Kisah 5 Atlet Indonesia yang Mantap Berhijrah, Banjir Pujian

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 16 Mei 2019, 18:00 WIB
5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah

Liputan6.com, Jakarta Atlet wushu, Lindswell Kwok tahun ini menjalani bulan Ramadan pertamanya. Pasalnya, wanita yang disebut Ratu Wushu tersebut belum lama ini memeluk agama Islam.

Sejak saat itu, dirinya tampil mengenakan hijab yang cukup menggemparkan penggemar dunia olahraga. Perubahan penampilan atlet 27 tahun itu sontak ramai menjadi perbincangan di media sosial.

Lindswell yang merupakan gadis asal Sumatera Utara ini sebelumnya memeluk agama Buddha. Prestasinya yang gemilang itu terakhir kali ia torehkan pada ajang Asian Games tahun 2018 lalu.

Selain Lindswell Kwok, beberapa atlet Indonesia juga diketahui memutuskan untuk menjadi mualaf. Di samping itu, ada pula yang mantap berhijrah dan mengubah penampilan di lapangan.

Selengkapnya, berikut ini adalah kisah 5 atlet Tanah Air yang memutuskan untuk berhijrah, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2019).

2 of 6

1. Mohammad Ahsan

5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah
5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah (Sumber: Instagram/badminton.ina)

Atlet bulutangkis senior, Mohammad Ahsan adalah salah satu atlet Indonesia yang mantap berhijrah. Ayah dua anak ini kini mengenakan celana legging untuk menutupi auratnya saat bertanding. Penampilan barunya pertama kali ia perlihatkan pada tahun 2017 silam dalam salah satu ajang Kejuaraan Dunia.

Tak hanya itu, pasangan main Hendra Setiawan itu juga membudayakan minum sambil duduk setiap break dalam pertandingan. Sebagai seorang muslim yang mengerti batasan, Ahsan pun tidak bersalaman secara langsung dengan wasit pertandingan yang merupakan wanita.

3 of 6

2. Lindswell Kwok

5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah
5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah (Sumber: Instagram/lindswell_k)

Pada cabang olahraga Wushu, ada satu atlet cantik dengan segudang prestasi yang memutuskan untuk memeluk agama Islam. Yaitu Lindswell Kwok, ratu Wushu yang mulai tahun 2018 resmi menjadi seorang mualaf.

Seperti diketahui, Lindswell dulunya memeluk agama Budha. Kabar pensiunnya dari dunia olahraga yang membesarkan namanya sekaligus memantapkan keputusannya untuk berhijrah.

Suaminya, Achmad Hulaefi yang juga sesama atlet Wushu menghargai keputusan Lindswell membuka hati terhadap agama yang dipeluknya. Hingga kini, Lindswell Kwok masih amanah mengenakan hijab yang buatnya semakin cantik.

4 of 6

3. Diego Michiels

5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah
5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah (Sumber: KapanLagi.com)

Pemain sepak bola asal Belanda, Diego Michiels resmi memeluk agama Islam pada tahun 2013 silam. Meski dirinya membawa darah Belanda, namun pria berusia 28 tahun tersebut membela negara Indonesia dalam kompetisi sepak bola nasional.

Mantan kekasih Nikita Willy itu diketahui memang sudah mempelajari banyak hal mengenai Islam sejak dirinya masih tinggal di Belanda. Dengan keputusannya memeluk agam Islam, namanya kini diganti menjadi Diego Muhammad Bin Robbie Michiels.

5 of 6

4. Maria Febe Kusumastuti

5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah
5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah (Sumber: Instagram/mariafebe1.3)

Satu lagi dari cabang olahraga bulutangkis, atlet Tanah Air Maria Febe Kusumastuti resmi masuk Islam pada akhir tahun 2017 silam. Maria diketahui mengucap syahadat melalui video call teleconference dari Ortario, Kanada.

Kepindahannya itu dibimbing oleh Ustaz Baihaqi Arief. Selain itu, Maria juga diketahui mengubah namanya menjadi Aisyah Febe. Tak lama selang dirinya menjadi mualaf, Maria Febe menikah dengan Andrei Adistia, tepatnya pada Oktober 2017.

Maria Febe merupakan salah satu atlet bulutangkis ternama Indonesia. Wanita asal Boyolali tersebut pensiun dari dunia bulutangkis pada tahun 2016 silam.

6 of 6

5. Adriyanti Firdasari

5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah
5 atlet Indonesia yang mantap berhijrah (Sumber: Instagram/firdasari)

Menyusul Mohammad Ahsan, atlet tunggal putri Indonesia, Adriyanti Firdasari juga memutuskan untuk berhijrah. Wanita bertubuh jangkung tersebut kini mengenakan hijab sehari-harinya.

Meski tak begitu lama bergelut di lapangan bulutangkis, Firdasari menorehkan cukup banyak prestasi untuk Tanah Air. Dirinya resmi gantung raket setelah pertandingan terakhirnya di Indonesian Masters 2015.

Kini, runner up Piala Uber 2008 itu diketahui menjadi salah satu pelatih bulutangkis membantu putra putri Indonesia mengharumkan nama bangsa.

Lanjutkan Membaca ↓