Fakta Sosok Doris Day, Penyanyi 'Que Sera, Sera' yang Meninggal Akibat Pneumonia

Oleh Tyas Titi Kinapti pada 15 Mei 2019, 11:30 WIB
Diperbarui 15 Mei 2019, 11:30 WIB
Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)
Perbesar
Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)

Liputan6.com, Jakarta Pelantun lagu "Que Sera Sera', Doris Day dikabarkan meninggal dunia pada 13 Mei 2019 lalu. Kabar meninggal penyanyi ini diberitakan dalam keterangan resmi dari yayasan hewan milik Doris Day, yaitu Doris Day Animal Foundation.

Keterangan resmi tersebut mengatakan Doris Day meninggal pada hari Senin, 13 Mei 2019 di kediamannya Carmel Valley, California. Dalam surat tersebut juga menjelaskan bahwa wanita kelahiran 3 April 1922 ini meninggal akibat penyakit Pneumonia  atau radang paru-paru.

"Dalam kesehatan fisik yang sangat baik untuk usianya, sampai baru-baru ini terjangkit kasus pneumonia yang serius," tulisnya dalam keterangan tersebut.

"Dia dikelilingi oleh beberapa teman dekat saat dia meninggal dunia," lanjutnya.

Kabar meninggalnya Doris Day ini tentu menjadi duka yang mendalam bagi para fans serta keluarga serta kerabat. Hingga kini, perbincangan Doris Day serta ucapan bela sungkawa masih ramai di media sosial. Nah, siapa sebenarnya sosok Doris Day? Berikut Liputan6.com Rabu (15/5/2019) rangkum dari berbagai sumber sosok Doris Day.

 

2 dari 4 halaman

1. Mengawali Karier sejak 1939

Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)
Perbesar
Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)

Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi band besar tahun 1939. Popularitasnya melejit setelah ia merilis lagu pertamanya, "Sentimental Journey" pada tahun 1945. Lagu pertama yang direkamnya bersama Les Brown adalah "Sentimental Journey", dan ternyata berhasil menjadi lagu hit. 

Bahkan lagu tersebut sering diputar untuk menyambut kembalinya pasukan yang bertugas di Perang Dunia II. Setelah keluar dari Les Brown & His Band of Renown untuk merintis karier solo, ia merekam lebih dari 650 lagu sejak tahun 1947 sampai 1967. Ia pun dikenal sebagai salah satu penyanyi terpopuler dan termasyhur pada abad ke-20.

Dalam semasa hidupnya, Day pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Diantaranya  Grammy Lifetime Achievement Award dan Legend Award dari Society of Singers.

 

 

 

3 dari 4 halaman

2. Bintang Perempuan Ternama pada tahun 1960-an

Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)
Perbesar
Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)

Karier film Day berawal dari film Romance on the High Seas pada tahubn 1948. Tak disangka, kesuksesan film ini memantapkan Day untuk mendalami dunia peran selama dua puluh tahun berikutnya. Berbagai jenis film ia bintangi, termasuk film musikal, komedi, dan drama.

Bahkan, Doris merupakan bintang film perempuan ternama pada awal 1960-an dan pemeran terpopuler keenam pada tahun 2012.  Namanya mulai lekat sebagai penyanyi lagu Que Sera Sera sejak bermain film bersama James Stewart dalam film The Man Who Knew Too Much pada tahun 1956 . Di mana ia kemudian mempopulerkan lagu Que Sera, Sera dan menjadi ciri khas bagi Doris. 

 

4 dari 4 halaman

3. Aktivis Kesejahteraan Hewan

Doris Day (Sumber: Facebook Doris Day Animal Foundation (DDAF))
Perbesar
Doris Day (Sumber: Facebook Doris Day Animal Foundation (DDAF))

Selain sibuk berkarier di dunia hiburan, Doris Day diketahui juga aktif sebagai aktivis kesejahteraan hewan. Ia mendirikan Doris Day Foundation sejak tahun 1978. Organisasi tersebut bertujuan untuk membantu merawat serta melindungi hewan. Dalam laman Facebook  Doris Day Foundation (DDAF) mengucapkan terimakasih atas ucapan bela sungkawa yang telah diberikan pada penyanyi legendaris ini. 

"Terima kasih untuk pesan-pesan yang tulus, cinta dan dukungan yang diberikan. Doris dicintai oleh semua juga  untuk hewan-hewan. Doris Day Animal foundation berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaannya untuk membantu hewan dan orang-orang yang mencintai hewan tersebut dengan pendanaan organisasi nirlaba ini. Oleh karena itu kami masih membutuhkan bantuan dalam pekerjaan mereka,  bagi yang peduli untuk dan melindungi hewan. Terima kasih sekali lagi" tutur akun facebook tersebut. 

 

Lanjutkan Membaca ↓