tentang apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak. Ini akhirnya menyebabkan banyak kecemasan. "

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.