Potret Petugas Pemadam Kebakaran Tetap Ibadah Saat Bekerja Ini Bikin Takjub

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 15 Mei 2019, 20:40 WIB
Petugas Pemadam Kebakaran

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran merupakan bencana yang paling sering dihadapi dan bisa digolongkan sebagai bencana alam atau bencana yang disebabkan oleh manusia. Bahaya kebakaran dapat terjadi setiap saat, karena sebenarnya banyak sekali hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Kebakaran adalah salah satu bencana yang paling mematikan. Tak hanya apinya, asap pekatnya pun bisa berdampak serius terhadap saluran pernapasan. Untuk itu, kecepatan petugas pemadam untuk memadamkan api sangat diperlukan.

Walaupun biasanya, warga juga akan mengupayakan menghentikan kobaran api dengan menggunakan barang seadanya terlebih dahulu sambil menunggu petugas datang.

Tak banyak orang mau bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran atau biasa disingkat Damkar ini merupakan pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainya.

Menjadi petugas pemadam kebakaran haruslah selalu siaga setiap saat, termasuk saat puasa. Seperti yang dilakukan petugas pemadam kebakaran di Malaysia yang viral karena masih menjalankan puasa dan berbuka disaat tugas.

2 of 3

Mendapat Tugas di Bulan Ramadan

Petugas Pemadam Kebakaran
Petugas Pemadam Kebakaran (sumber: worldofbuzz)

Sejumlah foto tim pemadam kebakaran Malaysia berbuka puasa di tepi jalan dalam tugasnya, tiba-tiba viral. Satu foto memperlihatkan mereka sedang menyantap hidangan berbuka puasa sambil bercengkrama dengan rekan petugas pemadam yang lain. Foto yang lain memperlihatkan mereka menunaikan salat Magrib dengan menjadikan seragam mereka sebagai sajadahnya, seperti yang Liputan6.com lansir dari World of Buzz, Rabu (15/5/2019).

Foto-foto sekelompok pemadam kebakaran dari Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia mulai beredar online setelah diunggah ke grup Facebook Friends of Bomba Malaysia, Minggu malam, 12 Mei 2019. Foto-foto itu diunggah oleh Tengku Mohd Ihsan tersebut sudah disebarkan 515 kali dan disukai 3,8 ribu users.

"Ramadan bukan hanya sekadar menahan lapar dan dahaga. Ramadan tempatnya kita mengendalikan diri, kerana puasa itu hanya kita dan Dia yang tahu. Jadi, ini saatnya untuk jujur pada diri sendiri. Marhaban ya Ramadan," tulis pengelola grup Friends of Bomba Malaysia.

3 of 3

Tetap Profesional

Petugas Pemadam Kebakaran
Petugas Pemadam Kebakaran (sumber: worldofbuzz)

Unggahan foto tersebut memancing rekan seprofesi pemadam lainnya untuk menceritakan pengalaman serupa. Mohd Abe Joe dalam kolom komentar menulis saat azan magrib berbunyi dan belum sempat minum untuk membatalkan puasa, sirine berbunyi keras. Alhasil, tim langsung bergegas menuju truk pemadam kebakaran.

Dalam kolom komentar lain, seorang pemadam kebaran Azrin Yen, menyayangkan karena profesi pemadam kebakaran masih dianggap remeh oleh segelintir orang. "Terkadang ketika masuk waktu berbuka puasa dan sudah duduk didepan makanan, tiba-tiba mendapat panggilan darurat, terpaksa meninggalkan hidangan demi menyelamatkan orang. Tetapi, masih ada yang menghina," tulisnya.

Reen Muhammad juga menceritakan bagaimana temannya yang seorang pemadam kebakaran harus membatalkan rencananya sahur bersama karena harus pergi bertugas. Dia pun menghimbau agar semakin banyak orang menghargai para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by